Advertisement

Cara Membuat Akun WhatsApp di Komputer Melalui Emulator [Bisa 2 Akun]

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
08 Agustus 2022
Waktu membaca
6 Menit

Ketika HP bermasalah dan harus menggunakan WhatsApp, cobalah cara membuat akun WhatsApp di Komputer dengan Nomor Telepon ini. Semoga bisa membantumu untuk menggunakan WA di komputer.

Sebenarnya WhatsApp tidak memberikan opsi untuk membuat akun atau registrasi akun di komputer. Kami hanya menemukan dari laman resminya kalau WA hanya menginginkan penggunanya untuk sign up melalui HP.

Tapi, ada cara untuk menyiasati ini, salah satunya dengan menggunakan emulator android dan menggunakan modem. Begini caranya.

Oh iya, sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya kita post, yaitu cara login WhatsApp di laptop. Simak terus artikel ini ya.

Membuat Akun WhatsApp di Komputer Dengan Emulator Android

Mungkin kalian sebenarnya sudah tahu emulator Android. Tapi belum banyak yang tahu kalau emulator android juga bisa digunakan untuk menginstall WhatsApp.

Memang, emulator Android lebih familiar untuk bermain game daripada untuk menginstall WhatsApp. Karena untuk menginstall WhatsApp di pc lebih ringan jika menggunakan WhatsApp web ataupun WA desktop.

Sayangnya, WA web dan WhatsApp desktop di komputer ini tidak bisa digunakan untuk membuat akun baru. Tapi ada solusi lain, kok.

Nah, kalau di WhatsApp via emulator ini bisa digunakan untuk sign up WhatsApp melalui nomor telepon baru mu atau migrasi supaya database akun utama WhatsApp ada di komputer.

Caranya adalah sebagai berikut.

Pertama: Download dan Install Emulator Android

Pada contoh disini kami menggunakan BlueStack 5 sebagai contohnya. BlueStack 5 bisa didownload di website resminya “www.bluestacks.com”. kemudian, klik “Unduh BlueStacks”

Tunggu BlueStacks selesai di download, kemudian install software tersebut. Tunggu hingga selesai di download.

Kedua: Masukkan Akun Google

Seperti ketika menggunakan HP Android baru, kamu harus memasukkan email Google supaya bisa menikmati semua fitur yang ada di Android.

Kalau kamu sebelumnya sudah pernah back up WhatsApp di Google Drive, dianjurkan pakai email yang sama untuk back up supaya data bisa dipulihkan.

https://1.bp.blogspot.com/-_DNs0lV9dXw/X4wgpisyM5I/AAAAAAAAJO8/HKohB8NStBUsa17keen2_0KNVpO-QDnsACLcBGAsYHQ/w1200-h630-p-k-no-nu/cara-membuat-akun-google-play.jpg

Ketiga: Install WhatsApp dari Google Playstore

Setelah akun Google dimasukkan, kamu bisa mencari Aplikasi WhatsApp di Google Playstore. Tidak jauh berbeda dengan tampilan Google Play di HP Android.

  1. Buka Google Play
  2. Cari WhatsApp
  3. Tap Install

Keempat: Buat Akun WhatsApp

Nah, setelah WhatsApp sudah di Install, bisa sign up layaknya di HP Android.

  1. Masukkan nomor telepon
  2. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon.

Sayangnya, kamu tetap harus memiliki nomor telepon aktif yang terdaftar dan HP untuk menerima SMS verivikasi.

Untuk itu, kamu harus puna nomor telepon yang bisa menerima SMS. Alternatifya bisa juga pinjam HP. Kebanyakan HP sekarang dual sim, kan. Nah, bisa pinjam teman, keluarga dulu supaya Nomor HP didaftarkan.

Solusi lannya adalah menggunakan modem. Selain fungsi utama untuk menghubungkan ke Internet, beberapa modem memiliki fitur untuk menerima SMS. dari situ, kamu bisa menggunakan modem tersebut untuk menerima SMS Verifikasi.

Kelima: Sinkronisasi Kontak (Opsional)

Seperti yang kita tahu, WhatsApp mengambil nama kontak dari HP untuk menambahkan kontak di pesannya. Nah, jika sebelumnya sudah pernah menggunakan aplikasi seperti google contact, kamu bisa sinkronisasi kontak tersebut untuk menambah kontak WhatsApp.

Emulator yang bisa digunakan untuk install WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, emulator adalah software yang bisa menjalankan aplikasi android di PC layaknya sedang menggunakan HP. Jadi, ini semacam sistem operasi Android yang berjalan diatas sistem operasi lain seperti Windows atau Mac.

Memang, seharusnya komputer memiliki spesifikasi yang lebih powerful daripada HP, tetapi karena harus menjalankan dua sistem operasi secara bersamaan, terkadang aplikasi android ini jadi terasa berat ketika dijalankan di PC.

Jadi, jika komputer yang kamu gunakan adalah keluaran lama atau memiliki spesifikasi kelas menengah ke bawah, menjalankan WhatsApp di komputer dengan emulator mungkin sedikit patah-patah.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *