Advertisement

Cara Recall Email Outlook 365 yang Sudah Terkirim, Masih Bisa Diedit

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
14 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Terkadang, setelah dicek pun email masih memiliki kesalahan. Ketika ini terjadi, cara recall email Outlook bisa membantu membatalkan atau mengedit email yang sudah terkirim.

Jika email Google hanya memungkinkan untuk menarik email gmail yang sudah terkirim selama 30 detik, Microsoft Outlook bisa menarik email yang sudah dikirim lama, bahkan lebih dari satu jam. Tapi ada syaratnya ya.

Bagaimana cara membatalkan email yang sudah dikirim? Simak artikel ini dari awal hingga akhir.

Cara Recall Email Outlook

Recall adalah fitur yang disediakan oleh Outlook untuk menarik kembali email yang sudah terkirim.

sesuai yang Kevin Stratvert di Youtube, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menarik kembali email yang sudah dikirim. Singkatnya di menu “Option” > “More Move Action” > “Recall”

Berikut langkahnya.

Buka sent item

  1. Buka email yang sudah dikirm di “Sent Items
  2. Perhatikan ribbon di atas, buka menu
    ada menu
    Buka menu “More Move Action” > “Recall This Message
  3. Ada pilihan untuk menghapus atau untuk mengedit email
    pilih “delete unread copies of this message” untuk menghapus email
    pilih “delete unread copies and replace with a new message” untuk edit email

Catatan: jika tampilan Outlook tidak ada ribbon seperti di atas, berarti menggunakan simplified ribbon. Sedikit berbeda, tetapi menu move action masih bisa diakses. Caranya, klik titik tiga atau elipsis di kanan atas > klik action klik “Recall Message

Selesai. Kini kamu bisa mengedit email tersebut untuk memperbaiki kesalahan. Cek ulang emailnya supaya tidak salah lagi ya.

Syarat Recall Email Outlook

langkah diatas mungkin terdengar mudah, namun kenyataannya cara ini tidak selalu berhasil. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya Outlook bisa me-recall email.

  1. Gunakan Microsoft 365 atau Microsoft Exchange

Syarat pertama baik pengirim ataupun penerima harus menggunakan Microsoft 365 atau Microsoft exchange. Email Outlook yang dikirmkan ke Gmail, Yahoo, atau email lain tidak bisa ditarik.

Kemudian ada pertanyaan, apakah Macbook bisa recall email Outlook? Jawabanya bisa, selama menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Masih Di Bawah Tenant atau Perusahaan yang Sama

Syarat kedua, email harus dibawah penyedia atau tenant yang sama. Email yang dikirim ke email Outlook yang beda kantor kemungkinan besar tidak bisa di-recall.

  1. Belum Dibuka atau Masih“Unread”

Setelah email dikirim, maka email akan masuk ke kotak masuk. Selama belum dibaca, statusnya masih unread, ini masih bisa ditarik kembali. Tetapi jika sudah dibuka oleh penerima, maka sudah tidak bisa di-recall lagi.

  1. Gunakan Outlook Desktop

Pastikan pengirim dan penerima sama-sama menggunakan Outlook desktop. Kalau penerima menggunakan Outlook versi lain, seperti web atau mobile, maka penarikan email tidak bisa dilakukan.

Lebih parah lagi, penerima email akan mendapatkan notifikasi bahwa email tersebut berusaha ditarik oleh pengirim. Bagi pengguna Macbook, selama menggunakan aplikasi Microsoft 365 seharusnya tidak masalah.

Dari situ bisa disimpulkan bahwa tidak ada cara recall email Outlook Web. Recall hanya bisa dilakukan melalui versi desktop.

  1. Settingan Masih Default

Pastikan penerima menggunakan settingan default. Settingan ini bertuliskan “automatically process meeting requests and responses to meeting request and polls” dan “Automatically update original sent item with receipt information” yang secara default adalah dicentang.

Jadi, apakah bisa menarik email yang sudah dikirm? Jawabanya bisa selama memenuhi syarat diatas. setelah mengetahui syarat ini, cek ulang sebelum mengirim.

Menggunakan Delay Message Untuk Mencegah Recall Email

Untuk menanggulangi kesalahan sebelum mengirim email, selalu cek ulang sebelum mengirim. Untuk keamanan ekstra, bisa juga dengan menggunakan fitur “delay message”.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *