Advertisement

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop COD, Sudah Bayar & Dikirim

Diterbitkan pada
31 Mei 2022
Waktu membaca
4 Menit

Ragu belanja di Tiktok Shop dan ingin batalin aja? Lalu, apakah pesanan di Tiktok Shop bisa dibatalkan? Ya, tentu saja bisa dong! Kali ini kami akan berikan panduan cara membatalkan pesanan di Tiktok Shop baik untuk yang sudah bayar, belum bayar, sudah dikirim, maupun via COD.

Sebenarnya caranya cukup mudah dan simpel asalkan kamu mengikuti panduan dibawah ini dengan seksama.

Fitur di Tiktok untuk belanja memang sedikit membingungkan. Karena pada dasarnya Tiktok ini adalah sebuah media sosial.

Tidak seperti Shopee, Tokopedia, maupun e-commerce lain yang memang merupakan platform khusus untuk belanja online.

Eits, tapi tenang aja melalui panduan dibawah ini kami akan berikan cara mudah untuk batalin pesanan di Tiktok Shop. Namun, sebelumnya tekan dulu tombol “Bookmark” ( ⭐) di pojok kanan atas browser supaya kamu bisa menyimpan postingan ini.

Kalau sudah, yuk simak dibawah ini. Check it out..

3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Tiktok merupakan aplikasi yang saat ini sedang populer di semua kalangan. Bahkan aplikasi ini banyak digemari hingga seluruh dunia.

Banyak inovasi dari aplikasi ini yang membuat para penggunanya sangat menyukainya. Dari awalnya hanya media sosial biasa, kini ada fitur Tiktok Shop yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Menariknya lagi, kita bisamendapatkan uang dari Tiktok dengan mudah. Misalnya dengan gabung program Tiktok Affiliate atau menjadi content creator Tiktok.

Kini fitur Tiktok Shop seperti halnya dengan marketplace lainnya. Kita bisa belanja, melihat pesanan, melacak resi, hingga membatalkan pesanan yang sudah dibuat.

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenaicara melihat pesanan di Tiktok, lalu bagaimana jika kita ingin membatalkannya?

Terdapat 3 cara yang bisa kamu coba untuk cancel pesanan di Tiktok Shop, kamu bisa pilih sesuai dengan permasalahannya, sebagai berikut :

  1. Membatalkan pesanan jika barang sudah dibayar
  2. Membatalkan pesanan jika barang belum dibayar
  3. Membatalkan pesanan dengan pembayaran COD

Dibawah ini langkah-langkah dari masing-masing cara di atas yang bisa kamu tempuh :

1. Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar

Bagi pengguna yang membeli barang di Tiktok Shop tapi ingin melakukan cancel, berikut ini cara membatalkan pesanan di tiktok shop yang belum dibayar :

  • Masuk dan buka aplikasi Tiktok, lakukan login ke akun Tiktok yang digunakan untuk membuat pesanan.
  • Pilih menu “Profil” yang ada di pojok kanan bawah.
  • Klik icon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Setting and privacy“.
  • Klik menu “Orders”.
  • Klik “All”, kemudian akan tampil semua pesanan yang sudah dibuat.
  • Pilih pesanan yang telah dibuat dengan status “Awaiting Payment“.
  • Klik “Cancel”.
  • Tulis alasan pembatalan pesanan pada kolom “Tell us why you cancelled“.
  • Klik “Submit”.
  • Tunggu hingga notifikasi pembatalan pesanan akan muncul.
  • Selesai!

Yeay, pesanan kamu sudah berhasil dibatalkan. Nah bagi pengguna yang sudah terlanjur melakukan pembayaran, bisa simak cara dibawah ini untuk membatalkannya. Lets go!

2. Cara Membatalkan Pesanan Tiktok Shop yang Sudah Dibayar

Lalu, bagaimana cara membatalkan pesanan di Tiktok Shop yang sudah dibayar? Tentu saja caranya berbeda dengan yang belum melakukan pembayaran, ya!

Tapi, tenang aja. Walaupun sudah melakukan pembayaran, kamu tetap bisa membatalkan pesanan.

Caranya yaitu melakukan komunikasi dengan seller. Dalam hal ini, Tiktok tidak menyediakan fitur khusus untuk konfirmasi ke seller jika ingin melakukan pembatalan pesanan.

Maka dari itu, pengguna wajib menghubungi lewat fitur chat pribadi ke seller. Adapun format pesan yang bisa dicontoh untuk mengajukan cancel pesanan di Tiktok :

Selamat siang seller,

Perkenalkan saya Dinda, salah satu pembeli di Toko kakak. Saya bermaksud untuk membatalkan pesanan yang sudah saya lakukan. Berikut informasi lebih detailnya :

  • Nama akun :
  • Barang yang dibeli :
  • Jumlah :
  • Harga :
  • Nomor pesanan :

Adapun alasan saya ingin membatalkan pesanan tersebut karena ingin mengubah alamat pengiriman. Mohon kesediaan kakak untuk menyetujui pengajuan pembatalan yang sudah saya lakukan.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

4 Comments

  1. Lizamuddin berkata:

    Tanya mba..
    Status pesanan “menunggu pengambilan oleh kurir” apakah bisa dicancel..?

    *Metode pembayaran COD

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak, sepengalaman kami kalau status “menunggung pengambilan kurir” masih bisa dicancel oleh pengguna dan nanti sistem akan diteruskan ke penjual. Namun jika status barang sudah berubah dan sudah dalam pengiriman, maka tunggu sampai barang sampai di rumah. Selesaikan pesanan dan ajukan pengembalian barang untuk retur.

  2. Sri berkata:

    Hallo Kak. Aku pesan barang di Tiktok belinya dari live. Dan tadi aslinya gak sengaja kepencet pas masuk kyk rebutan barang eh kepencet pesan sistem COD. Saking bingungnya chat penjual mau batalin tapi cuma dibaca aja. Malah dipercepat k proses menunggu penjemputan. Aku kembali k live lagi banyak yg komen katanya penipuan dan yang sudah pesan barang sampai pasti diblokir nah aku bingung ini gimana. Nanti kurir klu kirim barang aku tolak apa bisa? Aku bingung bagaimana lagi cara mbatalin. Sedangkan penjual kyk e sengaja tidak merespon chatku

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Sri.. sebenarnya barang bisa dikembalikan justru setelah kakak sudah menerima barangnya.
      Nanti kakak video sambil unboxing dan ajukan permohonan retur dan refund ke TikTok Shop.
      Jadi, saat barang datang gak bisa ditolak Kak.. sebaiknya sebelum belanja memang harus baca review-reviewnya terlebih dahulu ya Kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *