Cara Iklan di Facebook Ads dengan Mudah [Panduan Lengkap]

Anisa 13 Agu 2023 4 Menit 0

Bagaimana cara iklan di Facebook Ads? Cara pasang iklan di FB sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu login Facebook dan masuk ke akun Business, lalu klik fitur Iklan.

Banyak pengguna yang memasarkan dan mempromosikan produk lewat Fanspage Facebook untuk menjangkau customer dari berbagai wilayah di Indonesia dengan mudah.

Apalagi jumlah pengguna Facebook di Indonesia per Februari 2022 mencapai 191,2 juta pengguna, sehingga media sosial buatan Mark Zuckerberg ini sangat potensial untuk bisnis.

Ingin tahu langkah-langkah mengiklankan produk, layanan, dan konten di Facebook? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan iklan yang disediakan oleh Meta bagi para pebisnis, content creator, dan akun profesional untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand kepada audiens sesuai dengan target yang ditetapkan.

Dengan memanfaatkan platform layanan iklan Facebook, diharapkan pengenalan produk makin luas, nama brand kian kuat, penjualan meningkat, dan pengikut akun terus bertambah banyak.

Apalagi biaya iklan di Facebook cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000, sehingga pengguna bisa memasang iklan yang efektif.

Nah, jika kamu ingin menjajal strategi pemasaran bisnis lewat Facebook Ads, ketahui dulu yuk tipe dan format iklan yang bisa dipasang di media sosial yang satu ini!

2. Tipe dan Format Facebook Ads

Sama halnya ketika pasang iklan di Instagram Ads, Facebook juga menyediakan beberapa format yang bisa dipakai oleh pengguna untuk memasarkan produk maupun layanannya.

Berikut ini format iklan Facebook Ads yang dapat digunakan oleh pengguna:

2.1. Photo Ads

Facebook menyediakan format iklan dalam bentuk foto (Photo ads) yang dapat menampilkan sebuah foto serta teks menarik sekali unggah.

Tipe iklan ini cocok bagi kamu yang ingin meng-highlight sebuah produk melalui gambar berkualitas tinggi. Misalnya saja, produk sepatu dan tas yang perlu menampilkan setiap sisinya secara detail.

Gambar iklan akan lebih bagus dan menarik lagi jika kamu menggunakan aplikasi desain grafis berteknologi AI yang super canggih.

2.2. Video Ads

Format iklan di Facebook Ads berikutnya adalah video yang dapat menampilkan sebuah tontonan berupa penjelasan produk maupun layanan yang dikemas secara kreatif.

Biasanya iklan dalam bentuk video lebih disukai oleh audiens karena terasa lebih nyata, berkesan, dan tentunya menghibur.

Ingin menampilkan iklan di Facebook dalam format video? Coba pakai Canva untuk potong video secara online agar hasilnya lebih berkualitas.

2.3. Stories Ads

Stories Ads adalah bentuk iklan yang diunggah dan ditampilkan melalui fitur story dengan durasi minimal 15 detik dan maksimal 60 detik.

Kini banyak brand di Indonesia lebih memilih mengiklankan produk dan layanannya lewat Stories Ads karena dinilai lebih efektif menjangkau pembeli.

Mengapa demikian? Seperti yang diketahui bersama bahwa pengguna media sosial saat ini lebih sering membuka Story atau cerita orang-orang yang diikutinya ketimbang meninggalkan komentar di postingan feed. Ini membuktikan jika pengguna Facebook lebih sering mengakses fitur Story ketimbang unggahan foto di beranda.

2.4. Messenger Ads

Mau tahu cara iklan di Facebook Ads agar banyak pembeli yang checkout produk kamu? Coba gunakan Messenger Ads.

Messenger Ads adalah layanan iklan yang diterbitkan atau dibagikan melalui kolom pesan secara otomatis maupun manual, sehingga pelanggan mendapatkan penawaran secara langsung dari penjual.

Format iklan seperti ini banyak digunakan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Namun kamu juga dapat menggunakan Messenger Ads di Facebook.

Carousel Ads adalah layanan iklan yang menampilkan konten berupa foto dan video dalam jumlah banyak (lebih dari satu) disertai link produk di setiap konten agar pembeli memiliki banyak opsi atau memilih varian kesukaannya.

Jika kamu ingin menjual produk atau layanan dan ingin mengarahkan pembeli langsung ke websitemu, silakan pakai Carousel Ads.

Format iklan ini sangat cocok bagi kamu yang punya bisnis di bidang persewaan outdoor, bisnis penginapan, bisnis perawatan hewan, dan sebagainya.

2.6. SlideShow Ads

Format slideshow Ads adalah iklan berupa video yang akan bergerak layaknya sebuah slide.

Model iklan seperti ini dapat membantu pengguna untuk mempromosikan produk maupun layanan secara singkat tetapi ingin menyiratkan pesan mendalam bagi audiens.

2.7. Collection Ads

Apa itu iklan koleksi? Collection Ads adalah format iklan yang memungkinkan audiens menemukan, menelusuri, dan membeli apa yang kamu tawarkan.

Jadi para calon pembeli yang menyukai produkmu akan bebas memilih koleksi dan tipe produk sesuai keinginannya.

2.8. Playable Ads

Format iklan ini agak asing bagi para pengguna Facebook di Indonesia. Padahal format Playable Ads sangat efektif apabila penempatan dan kampanyenya tepat.

Mengapa demikian? Karena Playable Ads biasanya muncul saat pengguna hendak mengunduh aplikasi yang kemudian diarahkan untuk memainkan sebuah gim tertentu.

3. Cara Iklan di Facebook Ads

Setelah mengenal format iklan Facebook, sekarang mari pelajari cara beriklan di Facebook dengan benar dan tepat agar produk atau layanan yang kamu pasarkan mampu menjangkau audiens secara cepat.

Sebelum praktik, pastikan kamu sudah login ke akun Facebook terlebih dahulu ya.

Inilah cara iklan di Facebook Ads bagi pemula:

  1. Buka halaman Bisnis Iklan Facebook
  2. Klik Create Ad untuk mulai membuat iklan Facebook
    Cara membuat iklan di facebook ads
  3. Klik Get Started untuk menyetujui bahwa kamu ingin buat iklan di FB
    Cara pasang iklan adsense di facebook
  4. Kemudian klik Next untuk melanjutkan
    Cara menghitung biaya iklan facebook ads
  5. Kemudian klik Add Payment Method untuk menambahkan metode pembayaran online
    Cara bikin iklan facebook ads
  6. Lalu klik Next lagi
    Cara edit iklan fb ads
  7. Silakan pilih metode pembayaran yang paling mudah. Misalnya GoPay
    Cara promosi di facebook ads
  8. Klik juga pada kotak centang ‘I have an ad credit to claim’ dan klik Next
  9. Masukkan NPWP (Ini opsional. Jika tidak punya, kamu bisa klik Skip)
    Cara pasang iklan facebook ads
  10. Atur budget atau anggaran iklan. Misalnya 10.000 dan klik Next
    Cara ads facebook
  11. Masukkan nomor yang sama dengan nomor yang kamu gunakan di akun GoJek kamu
    Cara bikin iklan di facebook ads
  12. Lalu klik Continue dan mulai kampanye iklan di Facebook Ads

Kamu bisa memulai kampanye iklan dengan memasukkan foto, video, caption, deskripsi, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa gunakan Facebook Ads manager untuk mengubah teks, foto, dan sebagainya.

Tips dari kami agar hasil iklan di Facebook maksimal, kamu bisa gunakan ChatGPT untuk membuat caption, deskripsi produk atau layanan, dan judul iklan yang menarik di FB.

FAQ

Di mana letak FB Ads?

FB Ads dapat ditemukan di menu Ads Manager, di halaman Profesional Dashboard jika pengguna membuka Fanspage, dan di pengenalan format iklan Facebook.

Berapa biaya pasang iklan di Facebook?

Biaya pasang iklan di Facebook dimulai dari $50 dollar hingga $500 dollar atau setara dengan Rp768 ribu per hingga Rp7 rupiah per minggunya untuk kategori iklan berat. Namun untuk kategori iklan dengan jangkauan audiesn sedikit, pengguna bisa memulainya dengan uang Rp10.000 per harinya.

Kesimpulan

Demikian cara iklan di Facebook Ads dengan mudah dan secara langsung lewat platform Facebook.

Jika kamu mau jualan online cepat laris dan sold out, cobalah fitur iklan milik Facebook ini.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis melalui laman Facebook untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *