Cara Order Shopee Food Mudah & Hemat [+Kode Voucher Terbaru]

Diterbitkan pada
29 November 2021
Waktu membaca
8 Menit

Cara order Shopee Food sangat mudah dan simpel. Cukup dengan satu aplikasi, makanan akan diantar oleh driver sesuai alamat  tujuan. Namun, sebelumnya mari kita berbincang sedikit mengenai ShopeeFood.

Kini telah hadir layanan baru pada aplikasi Shopee yaitu ShopeeFood. Seperti namanya, layanan ini turut serta melebarkan sayap ke pesan antar makanan secara online. Walaupun yang kita ketahui bahwa aplikasi Shopee merupakan ecommerce yang menyediakan peralatan elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, Shopee merupakan ecommerce satu-satunya yang bisa digunakan masyarakat untuk berbelanja secara online dan juga pesan antar makanan oleh driver. Sangat lengkap bukan? Layanan ini sama halnya dengan Go-food dan Grab-Food yang sudah ada sebelumnya.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi apa itu ShopeeFood, cara order, cara dapat diskon, hingga tips hemat menggunakan ShopeeFood akan kami ulas secara lengkap dibawah ini.

Informasi Shopee Food

ShopeeFood merupakan fitur baru di aplikasi Shopee yang digunakan untuk memesan makanan atau minuman secara online. Jadi, layanan ini sudah terintegrasi di aplikasi Shopee. Tentu tidak perlu download aplikasi lagi.

Tahun 2020 tepatnya bulan April, Shopee mulai memperkenalkan layanan ShopeeFood yang berisi makanan frozen food, kue, camilan, dan minuman ringan.

Tahun 2021, ShopeeFood telah berkembang pesat dan merambah ke layanan pesan makanan dan minuman secara online. Pada tahun ini, sistemnya dibuat mirip dengan Grab Food maupun Go Food.

Banyak sekali penawaran promo, diskon, hingga gratis ongkir sepuasnya. Maka, hanya perlu waktu beberapa bulan saja layanan ini sudah banyak menarik masyarakat.

Dengan penawaran tersebut, tentu banyak kemudahan yang dirasakan pengguna. Tanpa keluar rumah, dapat diskon dan gratis ongkir, tentu sangat praktis dan efektif digunakan.

Namun, sudah tahu bagaimana alur kerja dari sistem ini? Untuk lebih jelasnya akan kami bahas pada pembahasan selanjutnya dibawah ini.

Alur Kerja Sistem Shopee Food

Jika sudah mengetahui informasi mengenai ShopeeFood, selanjutnya akan kita bahas bagaimana alur kerja dari sistem ShopeeFood.

Sudah disampaikan diatas jika sistem kerjanya mirip dengan Go Food maupun Grab Food. Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat alur kerja order pesanan di ShopeeFood berikut ini :

  • Pengguna membuka layanan ShopeeFood, dan memilih makanan yang tersedia dari berbagai merchant ShopeeFood.
  • Pengguna menyelesaikan pesanan dan sudah membayar pesanan.
  • Merchant ShopeeFood akan menerima pemberitahuan orderan dari aplikasi.
  • Aplikasi akan mencari driver terdekat dari lokasi merchant.
  • Driver akan menuju merchant, dan menyelesaikan orderan hingga terkirim ke alamat tujuan.

Sangat mudah kan alur kerja ShopeeFood? Nah, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan cara order makanan di Shopee Food berikut ini.

Cara Order Shopee Food

Dengan jajan murah tanpa keluar rumah, siapa yang tidak ingin? Di layanan ShopeeFood banyak kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan.

Sebelum menggunakannya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu :

  1. Aplikasi Shopee di HP.
  2. Sudah verifikasi ShopeePay
  3. Terdapat saldo yang cukup di ShopeePay
  4. Mengatur alamat pengiriman sesuai titik tujuan.

Lalu, bagaimana cara memesan makanan lewat Shopee Food? Mengapa tidak bisa pesan di Shopee Food? Jika sudah melakukan hal diatas langsung saja ikuti cara order Shopee Food dibawah ini sampai berhasil :

1. Masuk ke Aplikasi Shopee

Jika sudah mempunyai akun Shopee, langsung masuk dan login. Pada halaman utama akan muncul beberpa fitur dari Shopee. Pilihlah menu “ShopeeFood”. 

cara order shopee food

2. Atur Alamat dan Cari Restoran

Pada tahap ini, jangan lupa untuk mengaktifkan GPS supaya pesanan akan tepat sesuai titik.

Atau bisa klik “Antar ke”, dan edit sesuai lokasi yang diinginkan. Jika ingin mengirimkan ke lokasi yang tidak sesuai dengan GPS, bisa menggunakan cara ini dan edit sesuai alamat tujuan.

mengatur alamat pengiriman shopee food

Untuk mencari restoran, bisa klik kolom pencarian diatas dan tuliskan merchant atau makanan yang dicari. Atau bisa scroll ke bawah ada beberapa rekomendasi dari Shopee yang sedang diskon hingga 70%.

3. Tentukan Restoran

Cara order Shopee Food selanjutnya yaitu langkah menentukan restoran. Caranya sama dengan cara diatas saat mencari restoran. Pada kolom pencarian tuliskan menu makanan atau restoran. Akan muncul beberapa merchant terkait.

Dengan cara ini kamu bisa menentukan restoran dari beberapa kategori. Diantaranya kategori terlaris, terdekat, terkait dan rating.

menentukan restoran

4. Klaim Voucher

Setelah menentukan restoran, jangan lupa untuk klaim voucher Shopee Food. Caranya, klik restoran yang diinginkan. Akan muncul beberapa voucher yang dapat di klaim.

Disarankan untuk klaim semua voucher dari voucher makanan hingga gratis ongkos kirim. Tujuannya agar medapatkan harga yang lebih murah.

klaim voucher shopee food

Dengan memasukkan kode  voucher Shopee Food, bisa mendapatkan diskon 50% hingga 100% (untuk pengguna baru). Namun perlu diperhatikan minimal belanja ya, karena setiap voucher mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

5. Pilih Makanan/Minuman

Kemudian pilih makanan atau minuman yang diinginkan. Masukkan jumlah pesanan lalu klik “Checkout”.

Pastikan jumlah pesanan masuk kedalam minimal perbelanjaan untuk mendapatkan voucher. Misalnya ingin menggunakan voucher 70% dengan minimal belanja 25 ribu. Kamu bisa membeli makanan atau minuman dengan harga 25 ribu atau lebih supaya voucher Shopee Food dapat digunakan.

pilih makanan atau minuman shopee food

6. Masukkan Voucher

Setelah minimal belanja tercukupi, masukkan 2 voucher yaitu voucher makanan dan voucher gratis ongkir. Voucher ini dapat di klaim setiap hari dan digunakan sepuasnya. Maka dari itu manfaatkan voucher ini agar bisa menikmati makanan yang enak dan murah.

masukkan voucher shopee food

7. Konfirmasi Pesanan

Langkah terakhir yaitu konfirmasi pesanan. Tambahkan catatan jika perlu. Catatan ini akan diberikan ke restoran. Misalnya tidak ingin terlalu pedas, tambahkan saja di kolom catatan tersebut.

Pastikan makanan yang di order sudah benar dan sudah memasukkan kode voucher. Jika terdapat koin Shopee, bisa digunakan juga agar harga lebih murah lagi.

Terdapat beberapa metode pembayaran saat order bisa COD atau pakai ShopeePay. Namun disarankan pakai ShopeePay karena voucher diskon tersebut hanya dapat aktif jika pembayaran menggunakan ShopeePay.

konfirmasi pesanan

Jika sudah sesuai semuanya, klik “Pesan Sekarang”. Kemudian Shopee akan memberikan driver yang paling terdekat dengan lokasi restoran. Dan tunggu saja sampai driver menyelesaikan orderan dan mengantarkan sesuai lokasi.

Baca Juga :

Informasi Diskon Voucher Shopee Food

Terdapat beberapa voucher yang dapat di nikmati pada layanan ShopeeFood. Ada voucher gratis ongkir, potongan makanan, hingga voucher hemat. Namun, masing-masing ada syarat dan ketentuannya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini :

1. Voucher Gratis Ongkir

Yang pertama yaitu voucher gratis ongkir. Voucher ini dapat di klaim setiap hari. Terdapat 9 voucher gratis ongkir yang didapatkan oleh masing-masing pengguna. Artinya, setiap pengguna dapat memamanfaatkan voucher ini sebanyak 9 kali transaksi.

Voucher ini hanya subsidi, jadi tidak benar-benar full gratis pengiriman. Besaran subsidi ongkir yaitu sekitar 8-9 ribu. Misalnya, ongkir yang akan ditanggung 10 ribu, maka hanya perlu membayar  biaya tambahan 1 ribu.

Masa berlaku voucher ini hanya 24 jam. Jika voucher tidak berlaku, maka lakukanlah klaim kembali.

2. Voucher Potongan Makanan

Yang kedua yaitu diskon potongan makanan. Pada promo ini banyak sekali voucher Shopee Food yang dapat digunakan pengguna dengan besaran diskon yang berbeda-beda setiap harinya.

Berikut ini beberapa voucher yang tersedia di ShopeeFood hari ini  dan penjelasan setiap vouchernya :

  • Kode voucher Shopee Food 70% s/d 25 ribu : Pengguna mendapatkan potongan diskon 70% atau maksimal 25 ribu dengan minimal belanja 30 ribu. Voucher ini hanya tersedia di beberapa merchant tertentu saja.
  • Kode voucher Shopee Food 60% s/d 30 ribu : Pengguna mendapatkan potongan 60% atau 30 ribu setiap transaksi dengan minimal belanja 30 ribu. Dapat digunakan pada merchant yang menyediakan promo ini.
  • Kode voucher Shopee Food 50% s/d 18 ribu : Pengguna akan mendapatkan potongan 50% atau maksimal 18 ribu dengan transaksi pemesanan minimal 35 ribu. Voucher ini dapat digunakan pada resto yang bertanda khusus (tanda diskon).

3. Voucher Hemat Shopee Food

Selanjutnya adalah voucher hemat. Pada halaman klaim voucher Shopee Food pasti terdapat beberapa voucher hemat yang dapat di klaim pengguna.

Namun voucher ini berbeda dengan kedua voucher diatas. Voucher ini tidak gratis, alias berbayar. Biasanya akan ada paket voucher yang berisi kumpulan voucher untuk digunakan transaksi ShopeeFood.

Dari paket voucher tersebut, bisa dibeli menggunakan ShopeePay atau metode pembayaran lainnya. Harganya tidak mahal kok, cukup terjangkau. Silahkan dicoba jika ingin membuktikannya~

Baca juga :

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Shopee Food

Selain beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh ShopeeFood, namun ada juga kekurangan dari layanan ini. Akan kita bahas kelebihan dan kekurangannya berikut ini :

Kelebihan :

  • Banyak voucher gratis ongkir yang dapat di klaim setiap hari.
  • Terdapat promo dan diskon makanan.
  • Makan hemat dan tanpa repot untuk antri di restoran.
  • Pembayaran dapat dilakukan dengan ShopeePay maupun tunai.

Kekurangan :

  • Belum terdapat di seluruh kota di Indonesia, hanya kota tertentu saja.
  • Terdapat minimal pembelian untuk menggunakan voucher.
  • Metode pembayaran tunai tidak bisa menggunakan voucher diskon makanan.

Pastinya dibalik kelebihan dan kekurangan dari ShopeeFood, sistem Shopee akan terus berusaha mengembangkan fitur-fitur yang lebih baik lagi dan menjangkau masyarakat secara luas.

Untuk selanjutnya akan kami berikan beberapa tips memesan makanan di ShopeeFood agar lebih untung pada pembahasan di bawah ini.

Tips Order Shopee Food

Mungkin beberapa diantara kalian sering sekali menggunakan ShopeeFood. Biasanya anak kos (mahasiswa) memilih cara ini daripada memasak sendiri. Sebenarnya tidak masalah, asalkan mengetahui tipsnya. Jika belum tahu, yuk simak beberapa tips hemat saat order makanan di Shopee :

1. Lakukan Riset Harga

Tips yang pertama yaitu melakukan riset dan perbandingan harga. Tentu saja di ShopeeFood banyak sekali merchant yang menyediakan menu sama.

Tentukan dahulu makanan atau minuman yang diinginkan. Kemudian carilah merchant yang menawarkan harga murah. Perlu di perhatikan juga rating dari restoran tersebut, jadi tidak asal murah saja.

2. Pilih Restoran dengan Promo

Kedua yaitu memilih restoran yang sedang promo. Biasanya sudah dikategorikan oleh Shopee beberapa restoran yang sedang diskon besar. Hal ini semakin memudahkan pengguna untuk memilih dan tentu akan lebih hemat.

3. Pilih Restoran yang Terdekat

Untuk apa memilih restoran yang terdekat? Hal ini dilakukan agar lebih hemat di ongkos kirim. Pilihlah restoran dengan jarak maksimal 2 km dari alamat tujuan. Mengingat subsidi ongkir di ShopeeFood yaitu hanya 8-9 ribu, maka bijaklah dalam menentukan restoran.

Jika mendapat restoran dengan jarak kurang dari 2 km, dapat dipastikan akan bebas dari ongkir. Tentu sangat hemat kan?

4. Klaim Voucher

Tips yang terakhir yaitu melakukan klaim voucher. Dengan memanfaatkan voucher, kita bisa makan enak dan murah. Terdapat 2 voucher yang wajib di klaim yaitu voucher diskon makanan dan gratis ongkir.

Pastikan kedua voucher tersebut terpasang saat order makanan. Dijamin harga yang ditanggung akan lebih murah daripada beli di resto secara langsung. Yuk mari dicoba~

FAQ

  • Apakah Shopee Food bisa pesan 2 sekaligus?

Jika pesan 2 sekaligus dalam waktu yang bersamaan namun beda restoran, belum bisa. Namun, jika pesanan pertama telah selesai baru bisa melakukan pesanan yang ke 2. Jadi perlu menunggu pesanan pertama selesai dahulu.

  • Bagaimana cara pesan Shopee Food pakai Paylater?

Cara pembayaran Shopee Food hanya terdapat 2 pilihan yang dapat dilakukan yaitu ShopeePay dan COD. Jika memakai Shopee Paylater saat ini belum tersedia.

  • Bagaimana cara pesan Shopee Food di laptop?

Memesan ShopeeFood hanya bisa dilakukan di Smartphone. Untuk saat ini belum bisa dilakukan melalui laptop.

  • Bagaimana cara pesan Shopee Food beda kota?

Edit alamat pengiriman pada layanan ShopeeFood dan pastikan kota tersebut berada dalam jangkauan ShopeeFood. Karena letak Shopee Food saat ini hanya ada dibeberapa kota saja.

  • Apakah Shopee food bisa bayar pakai ShopeePay?

Tentu saja bisa. Metode ini sudah tersedia di ShopeeFood.

Penutup

Itulah cara order Shopee Food hingga tips hemat pesan makanan di ShopeeFood. Bagaimana sudah cukup jelas bukan? Bisa dicoba dan dipraktekkan cara diatas ya! Jika terdapat kendala bisa langsung menghubungi Call Center Shopee.

Tentunya pembahasan kali ini sangat menarik ya! Akan kami share lagi beberapa informasi menarik lainnya, untuk itu jangan lupa untuk “share” juga artikel dari Pintarjualan kepada teman-temanmu. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan bisa di tulis di kolom “komentar” di bawah ini.

Oiya, kami juga aktif di beberapa media sosial salah satunya instagram. Kamu bisa follow instagram kami di @Pintarjualan.id, disana akan membahas mengenai tips jualan, ide bisnis, dan konten seru lainnya. Jangan lupa di follow ya, terimakasih sudah membaca~

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *