Advertisement

7 Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca Dengan Ataupun Tanpa Aplikasi

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
16 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Selama ini mungkin banyak yang tidak tahu bahwa ada cara mengetahui email yang sudah dibaca atau belum. Fitur ini bisa dibilang mirip dengan fitur di Whatsapp yang memungkinkan pengirim mengetahui bahwa email sudah dibaca.

Sayangnya, tidak semua email bisa diketahui statusnya sudah dibaca atau belum. Mengetahui email sudah dibaca atau belum ini bisa jadi penilaian untuk sales, manager, dan HRD. Selain itu, jika email masih belum dibaca di Outlook email itu bisa di recall, loh.

Langsung saja, ini cara mengetahui email sudah dibaca atau belum dengan menggunakan ekstensi chrome ataupun tanpa aplikasi tambahan.

1. Mail Track

Digunakan oleh lebih dari 2 juta orang dengan rating 4,5 bintang, ekstensi Chrome ini memuncaki tool untuk tracking email. Untuk menggunakannya, ekstensi ini perlu dipasang di Browser Chrome dan email Gmail yang teregistrasi di Mail Track.

Sesuai namanya, ekstensi ini memungkinkan penggunanya untuk mengetahui apakah email sudah dibuka atau belum. Tidak hanya itu, bahkan juga dibuka waktu dan berapa kali dibuka oleh penerima juga bisa ditampilkan.

Di laptop, ekstensi ini bekerja sebagai Plug in di Google Chrome. Setelah email Gmail terintegrasi dengan Mail Track, Gmail di hp juga bisa melihat apakah email sudah dibaca atau belum.

Langsung saja, ini cara menginstall Mail Track.

Cara Mengisntall Mail Track

  1. Kunjungi website, klik install
  2. Sambungkan mail track ke Gmail
    berikan izin ke mail track

(sumber: youtube mail track)

Selesai, setelah Mail Track terpasang di Google Chrome, maka ketika membuka Gmail di browser tersebut, centang tanda email sudah dibuka bisa muncul. Tidak hanya itu, informasi status lebih lengkap juga muncul ketika kursor diarahkan di atas tanda centang dua tersebut.

Melihat Status Email dengan Mail Track di HP

Tidak hanya bekerja di browser Chrome, Mail Track juga bisa dipasang di HP. Untuk mendaftarnya juga tidak jauh berbeda dengan versi komputer.

  1. Buka website “mailtrack.io”
  2. Klik install for free
    akan diarahkan ke halaman Google Workspace dengan aplikasi Mail Track & Mail Merge
  3. Klik install
  4. Berikan izin ke aplikasi mail track
  5. Buka Gmail seperti biasa
  6. Cek terkirim atau sent box
  7. Bisa dilihat status di samping kanan subjek email

(sumber: youtube David Alfi)

Selesai, cara mengetahui email sudah terkirim di android ini bermanfaat Jika kamu seorang sales. Karena kamu bisa mengetahui berapa banyak email yang berhasil dibuka oleh calon konsumen.

Walaupun kita harus mengistal atau memasang aplikasi tambahan, tapi aplikais yang digunakan untuk mengecek aplikasi ini tetap menggunakan Gmail seperti biasa tanpa aplikasi tambahan.

 

2. Unlimited Email Tracker by Snov.io

Dengan jumlah pengguna hingga 100 ribu dan rating bintang lima, sebenarnya snov.io tidak kalah dengan email tracker lainnya.

Salah satu keunggulan email tracker ini, adalah komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik meskipun menggunakan ekstensi ini adalah gratis.

Pengembang snov.io ingin memberikan pengalaman terbaik dengan menghadirkan tampilan yang nyaman. Selain itu, ekstensi ini juga tidak menambahkan logo atau ikon adapun meskipun layanannya gratis.

Lebih kerennya lagi, dia tidak meminta untuk upgrade ke versi berbayar. Cocok buat kamu yang mencari email tracker dengan fitur memadai, tampilan yang bagus, dan gratis.

 

3. Hubspot Sales

Dengan jumlah pengguna hingga 900 ribu lebih dan rating bintang 4,5 ekstensi Hubspot Sales ini menjadi pilihan banyak orang untuk melacak apakah email sudah dibaca atau belum.

Seperti Mail Track, Hubspot juga menyediakan fitur email tracking yang terhubung dengan Gmail. Fitur ini juga gratis, hanya perlu mendaftar ke Hubspot untuk bisa menikmati fitur fiturnya.

Didesain untuk sales CRM, ekstensi/plug in ini digunakan untuk keperluan email tracking, create & share email template, meeting scheduler. Semua fitur ini bisa digunakan secara cuma-cuma. Ada juga versi berbayar yang mendapatkan fitur automated personal outreach.

 

4. Streak CRM

Digunakan oleh lebih dari 700ribu pengguna dan rating 4,5 bintang, Streak CRM dipercaya oleh banyak sales untuk menjalankan pekerjaannya.

Selain terintegrasi dengan Gmail, Streak juga terhubung dengan berbagai Google Apps lain, seperti Google Calendar, Google Sheets, dan Google Drive.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *