Beberapa project management tools dapat digunakan untuk mencapai tujuan bisnis suatu perusahaan maupun individu lewat pengukuran serta pengelolaan yang sistematis.
Sebut saja mulai dari Trello hingga Monday.com. Keduanya merupakan alat manajemen proyek yang digunakan oleh sebagian besar individu (freelancer) hingga perusahaan.
Cara kerja software/platform/aplikasi/alat ini tidak jauh berbeda dengan social media management tools yang berfungsi untuk mengelola media sosial. Hanya saja alat manajemen proyek fokus pada seluruh pekerjaan berdasarkan target, baik waktu, pembiayaan, dan lain-lain.
Lantas apa saja alat project management terbaik yang direkomendasikan saat ini untuk mengelola proyek berbasis online?
1. Apa itu Project Management Tool?
Project Management Tools (Alat manajemen proyek) adalah alat atau software yang dibuat dan diperuntukkan bagi individu, tim, maupun perusahaan untuk yang membantu merencanakan, melaksanakan, mengatur, mengelola, dan memantau proyek secara efisien.
Alat ini digunakan untuk memfasilitasi beragam aktivitas manajemen yang melibatkan komunikasi, kolaborasi, pengerjaan tim, dan sebagainya saat proyek dilaksanakan.
Berbeda dengan Social Media Analytics Tools yang fokus pada proyek media sosial, alat manajemen proyek mencakup seluruh goals perusahaan.
Ada pun fungsi Project Management Tools bagi perusahaan:
- Mengatur dan mengelola tugas seperti menetapkan jadwal, progress pengerjaan proyek, dan memantau berbagai kendala
- Kolaborasi antar tim dengan menyediakan fitur sharing, editing, saving, dan lain-lain agar kerja sama antar anggota tim berjalan dengan lancar
- Mengalokasikan sumber daya perusahaan dengan tepat
- Menganalisis dan melaporkan hasil pengerjaan proyek
- Pelacakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama menjalankan proyek
Kalau kamu sedang menjalankan berbagai strategi bisnis lewat beragam proyek, coba gunakan project management tools yang kami rekomendasikan di bawah ini.
2. Rekomendasi Project Management Tools untuk Memantau Progress Proyek
Berikut daftar project management tools yang direkomendasikan bagi para freelancer dan perusahaan berbagai skala:
ADVERTISEMENTS
2.7. Basecamp
Basecamp adalah aplikasi atau platform manajemen proyek yang fokus membantu pengguna atau perusahaan kecil dan menengah seperti UMKM agar dapat berkembang setiap hari dengan menyatukan seluruh proyek dalam satu halaman.
Tujuannya agar seluruh pihak yang terlibat dalam proyek dapat melihat setiap progres, merevisi pekerjaan, dan mengomentarinya di halaman yang sama.
Platform ini sangat direkomendasikan karena pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti:
- Dapat mengunggah atau membuat proyek yang tidak terbatas (limitless).
- Notifikasi secara real time setiap ada anggota yang mengirimkan tugas/meminta revisi/chat, dll
- Mengatur notifikasi agar pengguna tidak terganggu oleh notifikasi yang datang di luar jam kerja
- Melakukan penjadwalan proyek sesuai pihak yang terlibat
Ingin perencanaan strategi pemasaran UMKM bisa selesai tepat waktu? Coba pantau pakai Basecamp ini.
ADVERTISEMENTS
2.6. Asana
Asana adalah alat manajemen proyek asal Fransisco, Amerika yang menyediakan layanan bagi individu atau perusahaan untuk mengatur, melacak, dan melaporkan kinerja proyek yang sedang dijalankan dalam periode waktu tertentu.
Dengan Asana ini, berbagai divisi di dalam perusahaan dapat dimasukkan ke dalam satu timeline sekaligus atau satu halaman. Mulai dari divisi IT, marketing (pemasaran), bagian sales, dan seluruh pihak yang bertanggung jawab dalam proyek tersebut.
Kelebihan dari Asana adalah platform ini sudah didukung teknologi AI yang dapat membantu pekerjaan pengguna agar cepat selesai, memperbaiki atau merevisi atas permintaan klien, dan tentunya mencapai tujuan bisnis yang efektif dan efisien.
Contoh:Kamu ingin merencanakan proyek kerja mengenai suatu produk yang akan diluncurkan oleh perusahaan beberapa bulan ke depan. Nah, kamu bisa meminta AI Asana untuk menuliskan ide-ide yang inspiratif agar produk tersebut bisa selaras dengan visi & misi perusahaan.
Fitur AI ini bekerja layaknya ChatGPT dalam merespon perintah atau pertanyaan pengguna. Jadi makin canggih banget kan?
ADVERTISEMENTS
2.5. Teamwork.com
Pernah dengar nama Teamwork.com? Project Management Tools satu ini memiliki visi dan misi yang ditujukan pada pengguna agar dapat mengelola proyek dengan mudah, menyenangkan, sederhana, dan pengguna dapat mengoptimalkan sumber daya yang sudah dikeluarkan. Terutama pembiayaan yang sudah digunakan.
Seperti software lain, kamu bisa melacak kinerja, progres setiap proyek, dan perubahan yang dilakukan oleh anggota/tim lain lewat Teamwork.com.
Yang membuat Teamwork ini menarik dan berbeda dari software lainnya adalah tersedianya fitur resource management yang dapat dipakai untuk mengukur serta mengelola sumber daya yang sudah dikeluarkan pengguna atau perusahaan.
Tujuannya agar pengguna dapat menyelesaikan proyek dari klien sesuai dengan jadwal dan budget yang dihabiskan.
Teamwork juga dapat dimanfaatkan untuk memperkirakan waktu selesainya pekerjaan dan pendapatan yang akan diperoleh pengguna. Keren banget kan?
ADVERTISEMENTS
2.4. Jira
Baca Juga
Jira adalah software pengelola proyek yang menggunakan konsep simple dan melengkapinya dengan beragam fitur agar pengguna bisa mempertimbangkan atau pun memperkirakan sendiri kebutuhannya, baik untuk individu maupun berkelompok (tim) dalam suatu perusahaan.
Tools ini terbilang sangat unik karena menghadirkan beberapa fitur yang khas. Contoh saja Scrum boards.
Apa itu? Scrum Boards adalah fitur Jira yang dapat memecah proyek dalam skala besar serta kompleks menjadi beberapa bagian, sehingga tim yang tergabung dalam proyek tersebut bisa lebih fokus, teliti, dan cepat menyelesaikannya.
Selain Scrum Boards, Jira juga memiliki fitur laporan dan insight yang bisa memberikan wawasan tambahan untuk setiap proyek yang kamu kerjakan, sehingga lebih dekat dengan tujuan bisnis yang mau dicapai.
Berbeda dengan aplikasi manajemen proyek kebanyakan, tool atau software ini terbilang ramah pengguna dan recommended untuk perusahaan skala besar.
2.3. Niftypm
Niftypm adalah project management tool yang dapat digunakan untuk menyatukan seluruh pekerjaan antar tim atau anggota dan mendiskusikannya secara real time melalui chat serta panggilan video.
Alat proyek manajemen yang satu ini sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang menggunakan sistem kerja by remote (WFH atau WFA) untuk para karyawannya.
Nah, kelebihan Niftypm yakni terletak pada fitur integrasinya yang dapat dimanfaatkan untuk membuat laporan/catatan/brief dan lainnya melalui Docs serta Wiki.
Selain itu, terdapat pula File Proofing yang bisa dipakai oleh setiap pengguna untuk menyederhanakan atau memperbaiki setiap file proyek berdasarkan komentar yang diberikan oleh klien atau anggota tim lain.
Bisa dibilang Niftypm ini paket lengkap, karena banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pengerjaan proyek serta meningkatkan produktivitas pekerja.
2.2. Monday.com
Monday.com adalah platform berbasis cloud yang menyediakan berbagai layanan, termasuk untuk membuat proyek manajemen sendiri oleh individu maupun perusahaan dengan mudah dan praktis. Singkatnya, setiap pengguna dapat membuat workflow atau alur kerjanya sendiri dengan konsep kustomisasi.
Beberapa perusahaan ternama yang sudah menggunakan layanan serta fitur Monday.com antara lain: Canva, Universal Music Group, Lionsgate, dan lain-lain.
Lalu apa kelebihan dari Monday.com? Platform ini menawarkan kamu opsi yang menarik. Contohnnya, membiarkan pengguna untuk mengukur/memperkirakan, menyesuaikan, dan menyelaraskan setiap alur kerja yang dibuatnya agar mudah dimengerti oleh klien atau seluruh tim.
Selain itu, pengguna juga dapat mensinkronisasikan antara top level management dengan KPI lokal yang tentunya dapat meningkatkan transparansi serta perkembangan perusahaan.
2.1. Trello
Trello merupakan satu dari sekian project management tool yang dapat membantu individu maupun kelompok tim untuk menjadwalkan, mengelola, mengatur, dan memperbarui setiap progress pekerjaan dengan mudah.
Software ini bukan hanya digunakan oleh perusahaan skala kecil atau pun besar, tetapi juga seorang freelancer yang fokus kegiatannya dilakukan secara online.
Trello memiliki 5 fitur andalan, yakni:
- Views, yakni fitur untuk melihat proyek yang dikerjakan oleh satu tim atau kelompok yang sedang berkolaborasi
- Automation, berguna untuk membantu pekerjaan pengguna secara otomatis lewat bantuan Butler
- Powers up, berfungsi untuk menghubungkan berbagai alat yang sering digunakan maupun disukai oleh seluruh anggota dalam tim
- Templates, berisi contoh desain template yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memberikan kemudahan serta ciri khas tersendiri saat mengakses papan Trello
- Integration, digunakan untuk mengintegrasikan Trello dengan aplikasi atau software lain seperti Slack, Jira, Miro, dan lain-lain.
- Tools ini dapat digunakan secara gratis oleh pengguna dengan login atau daftar menggunakan email seperti mendaftar media sosial pada umumnya. Sayangnya versi gratis juga menyediakan fitur yang terbatas. Untuk para content writer dan pekerja online, Trello sangat recommended untuk memberikan transparansi progres kamu saat bekerja sama dengan klien tertentu.
Kalau kamu mau tahu cara menggunakan Trello, silakan baca di blog kami ya.
Dari sekian project management tools di atas, manakah yang mungkin kamu gunakan?
Kesimpulan
Banyak project management tools yang menawarkan segudang fitur dan produk yang bisa membantu setiap individu maupun perusahaan untuk mencapai tujuannya. Terutama ketika menjalankan proyek tertentu.
Nah, saran kami adalah silakan pakai software yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu serta periksa setiap fiturnya melalui website resmi mereka.
Misalnya jika kamu terbiasa pakai plugin ChatGPT untuk bisnis, maka cari alat manajemen proyek yang didukung oleh tenaga AI.
Janganlupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber: Pemaparan di atas diperolehmelalui riset yang dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca