Advertisement

Masyarakat Diedukasi Go Digital, Ridwan Kamil Dukung AKAR

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
28 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

JakartaRidwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat dukung gerakan Akselerasi Karya Rakyat atau AKAR. Gerakan tersebut digagas oleh salah satu e-commerce Indonesia, yakni Lazada.

Melalui gerakan AKAR, gubernur Jawa Barat tersebut berharap masyarakat bisa diedukasi agar menjadi lebih go digital. Ia sangat mendukung gerakan ini karena nyatanya banyak pelaku UMKM di Jawa Barat yang belum memakai sistem digital.

“Jadi sebagai pemerintah provinsi saya sangat mendukung ada program AKAR. Karena UMKM Jawa Barat yang go digital baru 1 juta dari 5,5 juta masih ada 4 sekian juta,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil seperti dikutip dari Jabar.siberindo.co, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: Batam Manfaatkan Gedung PLUT Untuk Bangkitkan Sektor UMKM

Sejak pandemi Covid-19, digitalisasi dinilai menjadi sangat penting untuk sektor ekonomi. Oleh karena itu, masyarakat juga harus lebih melek digital agar Indonesia bisa menjadi negara adidaya.

“Ekonomi digital Jawa Barat lompat 60 persen selama COVID. Yang kedua ekonomi digital adalah cara kita menjadi negara adidaya. Tapi butuh sebuah proses tidak hanya e-commerce-nya tapi society-nya,” ungkap Ridwan Kamil.

Dilansir dari Jabar.siberindo.co, Jumat (28/1/2022), Ridwan Kamil berpesan kepada Lazada agar menyediakan education center untuk para pelaku UMKM. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara berjualan secara online di e-commerce.

“Jadi karena itu saya mengapresiasi setiap e-commerce yang membantu peningkatan percepatan itu. Saya titip juga jangan fokus di e-commerce-nya karena masyarakat butuh diedukasi. Jadi titip juga di edukasi center, invest juga di digital center di desa-desa,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk UMKM (Baru Mau Mulai Bisnis)

Selain itu, Ridwan Kamil juga menambahkan agar jangan melupakan masyarakat yang di desa-desa. Mereka juga butuh diedukasi juga. Agar seiring berjalannya waktu, digitalisasi akan merambah semua kalangan masyarakat baik yang di kota maupun di desa.

“Suatu hari semua desa akan terkoneksi digital, desa kota enggak ada bedanya semua melek digital, nanti yang untung Lazada sendiri kalau investasinya lebih strategis dalam jangka panjang dan pendek,” imbuhnya.

Dalam acara Kick Off Ceremony Gerakan AKAR bersama Lazada, selain dukung AKAR, Ridwan Kamil juga mencoba menjadi kurir paket Lazada dengan mengendarai motor listrik. Ia mengantarkan paket dari Lazada warehouse ke rumah-rumah yang ada di kawasan Batununggal.

Acara tersebut diadakan di Lazada warehouse, Kabupaten Bandung. Gerakan AKAR sendiri dibuat dalam rangka menjadikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi penguasa di pasar domestik.

Baca juga: Penerapan Travel Bubble, Jadi Ajang Promosi Produk UMKM di Bintan

Terakhir, Ridwan Kamil menyatakan ketertarikannya dengan hal-hal yang berbau dengan digital dan yang mendukung gerakan ekonomi hijau. Ia mengungkapkan akan selalu menjadi yang terdepan dalam gerakan-gerakan tersebut.

“Terima kasih juga karena pakai motor listrik. Motor listriknya bagus, tadi orang yang dikirim (paket) mau beli (motor listriknya). Pokoknya kalau digital saya terdepan, kalau ekonomi hijau saya di depan,” pungkasnya.

Artikel ini telah terbit di Jabar.siberindo.co dengan judul “Ridwan Kamil: Ekonomi Digital Cara Kita Jadi Negara Adidaya”.

Link: https://jabar.siberindo.co/28/01/2022/ridwan-kamil-ekonomi-digital-cara-kita-jadi-negara-adidaya/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *