Repeat order adalah pembelian kedua atau pembelian yang dilakukan secara berulang-ulang oleh konsumen karena merasa puas atas produk tersebut.
Biasanya kepuasan mereka bukan hanya faktor barang atau jasa saja, tetapi juga pelayanan dan nilai plus yang diberikan oleh toko tempatnya membeli.
Kelihatannya menyenangkan sekali ya mendapatkan pembelian berulang ?
Namun ternyata tidak semua pemilik usaha terutama bisnis online sekarang mendapatkan keberuntungan tersebut.
Sebagian lainnya mesti berjuang mati-matian agar mampu meningkatkan persentase jualannya demi mempertahankan eksistensi usaha.
Lalu apa dan bagaimana sih caranya?
1. Apa Arti Repeat Order?
Definisi repeat order diambil dari bahasa Inggris yakni ârepeatâ yang berarti ulang/berulang/mengulang danâorderâ yang dimaknai sebagai pesanan.
Jadi, repeat order adalah sebuah pemesanan kembali yang berasal dari konsumen dalam jangka waktu tertentu.
Biasanya mereka yang melakukan pemesanan kembali atau berulang merasa sudah srek atau puas terhadap produk tersebut.
Para konsumen juga biasanya adalah pelanggan setia yang sudah lama berlanggan dan mendapatkan treatment (perlakuan) khusus dari tempat mereka memesan.
Fenomena seperti ini dapat kita jumpai pada online shop populer yang ada di marketplace dengan rating di atas 4.5 dan telah menyelesaikan pesanan melampaui 2000 transaksi.
Sebenarnya, apa sih manfaat repeat order bagi seller atau pemilik usaha?
2. Manfaat dan Fungsi Repeat Order bagi Seller
Baca Juga
Bagi para penjual dan pemilik bisnis, banjir orderan dapat diartikan sebagai rezeki berlimpah yang menguntungkan.
Selain itu, mereka juga akan merasakan manfaat sekaligus fungsi yang signifikan dalam jangka panjang.
ADVERTISEMENTS
2.1. Meningkatkan Nilai Brand dan Citra Bisnis
Sadar atau tidak, ketika pemesanan berulang datang dari konsumen, maka secara tidak langsung citra dan brand perusahaan juga turut naik.
Artinya berbanding luru dan promosi yang dilakukan dianggap tepat sasaran serta berhasil.
Kesempatan ini tentu membuat calon customer yang lain akan berpikir kalau pembeli dari suatu toko sangat banyak, artinya bisnisnya dapat dipercaya.
Bukan sekadar memberikan kuantitas, tetapi juga menyuguhkan kualitas.
Otomatis citra perusahaan atau online shop tersebut dipandang baik oleh masyarakat terutama pembeli.
Benar, bukan?
ADVERTISEMENTS
2.2. Mempertahankan Karyawan dan Pelanggan
Masuknya orderan yang cukup tinggi atau kontinyu pastinya akan membuat bisnis terus bertahan.
Itu berarti, karyawan atau tenaga kerja di dalamnya berkemungkinan tidak akan mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara sepihak.
Sebaliknya, perusahaan malah bisa jadi akan menambah karyawan atau menaikkan gaji mereka setiap bulannya.
Sebab, ketika profit dan omset naik, maka arus keuangan juga akan berjalan stabil.
Nah, selain karyawan, perusahaan juga telah membuat para pelanggannya untuk tetap setia menggunakan produk yang mereka jual.
Lalu, perusahaan juga dapat memanfaatkannya untuk menggaet calon customer lain yang menjadi target usahanya.
Keren, bukan?...