Produk Digital Jadi yang Paling Laris di Tokopedia, Kok Bisa?

Anisa 27 Apr 2023 2 Menit 0

Jika coklat menjadi produk terlaris di Tokopediapada bulan Februari 2023 lalu, kini posisi tersebut ditempati oleh produk digital.

Menurut Carlo Yudhistira Praditya, Kepala Mitra Tokopedia, produk digital atau nonfisik seperti paket data, token listrik, voucher gim, uang elektronik, dan sebagainya sangat diminati oleh pengguna dari berbagai kalangan usia.

Tingginya permintaan pelanggan akan produk tersebut bahkan disebut-sebut mampu melampaui kebutuhan pengguna terhadap produk grosir seperti sembako dan bahan makanan lainnya.

Oleh karena itu, Tokopedia memilih untuk memangkas beberapa fitur pembelian pada kategori produk grosir dan beralih pada peningkatan fasilitas serta layanan yang akan diberikan pada para seller serta mitra Tokopedia agar mampu menjual 21 jenis produk digital di marketplace dengan harga super terjangkau.

Salah satu tujuannya yakni untuk menambah pendapatan penjual serta meningkatkan pengalaman pembeli selama menggunakan aplikasi belanja online terbaik di Indonesia ini.

Selain ingin meningkatkan performa para penjual, kebijakan yang dipilih Tokopedia saat ini agaknya masih berkaitan erat dengan prinsip GoTo sebagai perusahaan yang terbuka akan perubahan serta inovasi teknologi dengan menciptakan bisnis yang sustainable, tetapi fleksibel.

Tokopedia tawarkan produk digital

Sumber: tokopedia. Com

Ada pun 21 jenis produk digital yang dimaksud Tokopedia meliputi, e-wallet (dompet digital), paket internet, voucher game, Top Up GoPay, Dompet Elektronik GoJek, bayar air PDAM, biaya pendidikan, pembayaran tagihan, serta isi ulang lainnya.

Tokopedia berharap bahwa peningkatan layanan dan penyediaan kategori produk digital kali ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menghadapi perubahan, dari semula konvensional menjadi lebih modern lewat sistem digitalisasi.

Walaupun di lapangan menunjukkan banyak masyarakat yang masih struggling untuk membiasakan diri menggunakan aplikasi dan ponsel pintar, akan tetapi Tokopedia yakin jika strategi bisnis ini mampu meningkatkan pertumbuhan platform di masa mendatang.

Hal ini sejalan dengan beberapa hal penting yang disampaikan oleh Carlo Yudhistira.

Kepala Mitra Tokopedia tersebut mengungkapkan jika banyak pengguna yang memanfaatkan fitur bayar biaya pendidikan, bayar e-Samsat, melunasi tagihan internet dan TV kabel di Tokopedia selama kuartal pertama 2023.

Carlo juga menyebut kalau terjadi peningkatan 4 kali lebih banyak apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ini berarti, makin banyak masyarakat yang mengakses dan menggunakan Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan digitalnya sehari-hari atau bulanan.

Selain itu tak sedikit mitra yang terbantu berjualan aneka produk digital usai adanya kebijakan terbaru dari Tokopedia.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Mitra Tokopedia Fokus Tawarkan Produk Digital – https://www.gatra.com/news-569832-mikro-mitra-tokopedia-fokus-tawarkan-produk-digital.html
  • Meningkatnya Transaksi Produk Digital di Berbagai Wilayah, Mitra Tokopedia Kini Fokus Tawarkan Produk Digital – https://stylo.grid.id/read/143769613/meningkatnya-transaksi-produk-digital-di-berbagai-wilayah-mitra-tokopedia-kini-fokus-tawarkan-produk-digital?page=all
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *