Advertisement

Cara Mengatasi Email dalam Antrean dan Kotak Keluar Dijamin Beres

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
19 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Penasaran bagaimana cara mengatasi email dalam antrean tidak kunjung terkirim? ikuti terus artikel ini ya.

Ketika sedang mengirim tugas yang mepet deadline, tapi ternyata email malah gagal terkirim dan masuk ke kotak antrean, pasti merasa kesal. Untungnya, Pintarjualan memiliki beberapa solusi untuk permasalahan seperti email tidak terkirim, masuk ke kotak keluar, atau email dalam antrean.

Gunakan cara mengatasi email dalam antrean di HP ini supaya ketika mengirim tugas lewat email tidak panik lagi.

Cara Mengirim Ulang Email yang Masuk ke dalam Antrean

Mungkin masih ada yang bingung, apakah email dalam antrean sudah terkirim? jawabannya belum. Kenapa email dalam antrean biasanya terjadi ketika email dikirim namun ada kendala di sistem, seperti internet yang bermasalah, pengaturan di HP, ataupun kotak masuk penerima yang penuh.

Sebenarnya, cara mengatasi email dalam antrean ini mudah banget. Umumnya email dalam antrean ini terjadi karena ketika mengirimkan email HP tidak terhubung dengan internet.

Mengirim Email yang Masuk ke dalam Antrean dengan Refresh Kotak Keluar

Setelah HP terhubung ke internet lagi, seharusnya email terkirim secara otomatis. Tetapi jika masih dalam antrean, kamu hanya perlu merefreshnya supaya email tersebut terkirim.

  1. Ketika mendapatkan tanda bahwa ada satu pesan terkirim di kotak keluar,
    tekan text kotak keluar

    Jika tidak, bisa juga dengan membuka menu gmail di kiri atas > kotak keluar
  2. Untuk refresh kotak keluar, tarik atau scroll ke bawah halamannya.

    Tanda bahwa refresh kotak keluar sedang berjalan adalah munculnya tanda lingkaran yang berputar dan berubah tulisan dari “dalam antrean” menjadi “mengirim…” atau “mengupload”
    Pastikan internet lancar supaya proses upload lancar

Selesai, jika HP mu terhubung dengan internet yang lancar, maka email akan segera dikirimkan. Jika internet sedang ngadat dan file lampiran dalam email cukup besar, proses upload mungkin akan berlangsung sedikit lama.

(sumber: youtube rame cellular)

Mengubah Pengaturan Gmail untuk Mengirim Email yang Masuk ek Antrean

Jika kotak keluar sudah di refresh, tetapi email msaih tidak terkirim, ada beberapa kemngkinan. Seperti Internet yang tidak baik, atau pengaturan handphone yang perlu diubah. Kalau sudah dipastikann bahwa internet tidak bermasalah, coba ubah pengaturan atau setelan ini.

  1. Tutup aplikasi gmail > Masuk ke pengaturan/setelan HP android
  2. Masuk ke Pengaturan aplikasi > Kelola aplikasi > Gmail
  3. Masuk ke Penggunaan data
  4. Pastikan semua data diaktifkan, mulai dari data seluler hingga data latar belakang

Setelah setelan/pengaturan data mulau dari SIM 1, SIM 2, Wi- Fi, dan data latar belakang diaktifkan, maka aplikasi gmail bisa terhubung dengan internet dan sistem layanan emailnya. jadi, kembali Refresh kotak keluar seperti langkah diatas.

(sumber: youtube lam alif)

Mengirim Ulang Email Secara Manual

Jika cara diatas tidak berhasil dan email masih dalam antrean terus, bisa diatasi juga ulang secara manual. Sekali lagi, pastikan HP terhubung dengan jaringan internet, gunakan versi gmail terbaru, dan nyalakan semua data di aplikasi gmail.

  1. Buka kotak keluar > Buka email yang mau dikirimkan ulang
  2. Klik titik tiga di kanan atas > Teruskan email
  3. masukkan alamat email email sesuai
    dan hapus pesan forward sehingga email selayaknya email biasa
  4. kirimkan

Selesai, dengan menggunkan cara diatas, tidak perlu copy paste dan melampirkan ulang email yang gagal terkirim.

(sumber: youtube C L E V Y S)

Tips Mengirim Email Supaya Tidak Masuk ke dalam Antrean

Aveline, seorang Pakar Produk Platinum Google menjelaskan, jika mendapat pesan “dalam antrean” ketika mengirim email, ada beberapa penyebab permasalahan ini. untuk itu. untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dicoba.

1. Cek Alamat Email yang Kamu Tulis

Salah satu penyebab yang paling sering kenapa email tidak terkirim adalah salah menuliskan alamat email. kesalahan satu huruf saja pada alamat email bisa membuat email tidak terkirim. Ini dikarenakan alamat email tidak ditemukan oleh sistem.

Jadi sebelum mengirim email, pastikan alamat email sudah tertulis dengan baik ya.

2. Cek Jaringan Internet yang Digunakan

Internet yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab email gagal terkirim. Oleh karena itu, sebelum mengirim email apalagi yang memiliki lampiran file dengan ukuran besar, pastikan memiliki kuota yang memadai. Dengan begitu, email bisa dikirim dengan lancar.

Coba juga ganti jaringan ang digunakan. Semisal awalnya menggunakan wifi, coba dengan menggunakan internet dari HP. Bisa saja jaringan wifi sedang mengalami gangguan. Tapi pastikan juga kamu memiliki kuota internet di HP ya.

3. Cek Versi Aplikasi Gmail

Versi aplikasi yang out of date alias belum diupdate juga bisa menyebabkan kegagalan mengirim email. karena sistem lama yang tidak terintegrasi dengan sistem baru, akhirnya email jadi tertolak. Ini bisa saja dijumpai oleh pengguna gmail di HP android.

Oleh karena itu, cek versi gmail di play store, jika perlu diupdate lakukan update dulu sebelum mengirim email.

4. Kapasitas Penyimpanan atau Kotak Masuk Penerima Penuh

Jika kamu sudah mengecek alamat email, jaringan internet, dan versi aplikasi gmail yang kamu gunakan sebenarnya tidak bermasalah, tetapi email masih gagal dikirim, bisa saja permasalahannya sebenarnya ada pada email yang dikirimkan.

Ketika kotak masuk penuh, maka alamat email tujuan tidak bisa menerima email masuk lagi. Maka dari itu, cobalah meminta pemilik alamat email tujuan alamat email lain yang tidak penuh. Bisa juga memintanya untuk menghapus email supaya bisa menerima email masuk lagi.

5. Sistem Layanan Email Tujuan Menolak Email

Jika email yang digunakan adalah layanan email yang digunakan oleh kantor, tidak jarang memiliki aturan yang ketat. Makanya, jika email melanggar ketentuan atau dianggap mencurigakan sering ditolak oleh sistem.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *