Advertisement

Cara Cek Lokasi Lewat Email Gmail, Nomor HP, IP Address, dan IMEI

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
26 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Terkadang, kita ingin mengawasi keluarga dan pasangan dengan mengetahui lokasinya. Untuk mengecek nya, tidak jarang banyak yang mencari cara cek lokasi lewat email.

Dengan email Google yang didaftarkan di HP, lokasi seseorang bisa dilacak melalui GPS. Jadi kamu bisa mengetahui apakah pasanganmu itu jujur atau main ke tempat lain.

Ini juga berguna ketika kita sedang berpergian bersama teman-teman, sehingga kita atau teman tidak tersesat atau terpisah. Selain itu, ini juga berguna ketika bertemu dengan orang baru dan khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mau tau caranya? ikuti terus artikel ini.

Cara Cek Lokasi lewat Google

Salah satu cara melacak lokasi yang paling mudah adalah dengan menggunakan email atau akun Google di Google Maps. Sebagai sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan, Android baru akan beroperasi dengan baik ketika terhubung dengan akun Google.

Akun Google di HP Android ini juga menyimpan informasi mengenai lokasi. Dengan menggunakan akun Google ini, informasi lokasi di HP tersebut bisa dibagikan.

Untuk melakukannya tanpa sepengetahuannya, kamu harus meminjam HP yang mau dilacak atau akun google yang didaftarkan di HP tersebut. Ini bisa jadi cara melacak lokasi dengan email tanpa ketahuan.

Ini dia langkahnya.

  1. Buka Aplikasi Google Maps
  2. Tap Profil di kanan atas > Tap “Berbagi Lokasi”
  3. Tap “bagikan lokasi”
  4. Temukan kontakmu > Bagikan

Selesai, sekarang lokasi HP tersebut sudah dibagikan ke akun Google mu. Setelah ini, Google Maps mu bisa menampilkan lokasi dari akun yang telah berbagi lokasi denganmu. Untuk mengaksesnya tap atau klik “berbagi lokasi”, disitu akan muncul akun google yang lokasinya sudah dibagikan.

Cara Cek Lokasi Lewat IP

Selain menggunakan Google, bisa dengan menggunakan IP. Salah satu website yang sering digunakan untuk ini adalah “iplogger.com”. Selain di website, IPlogger ini juga bisa diinstall dari Google Play.

Apa itu IP Address

Sebelum melacak dengan menggunakan IP Address, sudah tahu belum mengenai maksud dari IP Address? Singkatnya, IP Address adalah sebaris angka yang dimiliki setiap komputer, ponsel, atau gawai pinar lainnya yang terhubung melalui internet.

Angka ini berbeda untuk setiap perangkat dan digunakan untuk terhubung ke Internet. Selain perangkat, website juga memiliki IP Address, contohnya Google yang IP Address nya 74.125.224.72.

Singkatnya, IP Address ini menjadi penanda atau identitas sebuah perangkat. Dengan mengetahui IP Address nya, lokasi perangkat tersebut juga bisa dilacak.

Pinjam HP Teman dan Lihat IP nya

Cara pertama untuk melacak adalah dengan meminjam HP teman untuk melihat IP nya. dengan meminjam perangkat yang mau dilacak dan masuk ke settingnya, kamu bisa mencatat atau copy IP address perangkat tersebut.

  1. Buka setting
  2. Masuk ke Network/Jaringan
  3. disini bisa melihat network details

Jika tidak ada, coba masuk ke “Tentang Ponsel” > “informasi Status”.

Setelah mendapatkan IP address nya, nomor IP tersebut bisa dimasukkan ke IP Logger dari situ, kamu bisa mengetahui lokasi perangkat tersebut.

  1. Buka website IP logger
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan track IP
  3. Masukkan IP

Selesai

Jika cara sebelumnya mengharuskan kita untuk meminjam HP yang mau dilacak, sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan IP address. Dengan memberikan link yang bisa dilacak.

Oh iya, ini juga bisa digunakan untuk melacak penipu lho. Jadi semisal kamu dihubungi oleh orang yang mencurigakan, kamu bisa kiriman link ini untuk mendapatkan informasi tentang IP dan Geolokasi.

  1. Buka situs IPlogger di “iplogger.com”
    atau buka aplikasinya
  2. Masukkan website yang ingin dijadikan referral
    kamu juga bisa menggunakan link gambar
  3. Tap Create a shortlink
  4. “Enable” semua pelacakan dan Copy logger link
  5. Untuk menyamarkan link, gunakan link shortener lain
    misalnya “bit.ly”
  6. Share link tersebut ke orang yang mau dilacak
  7. jika orang yang mau dilacak mengeklik link tersebut, maka akan muncul informasi IP dan geolokasi seperti di bawah

Selesai. Cara ini juga bisa berguna untuk melacak penipu. Oh iya, kode pelacakan bisa disimpan, sehingga ketika kamu mau mengecek lagi, cukup memasukkan kode pelacakan lagi untuk melihatnya.

Cara Cek Lokasi lewat Nomor HP

Ada beberapa cara melacak lokasi orang hanya dengan nomor teleponnya. Untuk melacaknya, bisa dengan menggunakan pihak ketiga seperti OKCaller dan Whitespage.

Dengan Menggunakan Google

Sesuai yang telah dijabarkan oleh Liron Segev di akun Youtube nya, kita bisa melacak seseorang melalui akun media sosialnya.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *