Advertisement

Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email dengan Lampiran PDF

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
15 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Sekarang, kebanyakan lamaran kerja sudah menggunakan email. Makanya, banyak yang mencari cara membuat lamaran kerja lewat email. Cukup lewat HP juga bisa.

Oh iya, sudah punya akun email belum? Kalau belum, ikuti cara membuat email Gmail terlebih dahulu.

Akun email dari Google ini paling banyak digunakan. Selain gratis dan fiturnya lengkap, aplikasi Google juga termasuk aplikasi dasar di HP Android. Setelah memiliki alamat email, barulah bisa mengikuti langkah membuat lamaran kerja lewat email di bawah.

Cara Membuat Email Lamaran Kerja

Cara membuat email lamaran kerja di Gmail sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengirim email lainnya. Singkatnya, membuat email lamaran kerja bisa dilakukan dengan 1. Membuka Gmail, 2. Menuliskan alamat email tujuan, subjek, isi, dan 3. Mengupload attachment.

Baik menggunakan HP android maupun laptop, sebenarnya cara membuat email lamaran kerja tidak jauh berbeda. Beberapa perbedaan ada di letak tombol saja. Untuk lebih jelasnya ada di bawah.

Cara Membuat Email Lamaran Kerja Via HP

Tidak harus menggunakan laptop, sebenarnya, menggunakan HP juga bisa digunakan untuk mengirim lamaran kerja. Jangan lupa siapkan CV dan berkas dokumen lainnya supaya proses mengupload lampiran berjalan dengan lancar.

Langsung saja, ini dia langkahnya.

  1. Buka Gmail
    buka aplikasi gmail
  2. Tekan tombol tulis
    tombol ini ada di kanan bawah
    tulis email baru - gmail
  3. Masukkan alamat email tujuan, subjek, dan isi
  4. Masukkan lampiran
    tombol ini ada di kanan atas halaman
    contoh lamaran kerja via email di HP

Catatan: ada cara alternatif untuk mengirim lamaran kerja, yaitu dengan menekan lama file, kemudian kirimkan lewat Gmail. Maka akan masuk ke halaman penulisan email dengan file yang dipilih sudah terlampir.

Selesai, jagaan lupa, sebelum menekan tombol kirim, cek ulang alamat email tujuan, subjek, isi, dan lampiran. Jangan sampai salah ya.

Memang sih, ada cara untuk membatalkan email terkirim. Tetapi tidak semua email bisa diedit atau dibatalkan. Jadi pastikan email sudah dicek sebelum dikirimkan, ya.

Cara Membuat Email Lamaran Kerja Lewat Laptop

Sebagian banyak orang lebih suka menggunakan laptop untuk mengirim email, membuat cv, dan mengurus berkas atau dokumen lainnya untuk melamar kerja. Ini karena layar laptop yang lebih besar dan keyboard yang lebih nyaman digunakan untuk menulis.

Langsung saja, langkahnya ada di bawah sini.

  1. Buka Browser > buka Gmail
    ketikkan “gmail.com” atau “mail.google.com” di adress bar
  2. Ketuk tap atau tulis
    tombol ini ada di kiri atas
  3. Menuliskan alamat email tujuan, subjek, isi, dan
    contoh lamaran kerja via email
  4. Mengupload attachment
    tombolnya ada di bawah halaman

Selesai, email akan masuk ke alamat email HRD. Sekali lagi, jangan lupa cek email terkirim ya. Cek dengan perlahan dan seksama jangan sampai ada typo. Dengan email lamaran kerja yang baik dan benar, HRD akan menilaimu dengan baik juga.

Cara Membuat Lampiran Email

Setelah membuat isi / body email, sekarang waktunya memasukkan lampirannya. Sebenarnya caranya sangat mudah, yaitu dengan mengeklik ikon lampiran/attachment yang berupa gambar klip kertas. Hanya saja banyak yang lupa dengan tombol untuk melampirkan file.

Untuk Melampirkan File Lewat HP

  1. Klik ikon lampiran atau attachment berbentuk klip kertas
  2. Pilih berkas yang mau dilampirkan. Untuk memilih banyak file bisa ditekan lama.
  3. Ok

Catatan: ketika menggunakan HP, proses melampirkan berkas bisa dilakukan menekan lama file yang yang akan dikirimkan > kirim/share via email.

Mengirim File Lewat Komputer

  1. Klik ikon lampiran
  2. Pilih file
  3. Ok

Catatan: ketika menggunakan laptop atau komputer, proses melampirkan berkas bisa dilakukan dengan cara drag n drop. Seret file dari folder ke kotak penulisan email.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengirim Email Lamaran Kerja

Ketika melamar kerja, ada banyak dokumen lain yang harus dipersiapkan. Ini akan membantu HRD dalam menilai calon karyawan. Walaupun masing masing perusahaan memiliki ketentuan khusus, ada beberapa yang umum dijumpai.

Apa saja lampiran surat lamaran kerja via email? Langsung saja ini dia dokumen yang biasa disertakan di email lamaran kerja.

  1. CV
  2. SKCK
  3. Ijazah
  4. sertifikat
  5. KTP
  6. Pas FOto
  7. Portofolio
  8. Pas foto
  9. Surat referensi

itu dia beberapa dokumen yang biaasa disiapkan untuk emlamar kerja.

Cara Membuat File PDF dari Microsoft Words

Mungkin banyak yang belum menyadari, kalau dari hanya dengan menggunakan Microsoft words, bisa membuat file pdf. Jadi tidak pelru menggunakan converter.

  1. Buka words > klik file di kiri atas
  2. Klik export > Create PDF Documents > Create PDF
  3. Pastikan nama file sudah sesuai
    Ganti jika belum > Export

Selesai. Dengan membuat CV yang sederhana pun bisa digunakan untuk dilampirkan .

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *