Advertisement

Cara Mengirim Video Lewat Email Meski Ukuran Besar Via HP Dan Laptop

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
16 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Mendapat tugas untuk mengirim video, tetapi tidak tahu cara mengirim video lewat email? Ikuti terus artikel ini untuk mengetahui caranya.

Salah satu fitur yang sering digunakan di email adalah mengirim file, termasuk mengirim file video. Berbeda dengan file dokumen docx ataupun pdf yang ukuranya cenderung kecil atau sekitar 1-10 mb saja, nah ukuran file video bisa mencapai 10GB lebih, loh.

Tidak masalah, ada cara supaya file video berukuran besar bisa dikirim. Dengan mengikuti langkah di bawah, jadi bisa mengirim video untuk portofolio melamar kerja lewat email deh.

Cara Mengirim Video Lewat Email di HP

Tidak perlu menggunakan laptop, lewat hp pun sebenarnya juga bisa digunakan untuk mengirimkan video. Yang penting, siapkan internet dengan paket data yang cukup untuk upload file nya. Usahakan supaya internetnya kencang juga ya.

Cara mengirim video melalui email di HP ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengirim video lewat email di laptop. kirim email seperti biasa, kemudian tambahkan lampiran video atau link lampiran Google Drive.

Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah di bawah

  1. Buka Gmail
  2. Tap tulis
  3. Tap lampiran
  4. Pilih file video
  5. Kirim

Selesai, selama video tidak lebih dari 25 mb, file masih bisa dilampirkan seperti biasanya. Tetapi jika file video memiliki ukuran diatas 25 mb, biasanya akan diupload secara otomatis ke Google Drive dan dilampirkan sebagai link.

Menggunakan Share File dari Galeri

Ketika menggunakan cara di atas, banyak orang yang bingung karena kesulitan menemukan file video yang akan dilampirkan. Apalagi jika kamu adalah orang yang Suka lupa folder tempat menaruh file. Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah karena tidak perlu ribet melampirkan email.

Cara ini menggunakan galeri untuk melihat file video yang mau diupload. Kemudian share file tersebut via email. Untuk lebih lengkapnya ikuti cara di bawah.

  1. Buka galeri atau file explorer dan temukan file video yang akan diupload
  2. Tekan lama file yang mau dikirm
  3. Share > share via gmail

Dengan menggunakan ini, tidak perlu kerja dua kali untuk mencari direktori file nya. Biasanya dengan menggunakan galeri, video yang mau dipilih bisa dicek dengan mudah.

Tetapi kalau menggunakan lampiran, harus keluar aplikasi untuk memastikan bahwa video tersebut memang video yang benar-benar mau dipilih.

Oh iya, share file ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan ke Google drive loh.

Jika sebelumnya mengirimkan file dari storage/ memori penyimpanan di hp maka ini akan mengirimkan link file yang sebelumnya sudah di-upload via Google Drive.

Google Drive adalah layanan menyimpan file secara cloud oleh Google. Ibarat hardisk tetapi online, fitur ini juga memungkinakn orang untuk mengakses file tersbeut dengan membagikan link Google Drive nya.

Google Drive siap menampung file hingga 15 GB. Untuk seorang video editor yang harus mengirim video ke klien, kapasitas ini mungkin kurang. Solusinya, bisa meningkatkan kapasitas dengan menggunakan upgrade storage.

Cara Upload Ke Google Drive Lewat Hp

Ukuran file yang besar mengharuskan file untuk diupload ke Google Drive. Ketika file yang diupload ke email lebih besar dari 25 mb, Gmail secara otomatis akan mengarahkan file tersebut ke Google Drive dan mengirimkannya sebagai link.

Tetapi, jika itu tidak muncul, maka bisa upload manual dengan mengikuti langkah berikut.

melalui aplikasi Google Drive

  1. Buka aplikasi Google Drive
  2. Klik tanda tambah di kanan bawah
  3. Pilih file yang mau diupload

Catatan: pastikan izin berbagi file sudah diberikan supaya orang lain bisa membuka dan mendownload videonya.

Cara Mengubah Izin Berbagi Google Drive Melalui HP

Setelah mengupload file ke google drive, link tersebut tidak bisa secara otomatis dibagikan. Secara default, google tidak memberikan izin berbagi. Jadi perlu diubah terlebih dahulu.

Untuk mengubah izin berbagi, gunakan langkah ini

    1. Buka google drive
    2. Di file yang mau di share, tap titik tiga disampingnya
    3. tap pada bagian “kelola akses”
    4. ubah izin berbagi sehingga semua yang memiliki link bisa melihat

Selesai, sekarang semua orang bisa melihat file yang kamu bagikan. Tidak ada lagi email permintaan akses file yang masuk ke emailmu. Jangan sampai mengirim file namun izin tidak diberikan ya.

Setelah izin berbagi diberikan, sekarang orang bisa membuka. Jangan sampai izin berbagi belum diberi, ya. Karena nanti penerima tidak bisa membuka.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *