Layanan door to door dalam pengiriman mungkin masih asing bagi sebagian pengusaha, karena lebih banyak yang memikirkan cara menjual dan mengirim barang ke luar negeri.
Padahal sebenarnya sistem ini sangat menguntungkan bagi pihak importir yang ingin membuat pengelolaan keuangan makin efektif dan efisien.
Terutama bagi para pengusaha yang ingin sukses dan mendunia.
Walaupun belum begitu umum di telinga masyarakat, akan tetapi door to door sangat erat kaitannya dengan dunia cargo.
Door to Door dalam Dunia Ekspedisi
Anda bisa mengetahui sistem dan proses door to door dengan membaca penjelasan berikut!
Pengertian Door to Door
Door to door adalah sebuah layanan dari jasa pengiriman barang yang akan menjemput paket ke lokasi yang sudah ditentukan oleh pengirim dan akan dibawa menuju tempat si penerima barang.
Dengan kata lain, pihak pengirim hanya perlu membayar biaya ongkir ekspedisi dan cukup menunggu barang sampai diproses hingga selesai.
Layanan ini dinilai sangat menguntungkan dari sisi importir karena mereka tidak perlu ribet mengurus banyak hal.
Sebab, hampir seluruh syarat dan dokumen penting yang dibutuhkan akan diurus langsung oleh jasa penyedia layanan Door to door.
Istilahnya, pengirim hanya terima jadi dan beres.
Layanan door to door sendiri merupakan kebalikan dari port to port (untuk eksportir), sehingga keduanya memang tidak dapat dipisahkan begitu saja.
Nah, umumnya door to door service sering digunakan dalam dunia cargo atau pengiriman barang logistik bermuatan besar.
Apa saja keuntungannya?
ADVERTISEMENTS
Keuntungan & Manfaat pakai Layanan Door to Door
Baca Juga
Pengiriman dan penerimaan barang cargo di area domestik mungkin tidak begitu sulit. Namun bagaimana jika berasal dari luar negeri atau terjadi sistem impor?
1. Proses yang Mudah dan Tidak Singkat
Seperti yang Anda ketahui bahwa mengirim barang dari negara lain membutuhkan proses yang lumayan panjang.
Shipper harus menyiapkan berbagai dokumen untuk melengkapi persyaratan kirim barang.
Sebut saja seperti Bill of Lading, Surat Keterangan Asal, Invoice, Sertifikat Fumigasi, dan masih banyak lagi.
Belum lagi dokumen-dokumen pendukung untuk menambah layanan pengiriman paket tersebut.
Nah, dengan adanya jasa ekspedisi yang menawarkan sistem door to door, pengirim tidak perlu memikirkan secara detil persyaratan tersebut.
Makanya, proses ini pun terbilang lebih singkat dan efisien yang menguntungkan dari segi waktu serta mampu meningkatkan produktivitas bisnis online.
2. Menekan Biaya Impor
Meskipun pada kenyataannya biaya layanan door to door cenderung mahal, akan tetapi bila dilihat dari jumlah barang serta lokasi pendistribusian, tetap jauh lebih terjangkau.
Bagaimana tidak?
Importir tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berkali-kali transit ke titik lokasi pendistribusian barang.
Selain itu, importir juga tidak harus datang ke kantor logistik serta menambah biaya pelayanan yang biasanya ditawarkan oleh sebagian ekspedisi masa kini.
Singkatnya, harga yang ditawarkan biasanya sudah satu paket bersamaan dengan beberapa layanan pendukungnya.
Yups, bagi pengirim hal ini dapat dimanfaatkan sebagai strategi marketing pengiriman barang sekaligus memperbanyak pelanggan.
3. Pengiriman yang Cepat
Kelebihan lain saat menggunakan layanan door to door yakni pengirim tidak perlu khawatir akan proses pendistribusian barang yang lama.
Agen atau kurir akan mengambil barang dari lokasi penjemputan yang sudah disepakati.
Apalagi biasanya harga yang ditawarkan...