Advertisement

Cara Melacak Posisi Orang Lewat WhatsApp Secara Live di HP [Akurat]

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
09 Agustus 2022
Waktu membaca
5 Menit

Ikuti cara melacak posisi orang lewat WhatsApp ini supaya tidak khawatir tersesat atau bertanya-tanya, sudah sampai di mana teman kalian. Ini juga bisa menjadi bukti kalau kamu memang sedang OTW loh.

Ketika mau ketemuan dengan teman, atau sedang berpergian dengan rombongan, fitur lacak posisi dari WhatsApp ini bisa membantu mengetahui lokasi teman, kerabat, atau kolega dengan mudah.

Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan cara melacak dengan email google. simak terus ya.

Cara Mengirim Posisi Lewat WhatsApp

Sebenarnya cara melacak posisi orang lewat WhatsApp sangat mudah. Kamu bisa minta orang tersebut untuk mengirimkan posisinya melalui chat WA.

Sebelumnya, nyalakan dulu fitur GPS Location supaya HP kalian bisa mendeteksi posisi HP dari GPS. Kalau belum dinyalakan, maka WhatsApp akan memintamu untuk menyalakan GPS terlebih dahulu sebelum bisa membagikan lokasi HP mu.

Nah, cara untuk mengirimkan posisinya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk aplikasi WhatsApp > cari nomor WhatsApp handphone yang dicari
  2. Tap kontak tersebut dan masukkan ke dalam ruang chat atau balon percakapan
  3. Tap ikon lampiran atau attach > pilih ikon lokasi
  4. Tap bagikan lokasi terkini atau Send your current location
  5. Sekarang temanmu bisa melihat posisi HP mu

Begitulah cara mengirim lokasimu ke orang lain melalui chat. Kamu bisa temanmu untuk mengikuti langkah diatas supaya kamu bisa melacak posisi mereka.

Cara melacak lokasi dengan menggunakan WhatsApp melalui iPhone juga tidak jauh berbeda dengan langkah diatas.

Selain dengan menggunakan WhatsApp, ada lagi cara lain untuk melacak lokasi, yaitu dengan menggunakan Google. Caranya ada di bawah.

Cara Berbagi Lokasi Lewat Google

Cara membagikan lokasi lewat Google sebenarnya sudah pernah kamu bagikan di artikel cara lacak lokasi lewat email Gmail, Nomor HP, IP Adress, dan IMEI.

Berebda dengan WhatsApp yang hanya mampu melihat lokasi satu orang tiap chat, berbagi lokasi di Google memungkinkanmu memantau lokasi banyak orang sekaligus, sekaligus memantau lokasimu sendiri.

Ini dia cara membagikan lokasi di Google Maps.

  1. Buka Aplikasi Google Maps
  2. Tap Profil di kanan atas > Tap “Berbagi Lokasi”
  3. Tap “bagikan lokasi”
  4. Temukan kontak temanmu untuk membagikan lokasimu kepadanya > Bagikan

Selesai, dengan mengikuti langkah diatas, kamu bisa menyebarkan lokasimu untuk dilihat oleh temanmu. Nah, Kamu bisa meminjam temanmu, kemudian bagikan lokasinya ke kontakmu supaya kamu bisa mengetahui lokasinya.

Setelah lokasinya dibagikan, buka google maps dan cek berbagi lokasi.

Disitu akan muncul nama orang yang telah berbagi lokasi denganmu, dan kamu bisa tap namanya untuk melihat lokasinya di Google Maps.

Menarik ya, kamu bisa tahu temanmu pergi ke mana saja hanya dari HP sendiri.

Aplikasi Android yang bisa lacak orang terdekat

Sebelumnya, Kita sudah membahas WhatsApp dan Android yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan orang melalui GPS di HP. Selain dua aplikasi tersebut, sebenarnya ada juga aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melacak lokasi atau posisi orang melalui GPS di HP.

GPS bekerja dengan melakukan kalkulasi jarak dari satelit yang ada di luar angkasa. Satelit mengirimkan sinyal dan memperkirakan jarak antara pengirim sinyal dan penerima sinyal. Dari jarak tersebut, perangkat bisa memperkirakan lokasi pengirim sinyal.

Nah, ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan fitur ponsel tersebut. Data lokasi ini kemudian ditampilkan dalam aplikasi dan bisa juga dikirim ke orang supaya bisa mengetahui dan mengawasi lokasi anak atau orang tercinta.

1. WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat yang sudah lama digunakan oleh banyak orang. Pertamakali dirilis pada tahun 2009, WhatsApp menjadi aplikasi chat yang umum digunakan dan bahkan menggantikan SMS.

Salah satu fitur yang bisa digunakan dari WhatsApp ini adalah fitur mengirimkan lokasi. Nah, ketika temanmu mengirimkan lokasinya melalui chat, kamu bisa melacaka lokasi temanmu secara live dan real time di Aplikasi WhatsApp.

2. Google Maps

Google sebelumnya juga memiliki fitur tracking, yaitu dengan menambahkan ke kontak dekat terlebih dahulu. Nah, sekarang fitur tersebut sudah tidak ada lagi. Sekarang untuk memantau teman bisa cukup dengan menggunakan Google Maps.

Untuk memantau lokasi tersebut, bisa dengan menggunakan fitur “Berbagi Loaksi” seperti yang sudah dijabarkan diatas. Salah satu ekutnungannya adalah kamu bisa emmantau melalui komputer dan melihat lokasi banyak orang sekaligus.

3. life360: Find Family and Friends

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *