Advertisement

Peluang Usaha Bisnis Jualan Sempol Ayam [+Analisis Modal & Omsetnya]

Diterbitkan pada
12 April 2022
Waktu membaca
5 Menit

Tahukah kamu, peluang usaha bisnis jualan sempol ternyata sangat menguntungkan, lho! Walaupun kelihatannya sepele, namun makanan sempol merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia.

Sempol sendiri merupakan jajanan yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Rasanya yang gurih dan kenyal dari tepung tapioka, dicampur adonan ayam giling yang menjadikan makanan ini sangat nikmat.

Selain itu, biasanya sempol dimakan dengan saus pedas atau sambal kacang. Bisnis ini banyak kita temui di pinggir jalan dengan gerobak kecil. Jajanan ini bisa menjadi salah satu ide usaha sampingan yang menjanjikan.

Jika kamu telaten dalam membangun bisnis jualan sempol, maka tidak heran jika omset yang kamu terima bisa melebihi gaji PNS sekalipun.

Buat kamu pemula yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis sempol hingga analisa modal dan keuntungannya, bisa simak panduan bisnis dibawah ini, ya!

Peluang Usaha Bisnis Jualan Sempol Ayam

Ada beberapa alasan mengapa bisnis jualan sempol sangat berpeluang besar saat ini, antara lain :

  • Salah satu jajanan favorit semua kalangan baik anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua.
  • Target pasar yang mudah didapatkan.
  • Keuntungan yang menjanjikan.
  • Bisnis yang tidak rumit dalam hal strategi pemasaran maupun cara memulainya.
  • Modal yang dikeluarkan kecil.

Tapi, perlu diketahui kelemahan bisnis sempol ayam ini sangat banyak kompetitornya. Jadi kamu harus pintar dalam berinovasi dan berkreatifitas.

Peluang emas diatas merupakan kesempatan yang bagus untuk mendapatkan cuan yang maksimal. Untuk itu, ada beberapa tips dan trik cara memulai bisnis sempol supaya bisa laris manis.

Penasaran bagaimana caranya? Simak di part selanjutnya dibawah ini, ya!

Tips & Cara Memulai Bisnis Sempol Ayam Agar Laris Manis

usaha sempol ayam

Setelah mengetahui peluang-peluang diatas, apakah tertarik untuk jualan sempol ayam? Jangan khawatir, kamu punya panduan bisnis untuk memulainya.

Nah, supaya bisnis sempol ayam milikmu laris manis, simak tips dan cara memulainya berikut ini :

1. Rancangan Bisnis

Langkah pertama yaitu membuat rancangan bisnis. Konsep bisnis sempol bisa dimulai dengan 2 cara yaitu :

  • Memulai bisnis dari awal dengan brand sendiri,
  • Membelifranchise makanan (paket usaha sempol ayam).

Supaya hasilnya lebih maksimal, ada baiknya memulai bisnis sempol dengan brand sendiri. Supaya keuntungan yang didapatkan tidak perlu dibagi seperti sistem kemitraan.

Tapi memang memulai dengan brand sendiri memang tidaklah mudah. Supaya brand sempol kamu bisa mudah diterima masyarakat, kamu bisa merancang bisnis sempol dengan cara berikut ini :

  • Buatlah rancangan karakteristik sempol yang berbeda. Bisa dari desain gerobak yang menarik, nama brand sempol yang sederhana, dan varian menu sempol.
  • Tentukan harga yang wajar, kalau perlu lakukan riset di pasar dulu.
  • Menarget pasar dengan tepat sasaran. Apakah siswa sekolah, mahasiswa. tempat wisata, atau jalan umum.

Rancangan bisnis diatas penting dilakukan supaya bisnis sempol milikmu bisa berkembang dengan cepat.

2. Membuat Resep Terenak dan Terbaik

Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu membuat resep yang paling enak dan bisa diterima oleh masyarakat. Walaupun kamu masih pemula, jangan khawatir ya. Membuat sempol ini caranya sangat mudah dan gampang untuk dipelajari.

Untuk itu, kamu perlu mengumpulkan berbagai hal mengenai sempol. Karena sempol ini merupakan jajanan khas Malang, Jawa Timur pastikan kamu juga membuat resep asli seperti daerah asalnya.

Supaya mendapatkan resep yang terbaik, kamu bisa belajar lewat internet, youtube, maupun kepada ahlinya. Untuk mendapatkan rasa terbaik memang diperlukan uji coba beberapa kali. Maka dari itu, tulis resep dengan detail supaya kamu tidak lupa, ya!

3. Saus adalah kunci

Selain rasa sempol ayam yang enak, saus merupakan kunci utama yang tidak boleh disepelekan. Kebanyakan orang menyukai sempol karena sausnya juga cocok.

Jangan sampai kamu menggunakan saus yang abal-abal, ya. Sebaiknya gunakan saos pedas yang bermerek kemudian dimasak lagi dengan campuran cabai asli. Dijamin para pembeli akan ketagihan, deh!

Bagi yang tidak suka pedas, kamu bisa membuat alternatif saos lainnya seperti saos tomat atau saus kacang.

4. Lokasi Usaha yang Bagus

Sebenarnya usaha sempol ini bisa dijalankan dimana saja. Namun, supaya lebih tepat sasaran kamu bisa mempertimbangkan hal berikut untuk memilih lokasi usaha yang bagus untuk wirausaha :

  • Ramai pengunjung, bisa pilih di dekat sekolah, universitas, tempat wisata, atau di pinggir jalan yang ramai.
  • Pilih lokasi yang strategis, mudah dilihat dan dijangkau orang.
  • Harga sewa yang wajar.
  • Tersedia lahan parkir untuk pembeli.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *