Setiap kali mengirim paket lewat jasa RPX wajib untuk melakukan tracking setiap waktu. Apalagi ada banyak arti status pengiriman RPX yang berbeda dan bisa saja berubah sewaktu-waktu.
Sehingga setelah perubahan tersebut, pengguna dapat mengambil tindakan lanjutan.
Apalagi jika terjadi kendala, maka bisa mengajukan komplain ke pihak RPX untuk menanyakan keberadaan paket.
Saat ini diketahui ada berbagai jenis kode shipment dari RPX sebagai penanda sekaligus informasi bagi pengguna.
Tujuannya adalah agar pelanggan RPX tidak khawatir akan status paket yang dikirim atau diterimanya.
Syarat dan Kebijakan Menggunakan Jasa RPX
Masyarakat yang ingin memanfaatkan fitur, produk, dan layanan RPX perlu mengetahui beberapa syarat dan kebijakan dari RPX.
1. Pengirim Wajib Bersikap Transparan
Pihak RPX telah mengumumkan secara resmi mengenai peraturan yang bersifat mengikat bagi para pelanggannya.
Jika ditarik kesimpulan, maka dalam peraturan tersebut memuat:
Setiap paket yang hendak dikirim menggunakan RPX, maka pengirim wajib memberitahukan isi paket tersebut pada karyawan yang bertugas.
Apabila pernyataan pihak pengirim ternyata tidak sesuai antara apa yang diberitahukan pada staff RPX dengan barang yang ada di dalam paket, maka perusahaan tidak akan bertanggungjawab.
Khusunya jika terjadi kendala atau masalah dalam proses pengiriman berkaitan dengan barang tersebut (pelanggaran hukum, dan sebagainya).
Pengirim harus bertanggungjawab atas kelalaiannya sendiri karenat tidak mentaati serta mengindahkan aturan yang berlaku.
Aturan di atas berlaku untuk seluruh pelanggan RPX.
Dan pihak RPX juga tidak akan memeriksa atau mengacak-acak paket untuk mengetahui jenis barang di dalamnya.
Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dan transparansi dari pihak pengirim agar pernyataan yang tercantum dalam nomor pengiriman serta yang diberitahukan kepada staff RPX sesuai. SAMA.
Contoh kasus: saat pickup barang, pengirim mengatakan bahwa paket berisi makanan. Padahal di dalamnya berisi obat-obatan terlarang.
Nah, hal-hal seperti itulah yang tidak diperbolehkan.
Sepertinya semua ekspedisi di Indonesia juga tidak akan memberi akses yang sama.
ADVERTISEMENTS
2. Packing Paket Harus Aman
Selain itu, RPX juga mengimbau agar pengirim selalu menerapkan pengemasan atau packing yang aman sehingga barang tidak mudah rusak.
Begitu juga dalam mengelola dan mengemas barang cair agar tidak bocor.
Jika terjadi kerusakan karena ketidaksempurnaan dalam mengelola paket oleh pihak pengirim, maka bukan menjadi tanggungjawab RPX.
Nah, untuk menanggulangi hal tersebut terjadi, pengirim dapat memanfaatkan layanan packing yang juga disediakan oleh RPX.
Sebaliknya, apabila barang telah dikemas sesuai prosedur akan tetapi saat proses pengiriman di jalan ternyata rusak, maka kemungkinan akan menjadi tanggungjawab RPX
Perusahaan harus untuk memberikan biaya ganti rugi senilai kerusakan yang ditimbulkan.
ADVERTISEMENTS
3. RPX Tidak Dapat Mengubah Rute
RPX tidak akan mengubah rute perjalanan atau rute pengiriman paket tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke pihak pemilik barang.
Itu artinya, hanya jika mendapat izin dari pengirimlah, maka RPX akan mengubah rute.
Biasanya perubahan ini dikarenakan beberapa faktor.
Seperti demi keselamatan, alasan cuaca, dan pihak penerima yang berpindah tempat tinggal selama barang sedang dalam proses pengiriman.
ADVERTISEMENTS
4. Tanggung Jawab Barang oleh RPX
Baca Juga
Sebelum mengetahui istilah atau arti status pengiriman barang RPX, berikut wewenang RPX atas paket milik pengirim:
- RPX enggan bertanggungjawab atas paket yang hilang atau rusak yang diakibatkan oleh bencana alam, perang, pemberontakan, dan hal-hal di luar kendali jasa ekspedisi.
- Paket berisi makanan, buah-buahan, dan sejenisnya yang membusuk juga bukan tanggungjawab RPX
- Kerusakan secara teknis pada barang-barang elektronik berisiko tinggi yang menyebabkan beberapa bagian tidak berfungsi, juga bukan merupakan wewenang RPX
- RPX juga tidak turut ikut campur atau memiliki andil ketika barang milik pengirim dimusnahkan atau disita oleh pihak berwajib karena melanggar ketentuan hukum berlaku.
- Seluruh biaya yang menyangkut bea cukai dan nilai pajak juga bukan menjadi wewenang RPX. Melainkan akan diatur oleh pihak Kepabean sendiri berdasarkan jenis barang. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-09/BC/2017
Melihat ranah wewenang RPX di atas, maka Pintarjualan menyarankan pengguna agar menggunakan packing kayu agar barang terlindungi.
Tidak mudah pecah juga rusak.
ADVERTISEMENTS
Arti Status Pengiriman RPX secara Lengkap
Inilah daftar istilah dan arti status pengiriman RPX hingga detik ini ekspedisi berjalan!
Status Pengiriman Barang RPX (Activity) | Arti Status Pengiriman RPX |
Package Pick Up from Customerâs location (PUP) | Barang telah diambil oleh pihak kurir atau agen RPX dari lokasi yang ditentukan oleh pengirim |
Departed from RPX Origin Station (SOP) | Paket telah berangkat dari kantor utama RPX |
Manifesting Package | Paket sedang disortir dan diproses sebelum diantar ke gudang |
Arrived at RPX Transit Point (SIP) | Paket telah tiba di titik transit milik RPX |
Delayed due to transportation delay (STAT) | Pengiriman paket tertunda karena adanya kendala pada transportasi RPX |
Gateway Pre-Loading | Paket sudah diproses oleh bagian pusat distribusi RPX Express dan sedang menuju pintu gateaway |
Departing from Transit point | Paket sedang berangkat dari titik transit |
Transit out gateway | Paket sedang diproses dan menuju ke tempat transit RPX |
Arrived at RPX Destination Station | Paket telah sampai di pemberhentian sementara milik RPX |
Delivery in Progress 1 | Paket sedang dalam proses pengiriman oleh kurir RPX |
Stored in Warehouse | Paket berada di dalam gudang RPX |
Shipment on process delivery | Pengiriman sedang dalam proses dan diantar oleh kurir |
Pick up cash payment (PUX) | Paket telah diambil kurir dengan pembayaran tunai |
Package data transmitted to RPX System (MDE) | Informasi dan data pengiriman paket diteruskan ke sistem RPX |
CONSOLIDATION | Adanya penggabungan paket |
Package on the way for delivery (VAN) | Paket sedang dalam perjalanan dan akan diantarkan |
Package received by Customer (POD) | Paket telah diterima oleh pihak penerima (konsumen) |
Cara Bergabung Menjadi Mitra Outlet RPX
Bukan hanya menggunakan RPX untuk mengirim barang, masyarakat juga dapat menjadi mitra outlet RPX lho!
Tentunya dengan berbagai syarat yang harus dilengkapi oleh calon mitra.
Apa sajakah itu?
Syarat Sebelum Tekan Kontrak
- Memiliki ponsel android dan internet untuk bekerja
- Sebuah ruangan berukuran 1 x 1 m2
- Lokasi untuk outlet cukup strategis sehingga dapat diakses oleh motor serta mobil
- Minimal terdapat satu petugas
- Petugas mengantongi sertifikat training yang diperoleh dari RPX Center
- Petugas mampu mengoperasikan android untuk mengirim barang dan memproses segala kebutuhan
- Mitra RPX juga tidak diperkenankan untuk menjual atau mengiklankan produk dari kurir lain selain RPX
Setelah membaca persyaratan di atas, calon mitra dapat memulai usaha jasa pengiriman dan bekerja sama dengan RPX.
Ditambah pula ada beragam keuntungan yang bisa diperoleh nantinya untuk masa depan sekaligus belajar mendirikan bisnis.
Keuntungan Menjadi Mitra RPX
Inilah beberapa keuntungan yang akan dirasakan oleh mitra Outlet RPX ketika menggunakan layanan dan produk darinya!
â Setiap mitra yang ingin bergabung tidak dibebankan biaya sama sekali (gratis)
â Mitra RPX juga akan mendapatkan pelatihan semacam training untuk mengembangkan opersional outlet (gratis)
â Transaksi makin mudah karena dilakukan melalui akun virtual atau secara online
â Tracking atau sistem pelacakan menggunakan aplikasi RPX Mobile juga terasa lebih mudah
â Bisa menikmati berbagai jenis metode pembayaran; bisa deposit atau pun top up serta cash
â Seperangkat media untuk pemasaran atau teknik marketing
â Jumlah kompetitor tidak terlalu banyak
Apakah Anda mulai berminat untuk bergabung menjadi mitranya? Apalagi saat ini belum banyak outlet yang berdiri.
Terutama di berbagai daerah di Pulau Jawa (Jawa Tengah dan Jawa Timur), khususnya kota-kota kecil.
Penutup
Pada dasarnya hampir seluruh perusahaan ekspedisi mempunyai jenis dan arti status pengiriman yang hampir serupa.
Karena ranah dan cakupan dunia logistik, shipment, dan sebagainya menggunakan alur yang tidak jauh berbeda.
Semoga artikel dari Pintarjualan.id kali ini membantu Anda dalam mengetahui makna yang sebenarnya dari tiap istilah di atas ya.