Advertisement

15 Daftar Barang Toko Kelontong yang Bisa Anda Jual

Diterbitkan pada
16 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Daftar barang toko kelontong yang akan kami bahas berikut ini dapat menjadi pertimbangan anda saat akan mendirikan usaha toko kelontong di rumah. Toko kelontong memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia, sekalipun saat ini telah hadir toko-toko yang berkonsep modern seperti supermarket dan minimarket.

Istilah toko kelontong berasal dari para pedagang keliling Tionghoa yang menggunakan alat kelentungan saat sedang berjualan menjajakan barang dagangannya. Hal ini karena alat yang mereka mainkan tersebut mengeluarkan bunyi yang mirip dengan kata kelontong. Bentuknya kecil mirip tambur dengan tali di sisi kanan dan kirinya, yang mana di ujung talinya terdapat biji-bijian yang berfungsi menghasilkan suara.

Kemunculan para pedagang kelontong sudah dimulai sejak abad kesembilan belas. Bahan-bahan yang mereka perjual belikan diantaranya perkakas, sabun, beras hingga bumbu-bumbu dapur dan dijajakan dengan cara berkeliling. Namun seiring perkembangan zaman para pedagang toko kelontong tidak lagi menjajakan dengan berkeliling melainkan menetap di suatu tempat.

 

Persiapan Buka Toko Kelontong di Rumah

Sebagai bagian dari Usaha Mikro Kecil Menengah, toko kelontong juga menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar Indonesia dalam menghadapi krisis. Meski keberadaan toko kelontong semakin tersaingi oleh toko-toko yang lebih modern namun, toko kelontong masih menjadi pilihan warga masyarakat utamanya di desa dalam memenuhi keperluan sehari-hari.

Toko kelontong juga dapat dijadikan alternatif untuk ibu-ibu rumah tangga yang berniat membuka bisnis sambilan serta dapat dikerjakan di rumah. Untuk mendirikan usaha ini anda tidak harus memiliki modal yang besar sebab tak perlu membeli peralatan-peralatan tertentu. Selain itu bisnis ini tidak membutuhkan ketrampilan tertentu dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Omset yang dihasilkan dari usaha ini juga cukup menjanjikan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

usaha toko kelontong

(c) investasi.online

Sebelum anda mulai membuka bisnis toko kelontong anda sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

Pemilihan tempat

Anda harus menentukan lokasi yang tepat pada saat mendirikan toko kelontong. Lokasi yang bagus biasanya adalah di daerah yang banyak penduduk dan berada di lokasi yang berjauhan dengan swalayan dan sejenisnya. Anda juga bisa memilih lokasi yang banyak dikunjungi oleh orang-orang seperti tempat wisata, sekolah, taman, dll. Keberadaan yang bisa dijangkau dengan mudah juga menjadi faktor pendukung bagi toko kelontong yang anda jalankan.

Melakukan riset pasar

Setelah menentukan lokasi untuk mendirikan usaha anda, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Proses ini bertujuan untuk mencari tahu produk apa saja yang dibutuhkan oleh calon pembeli sehingga dapat menentukan barang apa saja yang akan anda sediakan.

Menentukan produk

Setelah mengetahui karakter pembeli di tempat anda mendirikan usaha tersebut maka anda dapat menentukan daftar barang toko kelontong yang akan diperjual belikan. Sebagai contoh jika lokasinya berada di daerah perumahan maka barang-barang yang anda sediakan merupakan barang keperluan rumah tangga seperti bahan pokok.

Baca juga:
15 Daftar Franchise Kopi Kekinian Terlaris dan Siap Jual

Mencari pemasok

Tahap yang paling penting adalah menemukan pemasok dari produk-produk yang akan anda jual sesuai dengan kriteria. Salah satu alasan mengapa toko kelontong masih banyak diminati oleh masyarakat adalah karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan toko-toko yang lebih modern.

Oleh karena itu proses penentuan harga menjadi hal yang sangat penting. Pada saat inilah riset pasar yang sudah anda lakukan akan sangat berguna, anda bisa memilih pemasok yang memiliki kualitas dan sesuai dengan daya beli dari calon pembeli yang menjadi target pasar anda.

Menganalisa kompetitor

Selain mengelola toko kelontong anda, hal yang perlu anda lakukan adalah menganalisa bisnis yang dijalankan para kompetitor. Dengan analisa tersebut anda akan dapat mengetahui kelebihan maupun kekurangan yang mereka miliki yang dapat anda gunakan sebagai masukan untuk mengembangkan bisnis anda sendiri.

Anda harus menciptakan nilai tambah pada toko kelontong anda dibandingkan dengan toko kelontong dari para competitor sehingga toko anda akan lebih dicintai oleh pelanggan.

Pelayanan yang memuaskan

Hal yang tampak sepele tapi memberikan pengaruh yang cukup banyak dalam perkembangan bisnis yang tengah anda jalankan adalah terkait pelayanannya. Jika pelayanannya ramah maka pembeli akan senang untuk kembali membeli di toko anda, tapi ketika anda melayani dengan acuh tak acuh maka mereka akan mempertimbangkannya kembali. Loyalitas pelanggan inilah yang akan membawa keberlangsungan bagi toko kelontong anda maka perlakukanlah mereka seperti raja.

Ijin usaha

Agar tidak menimbulkan masalah ataupun denda dikemudian hari maka, sebelum mendirikan sebuah usaha anda perlu terlebih dahulu mengurus berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut seperti ijin mendirikan usaha, perjanjian sewa, dsb.

Baca juga:
10 Ide Jualan Frozen Food yang Laris Banyak Dicari

15 Daftar Barang Toko Kelontong yang Bisa Anda Jual

Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan barang apa saja yang akan dijual di toko kelontong anda maka diperlukan adanya riset pasar. Setelah mengetahui karakteristik pembeli maka anda bisa menentukan barang-barang yang mungkin akan mereka butuhkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi barang-barang yang biasa disediakan di toko kelontong diantaranya:

1. Sembako

Toko kelontong juga dikenal dengan sebutan warung sembako, karenanya barang yang satu ini tak boleh dilupakan. Sembako merupakan sembilan barang kebutuhan pokok sehari-hari yang akan selalu dicari oleh masyarakat.

jualan sembako

(c) tribunnews.com

Berdasarkan peraturan Permendag barang-barang sembako tersebut meliputi beras, gula, minyak goreng, telur, daging ayam, jagung, bawang merah, kedelai, serta daging sapi beku dan segar.

2. Makanan ringan

Makanan ringan juga menjadi barang wajib yang harus ada di toko kelontong karena bisa menjadi daya tarik bagi anak-anak kecil. Karena kebanyakan pembeli untuk produk ini adalah anak-anak kecil maka sebisa mungkin sediakan makanan ringan dengan harga yang dapat dijangkau.

3. Peralatan mandi

Selain sembako peralatan mandi dan mencuci juga menjadi barang yang banyak dicari oleh masyarakat. Anda bisa menyediakan berbagai keperluan mandi dan mencuci seperti detergen, sabun mandi, pasta gigi, sabun colek, sampo, pewangi pakaian dll.

4. Perlengkapan rumah tangga

Untuk semakin memudahkan pembeli dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya, anda juga bisa menyediakan segala perlengkapan rumah tangga di toko anda. Barang-barang seperti pel, sapu, sikat gigi, ember, dsb. Hal yang harus dicatat adalah bahwa untuk menyediakan barang-barang ini anda membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menyimpannya.

5. Peralatan tulis-menulis

Barang selanjutnya yang bisa anda sediakan di toko kelontong anda adalah peralatan sekolah berupa alat tulis seperti buku, pena, pensil, penghapus, dsb. Barang-barang ini akan sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh para pelajar.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *