Advertisement

Cara Cek Email Aktif/Valid atau Tidak melalui HP dan Ms. Excel

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
26 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Ketika mendapatkan kontak email baru, mungkin kalian ingin tahu bagaimana cara cek email aktif/valid atau tidak. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengecek apakah email tersebut asli atau palsu.

Dengan mengecek email apakah asli atau palsu, ini bisa membantu kita terhindar dari penipuan. Selain itu, kita juga bisa membersihkan email palsu dari daftar/list email. Sehingga bisa jadi lebih hemat dalam penggunaan kuota email.

Tools ini juga biasa digunakan dalam Email Marketing dan membuat formulir. Selain itu, kamu bisa mengecek email yang mencurigakan, apakah itu benar benar email aktif atau palsu.

Langusng saja, simak cara cek email aktif atau valid di Website, Ms. Excel

Cara Cek Email Aktif dengan Website

Ada beberapa website di internet yang memungkinakn pengungjung untuk mengecek email yang dimasukkan apakah valid atau tidak. ini dia beberapa website tersebut.

  • verify-email.org
    Sebagai salah satu situs cek email yang paling direkomendasikan, verify-email.org memiliki tampilan yang cukup ringkas. Di halaman pertama situs tersebut langsung muncul kotak dimana kamu bisa memasukkan alamat email dan mengeceknya.

 

  • zerobounce.net

    Layanan yang ditawarkan oleh situs ini sebenarnya lebih banyak dan lengkap. termasuk salah satunya adalah cek banyak email sekaligus. Namun, untuk menikmati fitur tersbeut, kmu haru mendaftar. Meski begitu, kamu tetap bisa mencoba email validatornya untuk memferivikasi apakah email tersebut valid.

 

  • verifyemailaddress.orgwebsite ini tampil dengan ringkas dan sederhana. ketika membuka situs ini, kmu akan langsung menemui kotak untuk memasukkan alamat email. namun, disini perlu mengisikan capthca.

 

  • email-checker.comsitus ini juga menawarkan banyak layanan selain test email. mulai dari tool untuk menghentikan email, stop spam dan email buruk, dan user UI. mengecek banyak email sekaligus jadi lebih mudah.untuk menemukan kotak cek email satuan, kmu perlu scroll ke bawah.

 

  • mailtester.comSebenanrnya, mailtester.com menawarkan banyak layanan email lainnya, mulai duplicate email remover, spam trap removal, risk validator, MTA validations, Domain validator, Complainers verifier, Syntax Verifier, Real time bouncing, disposable email, team account, anti grey listing tech, dan selected download.dengan berbagai fitur ini, mailtester.com bisa memastikan bahwa hasil yang diberikan situs ini adalah 99% akurat. Sayangnya, untuk menggunakan layanan ini, kamu perlu mendaftar/sign up telebih dahulu.

Cara Cek Email Aktif dengan test Lupa Password

Cara lain untuk mengetest apakah email tersebut aktif atau tidak adalah dengan memasukkan email tersebut dan klik lupa password. Jika email masih aktif dan terdaftar maka akan diarahkan ke halaman untuk lupa password. tetapi jika tidak, maka akan muncul peringatan bahwa akun tidak terdaftar.

Cek Email Google

Cara cek email google bsia dilakukan dengan langkah berikut

  1. Buka login Google
  2. Masukkan alamat email
  3. Klik selanjutnya
  4. Jika email yang dimasukkan tidak valid, maka akan muncul pesan “Tidak daapt menemukan Akun Google Anda”

Cara mengecek ini sangat mudah, mengingat kebanyakan orang menggunakan email Google, kamu pasti bisa menggunakan cara ini. Sayangnya, kalau emailnya banyak kamu harus mencobanya satu-satu. Makanya, banyak yang memilih untuk menggunakan jasa website email verifier di atas.

Cek Email Yahoo

Cara cek email yahoo juga tidak jauh berbeda dengan Google. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah di bawah.

  1. buka login Yahoo
  2. masukkan lamat email
  3. klik slenajutnya
  4. jika alamat email tidak valid, maka akan muncul pesan
    “Maaf, kamu tidak mengenali email ini”

Selesai, dengan cara mudah ini kamu bisa memastikan apkah alamat email ini benar benar alamat email yang valid. Walaupun yahoo jarang digunakan, namun beberapa orang masih menggunakan layanan email ini.

Cara Cek Email dengan Google Console

Kalau kamu adlah seorang admin Google Workspace, tentunya kmu memiliki akses ke Google Console. Di sini, kamu bisa melihat status email yang berada di domain tertentu.

Sesuai yang dijabarkan oleh dosenonline.id ini dia langkah mengecek email google workspace dengan menggunakan Google Console.

  1. Msuk ke halaman google console admin > login dengan menggunkan akun administrator
  2. Masuk ke beranda google console admin > klik menu pengguna
  3. Di sini kamu bisa melihat daftar pengguna yang terdaftar dalam google workspace tersebut sekaligus statusnya.

Di kolom status akan terlihat kondisi dari email tersebut. Email yang aktif bisa menerima maupun mengirim email. Sementara email yang ditangguhkan tidak bisa menerima maupun mengirim email.

Kriteria Email Valid

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara cek email aktif atau tidak, mungkin kamu perlu mengetahui bagaimana sebenarnya email yang valid.

  1. Format
    pengecekan pertama untuk mengetahui apakah email tersebut valid atau tidak adalah dengan mengecek formatnya. seperti yang kita ketahui, almaat email terdiri dari karakter kemudian simbol @ dan diikuti oleh domain.
    contohnya sales@pintarjualan.id atau pintarjualan@gmail.com
  2. Domain
    Kemudian, email verifier bisa mengecek apakah domain yang digunakan memang aktif. Umumnya, domain ini ada di belakang simbol “@”, misalnya “yahoo.com”.
  3. SMTP
    SMTP atau “Simple Mail Transfer Protocol” adalah protokol yang memungkinkan pengiriman email. Bisa saja domain alamat email tersebut aktif, tapi ternyata alamat email yang tercantum tidak memiliki kotak masuk. Makanya, verifikasi email hingga tahap SMTP ini penting untuk memastikan bahwa email ayng dikirim ke alamat tersebut bisa terkirim dengan baik.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *