Ide Bisnis di Pasar Malam yang Mendatangkan Banyak Pembeli

Anisa 18 Oct 2024 4 Menit 0

Apa saja ide bisnis di pasar malam yang paling banyak diminati oleh pengunjung? Kamu bisa mencari tahunya di sini! Ada berbagai usaha dan ide jualan dengan modal kecil yang bisa kamu rintis selama event pasar malam atau night market berlangsung.

Apalagi pasar malam saat ini bukan hanya hadir setiap satu tahun sekali, tetapi juga beberapa kali dalam satu bulan di tempat tertentu. Momen ini dapat kamu manfaatkan untuk mengukur jiwa bisnis kamu, menjalankan bisnis sampingan, dan memanfaatkan peluang yang ada.

Nah, kira-kira apa saja jenis ide usaha yang cocok dibuka di pasar malam? Berikut rekomendasinya!

9 Ide Bisnis di Pasar Malam dengan Modal Kecil

1. Jasa Kegiatan Mewarnai

Ide bisnis menggambar

Ide bisnis di pasar malam yang cukup menjanjikan dan tidak pernah sepi adalah kegiatan mewarnai. Kamu bisa memulai bisnis dengan modal kecil yang satu ini dengan menyediakan:

  • Styrofoam bergambar yang bisa kamu beli per pcs Rp1500-Rp2000 saja atau paketan yang lebih murah
  • Palet, kuas, dan cat air botolan dengan harga sangat terjangkau
  • Kursi pendek untuk duduk para pengunjung dengan harga Rp10 ribuan

Dengan modal ratusan ribu saja, kamu sudah bisa memulai bisnis kegiatan mewarnai ini di pasar malam. Biasanya, tarif atau harga menggambar per orang akan dibanderol Rp10.000-Rp15.000. Bayangkan saja, jika dalam satu malam kamu mendapatkan 15 pengunjung, berarti kamu sudah mengumpulkan Rp150.000-Rp225.000.

ADVERTISEMENTS

2. Memberi Makan Hewan

Siapa yang menyangka kalau bisnis kegiatan memberi makan hewan ini juga ada di pasar malam lho! Tentunya hewan yang dimaksud di sini adalah kelinci.

Kegiatan memberi makan kelinci menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka dapat pengalaman baru. Selain itu, kegiatan memberi makan hewan di pasar malam juga terbilang murah bagi para orang tua jika dibandingkan harus pergi ke kebun binatang dengan tiket masuk per orang Rp20 ribu.

Namun untuk memulai bisnis kegiatan memberi makan kelinci, kamu harus menyediakan rumah buatan dengan ketinggian tertentu agar hewan tidak keluar dari kandang, jerami, serta paket makanan hewan (wortel, kubis, sawi, dan sebagainya).

ADVERTISEMENTS

3. Lempar Bola Berhadiah

Ide bisnis di pasar malam

Di tengah kondisi perekonomian negara yang sedang tak pasti dan banyaknya kegiatan sehari-hari yang membuat lelah batin hingga stres, masyarakat Indonesia berusaha untuk tetap menikmatinya dengan cara-cara sederhana. Salah satunya dengan pergi ke pasar malam dan memainkan game lempar bola berhadiah.

Gim lempar bola sebenarnya terbilang simple, tetapi tidak semua orang mampu melakukannya karena diperlukan keakuratan dan kejelian mata yang baik. Entah anak-anak maupun dewasa biasanya suka memainkan gim ini karena tertarik dengan hadiahnya dan menyenangkan.

Jadi kalau kamu tertarik ide bisnis di pasar malam yang satu ini, maka perlu menyiapkan kaleng bekas, bola, kursi, dan beberapa hadiah yang akan diberikan pada pengunjung jika mereka berhasil mencapai target sesuai ketentuan/aturan main. Hadiah yang dimaksud seperti boneka, permainan zaman dulu, uang Rp10 ribuan, dan sebagainya.

ADVERTISEMENTS

4. Main Pasir Kinetik untuk Anak

Rata-rata pengunjung yang datang ke pasar malam didominasi oleh anak-anak dan remaja yang sedang mencari hiburan, sehingga ide bisnis di pasar malam yang bisa kamu coba adalah mainan pasir kinetik.

Kenapa pasir kinetik? Karena anak-anak menyukainya dan membentuknya menggunakan cetakan, main truk pasir, dan sejenisnya. Apalagi dari segi bisnis, harga pasir kinetik sangat terjangkau (Per kilo mulai dari Rp22 ribu) dan mudah dikemas maupun dikelola dalam waktu jangka panjang. Warnanya yang beraneka ragam juga menarik bagi anak-anak.

Beberapa peralatan yang dapat kamu siapkan saat membuka bisnis mainan pasir kinetik ialah:

  • Pasir kinetik
  • Meja kecil untuk bermain pasir
  • Alat cetakan pasir dan beberapa mainan pendukung seperti mobil pengangkut, truk, dan sebagainya
  • Kursi untuk duduk
  • Lampu penerang area permainan

ADVERTISEMENTS

5. Bisnis Makanan dan Minuman

Ide bisnis di pasar malam

Bisnis makanan dan minuman dianggap sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan di pasar malam. Bahkan tak semua orang yang datang ke pasar malam ingin menjajal beragam wahana, melainkan hanya ingin berwisata kuliner.

Makanya, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan beberapa makanan. Sebut saja:

6. Jual Pakaian

Selain makanan, ide bisnis di pasar malam yang bisa kamu coba adalah usaha jual pakaian atau fashion wanita seperti daster, blazer, outer brukat, cardigan dan sebagainya.

Jual pakaian di pasar malam juga cukup mendatangkan cuan meskipun jumlah peminat tak sebanyak pembeli makanan maupun minuman, tetapi kamu bisa mempromosikan baju-baju tersebut dengan memajang harganya secara langsung di setiap shaf gantungan.

Selain itu, cobalah untuk jualan di TikTok Shop Live untuk mengundang para pembeli dari luar kota agar mendatangi lokasimu berjualan di pasar malam tersebut.

7. Jual Ikan Hias

Jualan ikan hias di pasar malam juga bisa menjadi ide bisnis yang menghasilkan cuan karena peminatnya bukan anak-anak saja tetapi juga orang tua. Ya, ikan hias umumnya dibeli pengunjung sebagai oleh-oleh atau kenangan usai menghabiskan waktu di pasar malam bersama keluarga mereka.

Ikan hias yang dijual pun kebanyakan meliputi: ikan emas, ikan komet, ikan cupang, dan bibit ikan nila dengan harga jual mulai dari Rp5.000 per ekor. Kamu pun dapat kulakan atau membeli ikan-ikan tersebut di pasar ikan dengan harga Rp2.000 per ekor, sehingga keuntungan yang kamu dapatkan dari setiap penjualan Rp3.000.

Namun perlu diingat ya, menjual ikan hias juga harus dibarengi dengan berjualan pakan ikan. Selain itu, pastikan tempat berjualan tidak memiliki suhu yang terlalu panas, sehingga ikan tak mudah mati.

8. Buket Bunga

Ide bisnis di pasar malam

Sudah bukan rahasia lagi kalau berjualan buket bunga custom di pasar malam atau night market dapat memberikan pemasukan yang lumayan menuntungkan. Mengapa buket bunga? Karena banyak pasangan yang menghabiskan akhir pekan atau weekday mereka di pasar malam dan sebagian dari mereka membelikan buket bunga untuk partner tercintanya sebagai tanda sayang & bukti cinta.

Apalagi selama ini, buket bunga dikenal sebagai salah satu hadiah atau kreasi yang cukup mahal jika membelinya di floris shop. Hadir dengan konsep simple serta lebih terjangkau, bisnis buket bunga custom sangat diminati oleh anak-anak muda untuk mencari penghasilan tambahan.

Makanya, kalau kamu sedang mencari ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan, cobalah berjualan buket bunga di pasar malam.

9. Foto Bareng Kucing

Ide bisnis yang kesembilan ini memang unik dan terkesan mengada-ada, tetapi memang ada lho! Berfoto dan memegang kucing bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menyenangkan dan mampu mengobati rasa stres, rasa penasaran, juga sebagai bagian dari usaha untuk menyembuhkan ketakutannya terhadap kucing.

Biasanya pemilik kucing akan meletakkan kucing di sekitar mereka membuka lapak dan memberikan pemberitahuan melalui tulisan “Foto bareng Micho (Nama kucing) hanya Rp5.000”.

Kalau kamu punya kucing ras atau domestik yang menggemaskan, coba deh ajak kucing kamu untuk membuka bisnis foto bareng hewan atau sekadar mejeng di pasar malam!

Namun jangan lupa ya, untuk tetap memperhatikan kesehatan dan kehidupan kucing yang kamu pelihara supaya mereka tetap sehat.

Akhir Kata

Selain sembilan ide bisnis di pasar malam yang kami sebutkan di atas, masih ada beberapa usaha lainnya yang bisa kamu coba. Seperti berjualan photo card artis K-Pop, jualan gantungan kunci, mainana jadul, phone strap, dan lainnya.

Atau kamu juga bisa membacanya melalui artikel lain yang membahas seputar daftar bisnis untuk pelajar dengan modal kecil sebagai bahan referensi tambahan.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *