Advertisement

Kuota Terbatas, Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Hari Ini

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
17 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 resmi dibuka pada Kamis (17/02/2022). Pemerintah membatasi kuota pendaftaran kartu prakerja kali ini sebanyak 500.000 orang.

“Gelombang 23 dibuka dengan kuota sebanyak 500.000 orang. Gelombang selanjutnya akan dibuka dengan jumlah kuota yang sama,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers daring pada Kamis siang dikutip dari Ulasan.co, Kamis (17/02/2022).

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Beserta Syarat Pendaftaran dan Kegunaannya

Pada konferensi pers Penutupan Program Kartu Prakerja 2021 Rabu (15/12/2021) Airlangga mengatakan, program Kartu Prakerja gelombang 23 akan dibuka dalam waktu dekat.

“Seperti yang selalu kita laksanakan, bahwa gelombang 23 akan dibahas dan diputuskan dalam rapat komite dalam waktu dekat,” kata Airlangga ketika konferensi pers Penutupan Program Kartu Prakerja 2021, Rabu (15/12/2021).

Program Kartu Prakerja merupakan program bantuan biaya untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pelaku usaha.

Menurut Airlangga, Komite Kartu Prakerja juga telah memutuskan untuk memprioritaskan pendaftar dari 212 kabupaten dan kota dengan angka kemiskinan ekstrem yang tinggi.

Menteri sekaligus ketua umum Partai Golkar tersebut berharap program Kartu Prakerja dapat mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat agar terlepas dari jerat kemiskinan ekstrem

“Diharapkan melalui bantuan Kartu Prakerja dapat mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk dapat terlepas dari jerat kemiskinan ekstrem,” ujar Airlangga.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa program Kartu Prakerja juga akan memberikan alokasi khusus kepada 50.000 calon Pekerja Migran Indonesia.

“Pelatihan Kartu Prakerja diharapkan dapat melengkapi kompetensi yang dimiliki oleh para calon pekerja migran Indonesia saat bekerja di negara tujuan masing-masing,” imbuhnya.

Baca juga: Cara Daftar BLT Rp1,2 Juta Untuk UMKM dan Cek Secara Online (+ Syaratnya)

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi Program Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Bagi pendaftar yang lolos sebagai penerima, dapat segera memilih pelatihan yang dibutuhkan.

Airlangga menyarankan agar para peserta program Kartu Prakerja memanfaatkan fitur ‘rekomendasi pekerjaan’ untuk melihat lowongan kerja yang sesuai dengan kompetensi dan pelatihan.

Selain itu, Airlangga juga mengingatkan bahwa sertifikat pelatihan yang didapat dari program Pra Kerja bisa dilampirkan ketika melamar pekerjaan.

“Jika telah menyelesaikan pelatihan, manfaatkan fitur ‘rekomendasi pekerjaan’ untuk melihat lowongan kerja yang sesuai dengan kompetensi dan pelatihan yang telah diselesaikan. Penerima Kartu Prakerja dapat memanfaatkan dengan melampirkan sertifikat pelatihan Pra Kerja untuk melamar pekerjaan,” ucapnya.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk UMKM (Baru Mau Mulai Bisnis)

Dilansir dari Ulasan.co, Kamis (17/02/2022), program Kartu Prakerja juga akan membuat penawaran dan permintaan tenaga kerja agar lebih terhubung.

“Dengan teknologi digital, Kartu Prakerja mentransformasi layanan publik dan membentuk kebiasaan baru atau new normal bagi masyarakat untuk selalu belajar,” ujarnya.

Artikel ini telah terbit di Ulasan.co dengan judul “Kartu Prakerja Gelombang 23 Resmi Dibuka Hari Ini, Kuota 500 Ribu Orang”.

Link: https://ulasan.co/kartu-prakerja-gelombang-23-resmi-dibuka-hari-ini-kuota-500-ribu-orang/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *