Apa itu Qontak? Qontak adalah aplikasi CRM yang diluncurkan oleh PT Mid Solusi Nusantara untuk membantu meningkatkan omzet penjualan dan mengembangkan usaha.
Dengan aplikasi ini, para pengusaha dapat meningkatkan kualitas pelayanan, mengelola data perusahaan, mempromosikan bisnisnya, dan lain-lain.
Selain itu, Qontak juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis Omnichannel agar pemilik usaha lebih mudah memantau kinerja bisnisnya.
Nah, seperti apa Qontak itu? Kamu bisa baca penjelasan, fungsi, dan cara menggunakannya di bawah ini!
1. Pengertian Qontak
Mekari Qontak adalah aplikasi CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan) yang diluncurkan oleh Mekari untuk pelanggan agar dapat memaksimalkan penjualan, pelayanan, dan performa bisnisnya dalam jangka waktu yang lama.
Misalnya saja dengan mengelola aktivitas penjualan yang meliputi perencanaan, penjadwalan, serta cara promosi agar produk menarik banyak pembeli.
Beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan apabila berlangganan, antara lain:
- Menu Dashboard untuk mengatur dan menciptakan kolaborasi tim yang efektif dan efisien
- Tersedia aplikasi atau fitur Chatbot otomatis agar selalu terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan pelayanan konsumen
- Mengirim pesan secara massal (bersamaan sekaligus) yang dapat dipersonalisasi
- Memunculkan laporan terbaru untuk membuat dan menentukan keputusan bisnis yang efektif
Aplikasi ini bisa jadi solusi bagi pemilik bisnis di bidang pendidikan, perbankan, perhotelan, logistik, ritel, outsourcing, bisnis tour and travel, dan lain-lain.
Nah, agar lebih paham lagi, kamu bisa mengenali beberapa fitur Qontak yang cukup useful untuk mengembangkan bisnis!
2. Fitur Qontak
Sudah paham kan apa itu Qontak? Selanjutnya, mari cari tahu terlebih dahulu fitur aplikasi Qontak by Mekari!
ADVERTISEMENTS
2.1. Aplikasi CRM
Fitur ini mampu meningkatkan performa penjualan hingga 75%, karena pemilik usaha dapat mengakses data pelanggan secara tak terbatas.
Pemilik bisnis juga dapat melakukan otomatisasi dan mengelola interaksi dengan pelanggan secara real time.
ADVERTISEMENTS
2.2. Sales CRM
Dengan fitur sales CRM, kamu dapat memonitor dan mengelola seluruh aktivitas penjualan dengan mudah.
Kamu juga bisa melihat laporan penjualan secara komprehensif dan serta mengkustomisasi aplikasi.
ADVERTISEMENTS
2.3. Customer Service
Fitur ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki bisnis berbasis teknologi dan ingin terhubung dengan pelanggan selama 24/7.
Apalagi dengan fitur CS bisa menghemat pengeluaran hingga 60%.
ADVERTISEMENTS
2.4. Omnichannel
Seperti namanya, para pebisnis bisa menggabungkan, menghubungkan, dan mengintegrasikan Qontak dengan aplikasi Omnichannel lainnya.
Tujuan supaya dapat memantau penjualan dalam satu channel, jadi tidak perlu membuka aplikasi satu per satu.
2.5. Cloud Call Center
Fitur Cloud Call Center biasanya digunakan untuk beberapa industri telekomunikasi yang harus melayani customer selama 24 jam.
Para pengusaha dapat memaksimalkan layanan hingga 80% agar pelanggan tidak kabur.
Selain lima fitur tersebut, masih ada fitur WhatsApp API, Instagram API, dan AI Chatbot yang sangat membantu pengguna untuk meningkatkan brand, kepercayaan konsumen, dan penjualan.
Baca Juga
3. Fungsi Aplikasi Qontak
Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi Qontak dapat diakses menggunakan smartphone maupun PC/laptop yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan usaha.
Tujuannya agar pengusaha jauh lebih produktif dan mampu merampingkan aktivitas bisnisnya, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai rencana.
Makanya sekarang banyak pengusaha melirik aplikasi CRM Qontak karena dinilai mampu mendatangkan banyak keuntungan.
Memangnya apa saja fungsi aplikasi Qontak?
- Menangani kebutuhan, komplain, keluhan, dan protes dari pelanggan agar lebih efisien
- Mencatat berbagai aktivitas dan aspek penjualan
- Menganalisis kebutuhan pelanggan lewat interaksi dan chat setiap harinya
- Mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan marketing
- Merilis informsi berdasarkan hasil penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan
- Menjaga loyalitas pelanggan
- Sebagai senjata untuk memaksimalkan pemasaran
- Bisa jadi pengganti email marketingpada waktu tertentu
- Mempercepat penjualan dan pelayanan pada pelanggan, khususnya saat permintaan sedang naik
4. Cara Menggunakan Aplikasi Qontak
Setelah mengetahui apa itu Qontak, kamu dapat mempelajari cara menggunakan aplikasi Qontak seperti berikut ini!
4.1. Cara Login Qontak via Web (PC)
Inilah cara pemakaian Mekari Qontak via web:
- Pertama, buka qontak.com lewat mesin pencarian kamu
- Klik login di pojok kanan atas
- Masukkan username dan kata sandi
- Klik Sign in
- Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan ke tampilan utama yakni Dashboard Qontak
- Barulah kamu bisa mengakses seluruh fitur CRM Qontak
4.2. Cara Login Qontak via Aplikasi (HP)
Pada cara kedua ini, pastikan kamu sudah donwload aplikasi Qontak di Play Store atau Apple Store ya.
Begini cara menggunakan Qontak via smartphone!
- Buka aplikasi Qontak
- Masukkan username dan password Qontak
- Klik Login
- Setelah berhasil masuk, akan muncul tampilan chat Qontak
- Selanjutnya kamu bisa mengakses fitur Dashboard, Live GPS, Dokumen, Produk, Notifikasi, dan lain-lain
Catatan:Dua cara di atas dapat kamu ikuti apabila sebelumnya sudah berlangganan Qontak Mekari ya.
Sebaliknya, kalau kamu belum punya akun Qontak, bisa klik Coba Gratis dan eksplor beberapa fitur di dalamnya.
Oh iya, harga Qontak mulai dari Rp749 ribu per bulan untuk pemula, Rp1.499.000,00 per bulan untuk profesional, dan Rp3.499.000,00 per bulan untuk bisnis.
FAQ
Apa fungsi aplikasi Qontak?
Mekari Qontak adalah aplikasi CRM yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan bisnis serta hubungan dengan para pelanggan, mencapai target pemasaran, dan meningkatkan performa penjualan dalam waktu cukup cepat.
Apa itu WA Blast pada fitur WhatsApp API Qontak?
Dengan menggunakan WhatsApp API, pebisnis dapat memanfaatkan fitur WA Blast, yakni sebuah fitur untuk membagikan pesan broadcast pada ratusan hingga ribuan customer dalam satu klik tanpa harus menyimpan nomor mereka.
Akhir Kata
Sudah tahu kan apa itu Qontak? Nah, dengan adanya aplikasi CRM (Customer Relationship Management) semoga kamu bisa membesarkan bisnis yang sedang dikembangkan ya.
Upayakan agar selalu memberikan service terbaik ke pembeli agar mereka mau melakukan repeat order dan tetap setia pakai produk atau jasa kamu!
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar peluang bisnis dan media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber:qontak by Mekari – https://qontak.com/blog/