17 Arti Status Pengiriman Paxel di Indonesia (+ Contoh & Istilah)

Anisa 13 Jul 2022 4 Menit 0

Sebelum memperluas ide bisnis otomotif menggunakan jasa pengiriman instan dan same day, kenali dulu istilah-istilah serta arti status pengiriman Paxel saat ini!

Tujuannya adalah untuk memaksimalkan usaha dan menarik pelanggan sebanyak mungkin di masa depan.

Yups, sebagai bentuk pengembangan dan optimasi sistem pick up, Paxel juga memberikan form khusus cara mengajukan komplain dan klaim apabila terjadi masalah sewaktu-waktu pada paket.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi dalam menyelesaikan beberapa kendala.

Nama dan Istilah dalam Paxel

Sebelum mengenal lebih jauh tentang arti status pengiriman Paxel, ketahui terlebih dahulu yuk beberapa istilah yang digunakan oleh ekspedisi barang yang satu ini!

1. Hero

Hero merupakan sebutan bagi kurir Paxel yang bertugas di lapangan untuk menjemput dan mengirim paket.

Apabila Anda memerlukan bantuan dan menyimpan beberapa pertanyaan seputar cek resi Paxel, bisa menanyakannya secara langsung pada Hero tersebut.

Tentu saja saat kurir datang ke rumah untuk mengambil barang yang mesti di-pick up.

Ingat! Hero yang mengambil barang ke rumah juga bisa saja berbeda orang setiap harinya.

2. Nomor AWB

Cek nomor resi paxel

Credit by paxel

“AWB merupakan singkatan dari Air Way Bill yang dapat diartikan sebagai Surat Muatan Udara. Maksudnya adalah bukti atau dokumen penanda bahwa barang dalam proses pengiriman.”

Tidak semua jasa ekspedisi di Indonesia menggunakan istilah AWB untuk melacak keberadaan paket.

Sebut saja seperti JNT, Anteraja, dan SiCepat.

Sementara penggunaan istilah AWB sering ditemukan ketika customer ingin cek resi ID Express, SAP, dan Paxel.

Jadi, sebenarnya nomor AWB juga bisa disebut dengan nomor resi.

Contoh nomor resi Paxel atau nomor AWB: EM.AYTMJIOSYY-20221712-8-8GPL1H

Sudang tidak bingung lagi kan dengan penyebutan keduanya?

3. Customer Empathy (CE)

Cs paxel

Credit by paxel

Walaupun di berbagai layanan nama Customer Service lebih mendunia, akan tetapi Paxel menetapkan pusat bantuan untuk para penggunanya adalah CE (Customer Empathy).

Customer Empathy dianggap lebih dekat dan mampu merasuk ke dalam sisi psikologis konsumen.

Terutama para Paxel user yang tengah menghadapi berbagai kendala pengiriman paket.

Walaupun belum begitu umum, akan tetapi nama CE memang hanya lekat bagi penggunanya saja.

Berikut beberapa hal yang bisa diadukan oleh pengguna pada Customer Empathy Paxel:

  • Mengganti, memperbarui, dan memperbaiki data pribadi bila diperlukan
  • Membutuhkan rincian seluruh riwayat transaksi pengiriman barang demi keperluan suatu hal
  • Adanya penggunaan data pribadi oleh akun mencurigakan dan oknum tidak bertanggung jawab yang akan merugikan diri sendiri serta pihak Paxel
  • Terjadinya misinformasi dengan kurir Paxel dan masalah sulit diselesaikan
  • Memberikan keluhan, saran, dan kritik yang dapat membantu memperbaiki sistem operasional Paxel di masa depan

4. Loker

Paxel juga menyediakan loker dengan sistem teknologi canggih bernama smart locker.

Penggunaan loker dimaksudkan agar barang atau paket milik customer Paxel tetap aman dan fresh.

Terutama mereka para pemiliki bisnis makanan dan kuliner, yang dianggap tidak bisa terlalu lama bertahan di suhu ruangan lebih dari 14 jam.

Loker juga berfungsi agar pengiriman dan pengantaran paket berjalan lancar tanpa adanya komplain maupun kerugian yang dialami oleh pengguna.

Sekarang pun Paxel sudah tersedia untuk melayani paket di berbagai marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

5. Reward Challenge

Istilah yang baru-baru ini ramai di antara pengguna Paxel yakni reward challenge.

Keberadaan fitur baru berupa reward challenge (tantangan berhadiah) diperuntukkan bagi setiap pengguna yang telah menggunakan Paxel sebagai layanan pengiriman barang.

Kinerjanya hampir sama dengan aplikasi GoJek yang akan memberikan reward dari setiap terjadinya transaksi.

Apabila pengguna dapat menyelesaikan tantangan dalam waktu yang ditentukan oleh Paxel, maka status member atau reward akan naik.

Setelah terkumpul, reward bisa dicairkan atau dimanfaatkan oleh pengguna.

Namun, jika melewati masa penggunaan (biasanya 3 hari), maka reward akan hangus.

Sayangnya bagi member PaxelinClub tidak dapat mengikuti program ini.

6. Transit

Lokasi atau titik transit berarti keberadaan paket saat real time.

Dengan kata lain, disebut juga titik pemberhentian paket sementara sebelum akhirnya sampai ke tangan penerima.

Jika pengguna menemukan status seperti ini, berarti paket masih berada di lokasi transit.

Hampir seluruh ekspedisi yang beroperasi di tanah air juga menggunakan istilah “transit” untuk menandakan keberadaan paket saat hendak berangkat dan setelah sampai di kota tujuan.

Daftar Arti Status Pengiriman Paxel

Banyak istilah yang digunakan dalam pengiriman paket Paxel.

Bagi pengguna baru mungkin masih awam, sehingga perlu mempelajarinya.

Istilah pengiriman barang paxel

Credit by mediakonsumen/rini

Inilah daftar dan istilah lengkapnya!

NoIstilah Pengiriman PaxelArti Status Pengiriman
1Hero akan menjemput paketmuPermintaan pick up paket telah diterima dan Hero yang bertugas akan mengambilnya
2Hero menuju lokasi tujuanKurir akan segera datang menuju tempat penjemputan paket
3Hero sedang menjemput paketmuKurir Paxel sedang dalam perjalanan mengambil paket customer
4Hero telah tiba di lokasi penjemputanHero sudah sampai di titik lokasi penjemputan barang milik pihak pengirim
5Hero akan mengantarkan PaketmuPaket akan dijadwalkan oleh kurir Paxel dan segera diantarkan ke pihak penerima
6Paketmu telah sampai di lokasi sorting kamiPaket milik pengirim sudah berada di dalam gudang Paxel & akan disortir terlebih dahulu sebelum dikirim
7Paketmu sedang berada di lokasi transitPaket berhenti sementara di lokasi gudang transit Paxel dan akan segera dikirim ke alamat penerima
8Paketmu telah tiba di loker tujuan. Hero akan segera mengantarkannyaPaket dimasukkan ke dalam loker penitipan barang, kemudian Hero akan mengantarkannya ke pihak penerima
9Paketmu sudah diterima HeroMenandakan bahwa sedang dibawa oleh kurir Paxel
10Paketmu telah berhasil dibawa Hero ke lokasi tujuanPaket sukses diantar oleh Hero ke pihak penerima
11Paket belum berhasil diantar Hero karena kesalahan lokasiPaket akan diatur dan dikirim kembali oleh Hero yang bertugas karena sebelumnya terjadi kesalahan dalam menentukan lokasi tujuan
12Paket gagal dikirimPaket belum terkirim karena adanya masalah selama pengiriman akibat beberapa faktor penyebab
13Terima kasih atas pesanannya. Pesanan akan segera diprosesPermintaan telah diterima oleh Paxel dan akan segera dijadwalkan untuk proses berikutnya
14Kiriman telah tiba ditujuanPaket sudah sampai di lokasi tujuan (rumah pihak penerima)
15Paketmu telah di-update dari M ke LStatus paket telah diperbarui dari semula berukuran medium (sedang) ke ukuran L (large atau besar)
16Our full service now is only available in the city areas of JABODETABEKLayanan pengiriman paxel belum berada di wilayah milik pengirim (di luar jangkauan paxel)
17Paket diubahAda perubahan paket (Bisa ukuran, rute, pengiriman, dan lain-lain)

Gagalnya paket terkirim bisa diakibatkan oleh beberapa sebab.

Misalnya saja kemasan rusak dan tidak mampu melindungi barang selama perjalanan berlangsung.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengguna mempelajari dan menerapkan cara packing barang yang aman dan tepat supaya barang tidak rusak.

Penyebab lainnya yaitu salah tag lokasi atau maps, typo saat input nomor penerima, dan sebagainya.

Penutup

Istilah dan arti status pengiriman Paxel bisa saja mengalami perubahan atau pembaruan.

Tergantung sistem dan inovasi yang dikembangkan oleh pihak terkait.

Namun, untuk beberapa hal mengenai topik kali ini, Anda bisa menanyakannya di @Pintarjualan.id via Instagram atau meninggalkan komentar lewat artikel di blog.

Yuk, segera sampaikan pertanyaan dan keluh kesahmu!

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *