Cara Mengirim Tugas Lewat Email via HP dan Laptop dengan Lampiran

Hanif 13 Jul 2022 4 Menit 0

Sekolah daring mengharuskan siswa untuk mengirim tugas secara online, termasuk lewat email. Tetapi, banyak siswa-siswi yang belum tahu cara mengirim tugas lewat email di HP dan laptop.

Tidak perlu khawatir, di artikel ini akan diulas semua mengenai langkah-langkah mengirim tugas via email lengkap termasuk cara menambahkan lampiran dan kata-katanya.

Tapi sebelumnya sudah punya email, kan? Jika belum, daftar atau buatlah email terlebih dahulu supaya bisa mengirim email.

Oke, langsung saja, ini di acara mengirim tugas lewat email.

Cara Mengirim Tugas Lewat Email di HP

Setelah selesai mengerjakan tugas, sekarang waktunya mengirimkan kerajaan tersebut ke dosen atau guru yang bersangkutan.

Cara mengirim tugas lewat email Gmail di HP sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengirim email lainnya. Hanya saja, perlu menambahkan lampiran dan memperhatikan kata-kata yang digunakan.

Ini dia caranya.

  1. Buka Gmail
    Buka aplikasi gmail
  2. Tekan “Tulis
    Tombol ini ada di kanan bawah halaman
    Cara mengirim tugas lewat email
  3. Masukkan alamat email
  4. Masukkan subjek
  5. Ketikkan body
    Cara mengirim tugas lewat email
  6. Lampirkan file
    Seperti yang bisa dilihat di contoh diatas, untuk melampirkan file,
    ketuk ikon klip kertas di atas halaman
    Cara mengirim tugas lewat email
  7. Tunggu proses upload selesai dan Cek, baca ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan
  8. Kirimkan

Selesai, sekarang, email sudah dikirim. Sebelum mengirim pastikan untuk selalu cek emailnya ya. Jangan sampai ada typo ataupun salah melampirkan file.

Cara Mengirim Tugas Lewat Email di Laptop

Cara mengirim tugas lewat laptop tidak jauh berbeda dengan menggunakan HP. Mungkin banyak yang lebih suka mengirimkan lewat laptop, karena file tugas biasanya dikerjakan lewat laptop.

  1. Buka Gmail
  2. Klik “Tulis
    Tombol ini ada di kiri atas halaman
    Cara mengirim tugas lewat email
  3. Masukkan alamat email
  4. Masukkan subjek
  5. Ketikkan body
    Cara mengirim tugas lewat email
  6. Lampirkan file
    untuk melampirkan file, klik tombol klip kertas
    kemudian pilih file/dokumen yang akan dilampirkan
  7. Tunggu Google mengupload file tersebut
  8. kirim

Selesai, sekali lagi jangan lupa cek judul, isi, hingga, lampiran email sebelum dikirmakn ya. Jika kamu masih belum mengerti contoh kata-kata atau kalimat yang harus digunakan untuk mengirim email ke guru atau dosen, ikuti contoh di foto atau di bawah ini.

Cara Melampirkan File ke Email

cara melampirkan file di email sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu klik atau ketuk simbol lampiran yang berupa ikon klip kertas, kemudian pilih file yang ingin dilampirkan. Cara lengkapnya sebagai berikut.

  1. Di email, klik ikon lampiran
    di HP, ikon ini ada di atas kanan
    di Komputer/laptop, ikon ini ada di bawah
    Cara mengirim tugas lewat emailCara mengirim tugas lewat email
  2. Pilih file yang akan diupload
  3. lampirkan

Mudah kan sebenarnya, Cuma mungkin tidak tahu saja tombol yang mana yang harus digunakan untuk melampirkan dokumen.

Oh iya, Gmail bisa menerima ukuran fie dokumen yang dilampirkan hingga 25 MB. Jika lebih dari itu, maka secara otomatis file akan dimasukkan ke Google Drive. Jadi tidak perlu khawatir.

Supaya proses melampirkan file berjalan dengan lancar, siapkan file nya terlebih dahulu dengan baik. Pastikan file tersebut sudah final. Umumnya, file yang dilampirkan berbentuk PDF, karena file edngan format ini tampilannya tidak berubah meski dibuka di berbagai platform.

Jangan lupa sesuaikan juga nama file dengan format yang diminta pengajar. Kalau guru atau dosen tidak memberikan format khusus, gunakan format sederhana seperti [Nama Tugas – Nama Siswa], atau bisa juga ikuti contoh di bawah.

Tugas individu siswa:[MataPelajaran_TugasKe_Kelas_NomorAbsen_NamaSiswa]
Tugas individu Mahasiswa:[tugas MataKuliah_TugasKe_NIM_NamaMahasiswa]
Tugas kelompok siswa:[MataPelajaran_TugasKe_Kelas_NamaKelompok]
Tugas kelompok Mahasiswa[MataKuliah_TugasKe_NIM_NamaKelompok]

Contoh Subjek Email untuk Mengirim Tugas

Sebelumnya, kita sudah membahas format nama file. Selain nama dokumen, format subjek email ini juga penting loh.

Subjek atau judul email ini akan tampil di list. Biasanya dosen juga menggunakan fitur pencarian untuk menemukan email untuk tugas tertentu. Makanya, kalau sampai typo dalam mengirimkan tugas, bisa-bisa dosenmu tidak ditemukan oleh dosen.

Terkadang, dosen sudah memberikan format khusus untuk pengiriman tugas. Tetapi, jika dosen tidak memberikan format pun, bukan berarti kamu bisa mengirim email tugas dengan subjek seenakmu sendiri.

Gunakan format yang sama dengan nama file seperti [Nama Tugas – Nama Siswa] untuk nama file yang singkat. Bisa juga menggunakan format di bawah.

Tugas individu siswa:[MataPelajaran_TugasKe_Kelas_NomorAbsen_NamaSiswa]
Tugas individu Mahasiswa:[tugas MataKuliah_TugasKe_NIM_NamaMahasiswa]
Tugas kelompok siswa:[MataPelajaran_TugasKe_Kelas_NamaKelompok]
Tugas kelompok Mahasiswa[MataKuliah_TugasKe_NIM_NamaKelompok]

Contoh Kata-Kata Mengirim Tugas ke Guru Dan Dosen

Seperti ketika bertemu secara langsung, kita harus selalu menghormati guru dan dosen kita. Termasuk dalam mengirim tugas. Jadi perhatikan isi email yang dikirimkan supaya selalu sopan dan beradab ya.

Ikuti saja beberapa contoh kata-kata mengirim tugas di bawah.

Contoh Kata Kata Email Tugas dari Siswa ke Guru 1

Assalaamualaikum Wr. Wb.

Saya yang Bernama:

Nama: Eka Trimulyana
Absen: 2
Kelas: 7A

Dengan ini mengirimkan tugas kelas Matematika
terima kasih atas perhatiannya.

Halaman Selanjutnya
Contoh Kata Kata Email Tugas...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *