Ingin cepat dan praktis masuk ke dunia bisnis, salah satu caranya adalah dengan mengganeng franchise/waralaba yang menguntungkan dan menjanjikan yaitu bidang kuliner kekinian.
Jelas bisnis waralaba/franchise menjadi alternatif usaha dengan resiko gulung tikar minim. Dengan kekuatan brand, produk yang teruji, dan dukungan pemasaran, bisnis bisa langsung dijalankan.
Jadi, tidak pusing memikirkan brand, marketing, dan riset produk, semua sudah disediakan. Gimana? Tertarik untuk segera mendapatkan keuntungan berlipat dari bisnis franchise/waralaba? Simak daftar rekomendasi waralaba di bawah.
- 30 Bisnis Waralaba yang Menguntungkan dan Menjanjikan
- 1. Es Dawet Hitam
- 2. Es Capcin
- 3. Tongji
- 4. Buble Ice
- 5. Es Sari Tebu
- 6. Kedai Kopi Torabika
- 7. Juice
- 8. Dalgona Coffee
- 9. Cheese Tea
- 10. Es Kepal
- 11. Fried chicken
- 12. Ayam geprek
- 13. Kebab
- 14. Taco
- 15. Burger dan hotdog
- 16. Pizza
- 17. Sosis dan bakso bakar
- 18. Sostel
- 19. Crepes / leker
- 20. Jamur crispy
- 21. Jasuke
- 22. Takoyaki
- 23. Siomay
- 24. Cilok
- 25. Bakso aci
- 26. Martabak manis
- 27. Seblak
- 28. Dokar
- 29. Tahu bulat
- 30. Agent pengiriman
- Definisi Waralaba
- Cara Memilih Franchise Waralaba yang Menguntungkan
- Penutup
30 Bisnis Waralaba yang Menguntungkan dan Menjanjikan
Apa saja peluang bisnis waralaba? Berikut adalah rekomendasi bisnis waralaba yang punya prospek bagus dan dapat menghasilkan profit yang lumayan besar tiap bulannya.
1. Es Dawet Hitam
Minuman tradisional yang satu ini sangat populer tanpa akhir. Walaupun telah banyak bermunculan berbagai macam jenis, es dawet ini tetap diminati. Harga satu porsinya juga sangat terjangkau berkisar 5.000 IDR â 10.000 IDR sesuai dengan harga standar daerah.
Awalnya es dawet / cendol mempunyai warna hijau seperti warna cincau. Baik cincau dan dawet memang terbuat dari daun yang sama, yaitu daun cincau.
Ada jenis dawet baru yang cukup booming yaitu dawet hitam. Warna dari dawet ini hitam pekat yang berasal dari campuran charcoal / arang. Rasanya tidak jauh berbeda dari dawet biasa, tetapi lebih segar di badan dengan adanya kandungan charcoal yang bersifat antioxidant.
ADVERTISEMENTS
2. Es Capcin
Perpaduan antara cappucino dan cincau menjadi inovasi kuliner yang sempurna dan digemari oleh semua orang. Bukan hanya itu saja, capcin juga tersedia dengan berbagai macam variant, seperti coklat, strawberry, anggur dan lain sebagainya.
Biasanya dalam sehari dapat menjual ±50 â 150 cup. Untuk rentan harga per cup berkisar ±10.000 IDR. Apalagi di bulan puasa, biasanya bisnis es capcin ini bakal untung besar.
Baca juga:
20 Produk Terlaris Marketplace untuk Jualan Online Tahun 2021
ADVERTISEMENTS
3. Tongji
Franchise the tongji sangat legendaris. Hampir di setiap tempat pasti dijumpai stand the tongji. Harga yang terjangkau hanya 5.000 IDR cukup untuk membuat badan terasa segar kembali.
Rasa the dari tongji ini sangat khas dan enak. Proses pembuatannya hanya orang tertentu yang mengetahuinya, bahkan penjaga stand belum tentu mengetahuinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko ditiru oleh produk lain.
ADVERTISEMENTS
4. Buble Ice
Minuman yang berasal dari Hong Kong sangat populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada banyak variant jenis buble ice, mulai dari coklat, teh, kopi dan lain â lain. Selain itu ada juga beberapa variant topping dan rasa.
Minuman yang satu ini mempunyai ciri khas yaitu terdapat butiran buble. Butiran dalam buble ice terbuat dari olahan tepung tapioca. Harga per cup sekitar 6.000 IDR â 10.000 IDR.
ADVERTISEMENTS
5. Es Sari Tebu
Es sari tebu hampir sama dengan es dawet yaitu termasuk ke dalam minuman tradisional yang sangat legendaris. Cita rasa tebu yang manis menjadi daya tarik utama untuk hunting es sari tebu. Untuk harga per porsinya mulai dari 3.000 IDR.
Hal yang lebih menarik, proses pembuatannya dibuat di tempat. Batang pohon tebu yang telah dikupas digiling secara langsung dengan mesin. Rasanya pun juga pasti segar.
Baca juga:
Ide Jualan di Marketplace Tahun 2022 yang Bikin Untung
6. Kedai Kopi Torabika
Torabika menjadi salah satu produk dari Mayora yang sangat legendaris. Kini brand kopi ini membuat inovasi baru dalam bentuk franchise kedai kopi. Semua produk yang ada pun adalah produk torabika.
7. Juice
Juice masih menjadi minuman sehat yang banyak dicari. Untuk bisnis yang satu ini dapat dijalankan secara pribadi / bergabung dengan franchise. Untuk produk franchise jauh lebih eksklusive karena akan mendapat cup dengan tutup berkaeakter.
8. Dalgona Coffee
Olahan kopi yang berasal dari Korea sangat hitz dan booming. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba membuat dalgona sendiri.
Bentuk tampilan yang penyajian yang sangat unik. Minuman kopi / susu yang diberi topping berupa krim. Dengan boomingnya minuman ini dimanfaatkan sebagai produk franchise.
9. Cheese Tea
Cheese tea masih tergolong minuman baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Perbaduan antara the dan keju menjadi inovasi untuk menciptakan minuman yang cukup menyehatkan.
Tampilan produk cheese tea sekilas mirip dengan dalgona. Hanya saja untuk dalgona menggunakan krim kopi / susu. Sedangkan cheese tea menggunakan krim keju. Pilihan variant cheese tea juga sangat kompleks, seperti coklat, kopi, susu dan lain sebagainya.
10. Es Kepal
Satu lagi minuman yang pernah sangat booming dan hitz. Es kepal ini ialah es serut yang ditaburi beberapa topping. Namun penggunaan topping utama milo, dikenal pula dengan sebutan es kepal milo.
11. Fried chicken
Fried chicken menjadi makanan andalan dan disukai banyak orang. Proses pembuatan makanan ini menjadi tanda tanya besar. Sebab telah banyak orang yang gagal dalam membuatnya, padahal telah mengikuti setiap langkah tanpa terlewat satu pun.
Sehingga salah satu cara terbaik untuk bisa membuat fried chicken dengan sempurna yaitu dengan bergabung dengan franchise fried chicken. Dengan cara ini akan mendapat pelajaran khusus bagaimana membuat fried chicken tanpa gagal.
Karena banyak yang belum tau proses pembuatannya, banyak yang lebih memilih untuk membelinya. Harganya pun juga sangat terjangkau dan tidak kalah dengan brand franchise fried chicken ternama.
Sekarang juga muncul bisnis fried chicken kekinian dengan berbagai bumbu menarik, seperti hot chili sauce.
12. Ayam geprek
Kepopuleran dari salah satu olahan satu ini, menciptakan terobosan baru dalam franchise. Karena masih populer pasti banyak yang berminat dengan ayam geprek. Kemasannya dan harganya juga sedikit lebih murah daripada ayam geprek di rumah makan.
13. Kebab
Makanan fast food khas Turki cukup populer saat diperkenalkan di Indonesia. Banyak banyak dijumpai berbagai macam franchise di pinggir jalan. Untuk paket kebab dari franchise telah tersedia secara lengkap, khususnya untuk daging dan kue tortilla.
Ada berbagai macam pilihan jenis kebab, seperti daging ayam, daging sapi, keju, jambi g dan lain sebagainya. Makanan ini cukup mengenyangkan dan dapat digunakan untuk pengganti makan / mengganjal perut.
14. Taco
Taco menjadi makanan khas Amerika Latin yang sedang booming di Indonesia. Mungkin taco ini adalah makanan yang sejenis kebab, namun cukup berbeda.
Hanya saja untuk kebab dikemas secara vertikal. Sedang taco dikemas jauh lebih simple. Kulit tortilla pun hanya dilipat menjadi dua dan membentuk setengah lingkaran.
15. Burger dan hotdog
Fast food yang satu ini sangat populer di berbagai belahan dunia. Proses pembuatannya sangat mudah dan cepat. Bahkan dapat pula mendirikan franchise kecil â kecilan sendiri.
Bahan yang diperlukan untuk membuat burger sangat mudah diperoleh. Begitu pula dengan mika / kertas pembungkus. Untuk porsinya dapat disesuaikan dengan target pembeli, untuk anak-anak ukurannya lebih kecil dari ukuran porsi dewasa.
16. Pizza
Makanan tradisional khas Italy sangat populer. Meskipun beberapa orang sama sekali tidak menyukainya.
Walaupun dapat digunakan untuk ide franchise / waralaba, ada hal yang harus diperhatikan. Hindari franchise yang menyediakan roti pizza instant. Karena rasa dari roti pizza instant dan panggang secara langsung sangat jauh berbeda.
17. Sosis dan bakso bakar
Baca Juga
Olahan bakso dan sosis yang satu ini selalu menjadi jajanan favorit semua orang. Banyak pula yang menggunakannya untuk berbisnis kecil â kecilan.
Hanya saja untuk produk franchise sosis dan bakso bakar jauh lebih diminati. Selain ukuran yang jauh lebih besar dan mengenyangkan, rasa sosis dan bakso jauh lebih enak dibanding dengan harga seribuan.
18. Sostel
Sostel menjadi makanan kuno yang berhasil dipopulerkan kembali. Hanya saja dikemas secara berbeda dengan menambah sosis. Sosis yang telah ditusuk, kemudian digulung dengan telur yang sedang digoreng.
19. Crepes / leker
Sebenarnya kedua makanan ini pada dasarnya yaitu sama. Sebutan untuk crepes berasal dari negara barat, sedangkan untuk leker adalah sebutan untuk lokal.
Secara umum kedua kue tradisional ini juga terbuat dari olahan tepung terigu yang dimasak secara tipis. Hanya saja untuk produk franchise mempunyai tampilan yang sangat sederhana dengan ukuran kecil.
Sedangkan untuk crepes mempunyai ukuran yang lebih besar dengan berbagai macam isian, bahkan daging sekalipun. Itulah yang membuat kesan antara leker dan crepes berbeda.
20. Jamur crispy
Franchise jamur crispy dapat dijadikan sebagai alternatif bisnis terbaik. Sebab banyak yang menyukai makanan yang satu. Baik itu hanya digunakan sebagai camilan / lauk dengan berbagai macam rasa, seperti BBQ, keju, jagung bakar dan lain sebagainya.
Kini penggunaan jamur sendiri berkembang dengan sangat pesat. Hal ini terjadi setelah semua orang menyadari kandungan dari jamur yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan. Tentu saja jenis jamur yang dimasak tidak beracun.
21. Jasuke
Jajanan ini juga sedang sangat hitz di masyarakat. Jasuke sendiri merupakan kepanjangan dari jagung, Susi dan keju. Campuran bahan tersebut ternyata banyak disukai semua orang. Apalagi harganya sangat terjangkau, mulai dari 3.000 IDR.
22. Takoyaki
Kepopuleran dari anime pun membuat makanan khas Jepang diadaptasi di Indonesia. Tentu saja bahan dasar pembuatan makanan Jepang telah disesuaikan dengan lidah khas Indonesia yang tidak terbiasa makan makanan mentah.
Untuk takoyaki sendiri adalah camilan dengan bentuk bulat yang diisi dengan gurita. Sedangkan di Indonesia, isianya jauh lebih variatif.
23. Siomay
Makanan oriental ini sangat banyak disukai semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada banyak franchise dengan produk siomay.
24. Cilok
Camilan yang satu ini mirip dengan siomay dan seolah merupakan makanan yang diadaptasi dari siomay. Namun mempunyai bahan yang jauh lebih sederhana. Camilan cilok juga menjadi camilan favorit semua orang, sebab harganya sangat terjangkau.
25. Bakso aci
Bakso aci hampir sama dengan bakso pada umumnya dan sekaligus menjadi inovasi baru dalam bidang kuliner. Namun olahan yang satu menggunakan aci sebagai pengganti bakso. Dengan ini akan merasakan cilok yang dimakan bersama mie dan kuah bakso.
26. Martabak manis
Salah satu jenis pancake ini berkembang dengan cukup pesat. Mulanya hanya terdapat 2 buah variant rasa, yaitu kacang coklat dan ketan hitam. Kini variantnya pun jauh lebih banyak, mulai dari keju, black forest, red velvet dan lain â lain.
Tidak hanya untuk variant topping martabak manis, warna rotinya juga ada beberapa pilihan warna. Seperti merah, hijau, hitam dan lain sebagainya.
Ada 2 buah jenis franchise untuk martabak manis. Pertama martabak manis dengan ukuran besar. Kedua martabak manis dengan ukuran kecil.
27. Seblak
Makanan tradisional khas bandung ini berhasil dilestarikan dan dikenal oleh seluruh Indonesia. Nyatanya pun banyak yang menyukai seblak dan dijadikan alternatif franchise dengan konsep makanan tradisional. Ada banyak variant dan topping dari seblak.
28. Dokar
Donat bukan menjadi makanan yang asing lagi. Tetapi untuk donat bakar mungkin terdengar tidak familiar. Namun banyak pula yang menyukai olahan donat satu ini.
Donat bakar sendiri merupakan donat yang telah jadi, kemudian dibakar. Setelah itu diberi topping sesuai dengan selera.
29. Tahu bulat
Camilan yang booming dan menggemaskan semua orang menjadi bisnis franchise yang cukup baik. Olahan tahu ini banyak digemari anak â anak. Apalagi bentuk tahunya bulat dan mengembang seperti balon.
30. Agent pengiriman
Maraknya bisnis online tentu saja sangat membantu perusahaan tracking / pengiriman. Hal ini dapat pula dimanfaatkan sebagai franchise dengan bergabung menjadi agen salah satu brand tracking. Proses untuk bergabung menjadi agen dapat mendatangi kantor cabang terdekat.
Referensi bisnis waralaba yang menguntungkan dan menjanjikan di atas merupakan beberapa contoh franchise bidang kuliner. Selain itu ada pula bidang lain seperti laundry, pertamini, jasa pembayaran tagihan dan lain sebagainya.
Definisi Waralaba
Sebelumnya, mungkin ada yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan bisnis waralaba? Sesuai Permendag No. 71 Tahun 2019, waralaba atau francise adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba
Singkatnya, sistem bisnis waralaba adalah bisnis atas dasar kesepakatan pemilik brand waralaba untuk memberikan hak kelola, pemasaran, dan operasional kepada pembeli izin bisnis.
Pembeli izin bisnis ini disebut franchisee, sementara franchisor adala pemiliki brand yang memberikan izin bisnis waralaba.
Lalu, apa perbedaan franchise dan waralaba? Sebenarnya, tidak ada perbedaan waralaba dan franchise. keduanya adalah hal yang sama, hanya beda istilah asing dan indonesia saja.
Cara Memilih Franchise Waralaba yang Menguntungkan
Dalam memulai bisnis waralaba / franchise sangat mudah. Modal yang diperlukan pada bisnis ini dibawah 5 juta untuk angkringan. Dengan modal tersebut akan memperoleh fasilitas lengkap seperti marketing tools, peralatan dan bahan pembuatan hingga cara pengolahannya.
Di samping itu ada tips / cara dalam memilih bisnis waralaba yang menguntungkan dan menjanjikan, antara lain :
1. Pilih franchise yang telah mempunyai kredibilitas
Beberapa franchise yang ada pasti terlihat mempunyai kredibilitas baik. Hampir setiap saat pasti ada saja pembelinya.
Karena semua franchise yang ada saat ini memiliki kemasan dan penyajian yang jauh lebih menarik. Namun ada pula yang dikemas secara sederhana. Tetapi ada kemungkinan besar harus berkeliling.
2. Pastikan terlebih dahulu bisnis franchise tersebut legal
Bisnis franchise bukan tergolong ke dalam bisnis kecil. Tetapi ada pula diantaranya yang belum legal. Biasanya untuk bisnis adalah bisnis rumahan. Meskipun belum legal, tetapi mempunyai kredibilitas cukup baik dalam masyarakat.
3. Mencari informasi terlebih dahulu akan sumber dari franchisor
Cara ini mungkin khusus untuk franchise yang belum legal. Sebelum ikut bergabung gali informasi terlebih dahulu. Mulai dari rumah, sumber bahan, hingga pengolahannya.
4. Pilih lokasi strategis
Dalam menjalankan bisnis franchise / waralaba, hal paling utama ialah tempat untuk jualan nantinya. Meskipun bisnisnya tergolong kecil, tetapi jika memilih tempat yang strategis pastikan akan meraup untung cukup besar.
Apalagi, kalau bisnis yang dijalankan adalah waralaba jasa kurir. Bisnis ini juga menarik lho, mengingat sekarang semkin banyak orang yang menjual maupun memberi barang secara online.
Penutup
Begitulah berbagai ide bisnis Waralaba yang bisa kamu jajal. salah satu keuntungan bisnis waralaba adalah kamu tidak perlu pusing dengan urusan pemasaran, perlengkapan, dan bahan berjualan. Pemilik Waralaba sudah menyiapkannya sesuai dengan standar.
Jadi, kamu bisa fokus ke berjualan dan melayani pembeli. Kalau kamu mau waralaba di bidang apa? ceritakan di kolom komentar, ya!