Order Fiktif dan Cara Mengatasi, Pengertian, Tujuan, & Kasus

Anisa 31 May 2022 5 Menit 0

Order Fiktif adalah pesanan palsu atau fake yang dilakukan oleh sejumlah oknum secara sengaja dan sepihak.

Oknum yang melakukan tindakan tak terpuji tersebut biasanya memiliki niat terselubung dan tujuan tertentu.

Metodenya pun beraneka ragam, mulai dari memberikan alamat palsu atau mencantumkan lokasi rumah orang lain, membatalkan sepihak saat pesanan sedang diantar, tiba-tiba menghilang, dan sebagainya.

Tentu saja hal ini berpengaruh pada kinerja dan performa mitra transportasi online atau jasa taking order.

Kok bisa sih? Nah, makanya simak dulu yuk supaya kita tidak menjadi pelaku dari aktivitas itu dan langkah-langkah mencegahnya!

Pengertian Order Fiktif (Ofik)

Apa itu Ofik? Order Fiktif adalah masuknya pesanan palsu yang dilakukan oleh segelintir oknum tak bertanggungjawab guna mencapai tujuan tertentu.

Berasal dari Bahasa Inggris yakni ‘order’ yang berarti pesanan dan ‘fictitious’ yang artinya tak nyata.

Pelaku yang melakukan pesanan palsu umumnya didasari motif dan latar belakang tertentu.

Bisa karena iseng pada driver secara langsung atau pada perusahaan transportasinya akibat kekecewaan yang terpendam.

Namun, baru-baru ini rupanya Ofik dilakukan atas kerja sama antara driver Ojol dengan seorang oknum demi mencapai daily point Ojek Online.

Mereka bekerja sama dengan cara yang sangat rapi.

Sayangnya, tindakan tersebut mampu terendus oleh pihak perusahaan yang memantau pergerakan driver mereka saban harinya.

Kira-kira, apa ya tujuan mereka melakukan fake order?

Tujuan Order Fiktif

Tujuan order fiktif tiap oknum berbeda-beda, akan tetapi jika dilihat dari beberapa kasus yang sempat ramai, bisa kita simpulkan kalau mereka ingin mendapatkan sesuatu.

  • Melampiaskan kekecewaan atau kekesalan pada pihak transportasi online
  • Sekadar iseng tanpa tahu akibat dari perbuatannya
  • Mendapatkan pengakuan dan validasi bahwa dirinya bisa bertindak di luar batas
  • Mendapatkan keuntungan pribadi
  • Sebagai bentuk teror karena alasan tertentu dan sebagainya

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri-ciri orderan yang fiktif?

ADVERTISEMENTS

Ciri-Ciri Order Fiktif

Sebagai driver ojol dan penjual makanan, tentunya kita selalu dituntut untuk waspada terhadap setiap pesanan yang masuk.

Terlebih lagi jika jumlah item yang dipesan sangat banyak, otomatis kerugian yang mesti kita tanggung juga besar.

Nah, supaya tak terjebak dengan aktivitas merugikan seperti itu, beberapa pihak banyak yang mewanti-wanti agar siapa pun berhati-hati.

Salah satunya mengenali ciri-ciri pesanan palsu.

  1. Nama pemesan terlihat serampangan dan tidak jelas
  2. Lokasi dan alamat yang dicantumkan tidak lengkap, tidak jelas, dan menyalahi rute
  3. Pemesan sulit dihubungi baik via chat maupun telepon
  4. Jumlah item yang dipesan sangat banyak dan mustahil untuk dibawa oleh driver berkendaraan roda dua
  5. Metode pembayaran yang digunakan berupa uang cash atau tunai. Sebaliknya, tidak menggunakan sistem pembayaran GoPayLater atau akun GoPay-nya, dan lainnya.

Mungkin kejahatan dari tahun ke tahun akan kian canggih diiringi pencegahan dan kontrol yang makin efektif.

Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk senantiasa berhati-hati dalam melangkah dan mengambil keputusan.

Jangan gegabah dan update berita terkini.

ADVERTISEMENTS

Contoh Kasus Order Fiktif

Supaya makin berhati-hati lagi terhadap modus pesanan bodong dan palsu, sebaiknya kita cermati terlebih dahulu beragam kasus yang sempat hits beberapa waktu yang lalu ya.

ADVERTISEMENTS

1. Pesanan Tak Dikenal

“Kasus yang pertama ini datang dari Palembang.

Seorang driver bernama Jefry menerima pesanan fiktif usai mengkonfirmasi customer atas nama Sulaeman lewat Go Food.

Oknum tersebut memesan dalam jumlah yang tak sedikit.

Antara lain, 1 bungkus sate ayam, sate sapi, kambing, gulai biasa, gulai komplit, dan sebungkus emping.

Jika dirupiahkan, seluruhnya menghabiskan biaya Rp391.400,00.

Setelah pesanan tersebut selesai, Jefry berusaha mengonfirmasi pada Sulaeman dan ia meminta agar makanan diantar ke Fave Hotel Palembang.

Namun, betapa mengecewakannya, Sulaeman tidak ada di Fave Hotel Palembang dan ia pun tak bisa dihubungi kembali.

Melihat tersebut, pihak GoJek pun tak tinggal diam.

Pihaknya akan mengambil tindakan tegas dengan memblokir akun penipu tersebut.

Setelah diusut, rupanya korban order fiktif di Palembang bukan hanya Jefry saja, tetapi masih ada 10 orang lainnya dengan kerugian mencapai Rp500.000,00.”

ADVERTISEMENTS

2. Bisnis Jasa Transportasi Online

“Kasus berikutnya yaitu kerja sama antara driver dengan seorang oknum yang sengaja ia bayar.

Atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Bisnis Jasa Transportasi Online’.

Seorang driver Ojol diam-diam bekerja sama dengan penumpang bayaran untuk mencurangi pihak transportasi online.

Ia dikabarkan membayar senilai Rp5.000,00 pada oknum penumpang tersebut demi mendapatkan daily point sebesar 15 dari aplikator.

15 Poin jika dirupiahkan akan menjadi Rp180.000,00 dan bila dilakukan secara berulang maka keuntungan dapat mencapai Rp500.000,00.

Dalam kasus ini, penumpang yang dibayar juga fiktif karena driver hanya berputar-putar saja seolah menjemput customer mereka.

Sehingga sang driver tidak menurunkan atau pun menjemput, melainkan hanya berkeliling tanpa tujuan.

Untung saja tindakan tersebut diketahui oleh perusahaannya dan oknum-oknum itu mendapatkan sanksi tegas.”

Cara Mengatasi dan Klaim Kerugian

Pesanan palsu memang sangat meresahkan dan membuat banyak driver kelimpungan, bahkan merugikan driver yang bekerja dengan jujur.

Tak hanya itu, pihak perusahaan juga akan turut merugi dengan kejadian seperti itu.

Sebab, secara tidak langsung mereka harus mengerahkan sejumlah kuasa dan kewajibannya untuk melindungi hak-hak mitranya.

Sekarang bagaimana kalau ternyata sudah terlanjur melayani orderan fiktif?

Terkait hal ini, pihak Grab dan Shopee memberikan kemudahan klaim atau reimbursement bagi driver yang menjadi korban.

Cara Klaim via Grab

Grabfood

Credit by grab indonesia

Untuk mitra grab yang pernah melayani order fiktif saat menangani customer lewat GrabFood, dapat melakukan hal di bawah ini:

  1. Silakan buka aplikasi Grab dan langsung menuju menu ‘Pusat Bantuan’
  2. Kemudian klik ‘Grab Food’
  3. Kemudian pilih ‘Saya sudah membeli makanan, tetapi pemesan tidak ada di tujuan’.
  4. Lalu pilih opsi ‘Klik di sini’ menyesuaikan lokasi atau domisili mitra grab (driver)
  5. Lanjutkan dan ikuti alur petunjuknya.

Perlu dicatat ya, pengajuan reimbursement ini hanya bisa dilakukan pada hari itu juga atau usai terjadi orderan fiktif.

Batas akhir pengajuan hanya sampai pukul 15.00 WIB atau pukul 03.00 sore.

Setelah pengajuan diterima oleh pihak pusat bantuan, maka mitra grab harus menunggu kabar selanjutnya.

Biasanya nanti pihak perusahaan akan meminta driver untuk membawa beberapa berkas yang diminta.

PENTING: ketika mengajukan reimbursement harap lampirkan bukti berupa foto struk pembelian makanan dan foto selfie sambil memegang makanan yang sudah dipesan.

Cara Klaim via Shopee

Bukan hanya mitra Grab, order fiktif juga beberapa kali menimpa driver ShopeeFood sebagai layanan favorit masyarakat saat ini untuk membeli makanan via online.

Kerugian yang mereka alami pun jumlahnya lumayan besar.

Apalagi jika orang tersebut adalah tulang punggung keluarga.

Oleh karena itu, Shopee pun tak mau kalah memberikan keleluasaan bagi para mitra yang mengalami hal serupa untuk segera melapor atau mengajukan pengembalian.

Bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Pertama, selesaikan orderan yang terlanjur masuk terlebih dahulu.
  2. Kemudian, hubungi pihak pusat bantuan (call center Shopee) dan jelaskan kronologi sekaligus tempat menerima pesanan palsu tersebut
  3. Jika Sudah, shopee akan memberikan arahan serta persyaratan yang mesti dipenuhi oleh driver untuk mengajukan klaim.
  4. Usai panggilan tersebut berakhir, antarkan makanan tersebut ke panti jompo atau panti asuhan paling dekat dan ambil foto saat menyerahkan makanannya. Foto itu akan menjadi bukti bahwa driver benar-benar telah memenuhi salah satu peraturan Shopee.
  5. Jangan lupa, usahakan minta cap resmi dari panti asuhan terkait sebagai penanda dan validnya penyerahan makanan hasil order fiktif.

Pengajuan Klaim di GoJek

Sementara bagi mitra GoJek yang ingin mengajukan reimbursement atau klaim kerugian, bisa menghubungi customer service di nomor 021-50849000.

Atau juga bisa langsung kontak ke email GoJek di customerservice@go-jek.com.

Proses pengajuan akan memakan waktu kurang lebih 24 jam sampai satu minggu

FAQ

Q: Bagaimana jika pesanan GoFood fiktif dan banyak?

A: Makanan tersebut bisa diserahkan ke panti asuhan terdekat atau menghubungi pusat bantuan GoJek dan meminta saran untuk alokasi makanan

Q: Apa tujuan order fiktif?

A: Tujuan oknum dan para pelaku beranekaragam. Terbaru kerja sama antara driver ojol dengan penumpang bodong agar poin hariannya mencapai 15 guna mendapatkan bonus senilai Rp180.000,00

Q: Apa sanksi tegas penipu yang melakukan Opik atau Ofik (Order Fiktif)?

A: Pelaku bisa dikenai sanksi tegas berupa pemblokiran dan maksimal dipenjara atas kasus penipuan dan merugikan sejumlah pihak tertentu

Penutup

Dari informasi di atas dapat kita simpulkan bahwa order fiktif adalah tindakan yang merugikan karena pesanan palsu mampu membuat ekonomi seseorang kacau.

Bukan hanya dari segi finansial tetapi juga waktu, yang seharusnya digunakan untuk mencari penumpang jujur tetapi justru harus berurusan dengan hal tak mengenakkan.

Nah, semoga kamu cukup terbantu dengan apa yang kami sajikan ya.

Kalau suka, silakan klik tombol share dan ikuti pula akun kami di @pintarjualan.id agar makin banyak bacaan-bacaan bermanfaat lainnya yang bisa diakses.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *