Advertisement

Cara Verifikasi Email Prakerja yang Sudah Terdaftar Lewat HP & Laptop

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
25 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Beberapa pencari kerja menanyakan bagaimana cara verifikasi email Prakerja yang sudah terdaftar?

Seperti yang kita tahu, Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah yang membantu banyak orang untuk mendapatkan keterampilan dan kesempatan mencari kerja.

Ketika mau masuk atau login di akun Prakerja, banyak yang gagal login dengan pesan “alamat email sudah terdaftar. Mohon Verifikasi email kamu.”.

Ini tentu menimbulkan kebingungan, tetapi tidak perlu panik karena ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Ini berbeda dengan verifikasi email pemulihan ya.

Cara verifikasi email Prakerja bisa ditemukan di bawah ini.

Cara Verifikasi Email Prakerja yang Sudah Terdaftar

Cara verifikasi email Prakerja sebenarnya mudah. Kalian hanya perlu membuka email verifiksi dan mengeklik link atau tombol yang sudah disediakan. bahkan dengan HP pun sebenarnya juga bisa.

Karena orang-orang umumnya menggunakan email dari Gmail, berikut kami berikan contoh membuka email verifikasi Prakerja dari Gmail. Baik di HP maupun di Komputer, langkahnya tidak jauh berbeda.

ini dia langkahnya.

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Cek email inbox
  3. Buka email verifikasi dari Prakerja
  4. Klik tombol atau link verifikasi yang diberikan.

Link verifikasi itu akan menunjukkan bahwa email yang digunakan untuk mendaftar Prakerja adalah email yang valid, sehingga Prakerja mengetahui bahwa kamu memang pemilik email tersebut.

Supaya verifikasi berjalan dengan baik, segera lakukan verifikasi setelah pendaftaran ya. Batas verifikasi hana 24 jam loh.

Jika kamu tidak menemukan email dari Prakerja di kotak masuk atau inbox, coba cek di spam. Beberapa orang melaporkan kalau email verifikasi dari Prakerja ini ternyata masuk kotak spam. Cara cek spam email ada di bawah.

Cek Email Spam untuk Mencari Email Verifikasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, terkadang email dari Prakerja dianggap spam. Mungkin karena template atau format email yang mirip dan email dikirim dalam jumlah banyak, sistem Gmail bisa saja menganggapnya sebagai spam.

Tidak perlu khawatir, selama email baru dikirim belum lebih dari 30 hari, email di spam masih bisa dibuka. namun jika lebih dari itu, email spam akan dihapus. makanya, segera konfirmasi pendaftaran Prakerja, jangan ditunda-tunda ya.

Cara Cek Spam di Gmail Lewat Browser di Komputer

Jika tidak terbiasa membuka Gmail melalui komputer, mungkin kalian akan kesulitan untuk menemukan letak email spam karena letaknya cukup tersembunyi. Kalian perlu klik “selengkapnya” dan gulir ke bawah untuk membuka email spam.

Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah di bawah.

  1. Buka gmail
  2. Klik selengkapnya
  3. Scroll ke bawah hingga muncul spam > klik spam
  4. Temukan email dari Prakerja

Begitulah cara mengecek spam di Gmail di komputer. sebenarnya tidak sulit, namun karena letak tombolnya cukup tersembunyi mungkin kalian kesulitan untuk menemukannya.

Cara Cek Spam di Gmail Lewat HP

Tidak harus menggunakan laptop atau komputer, dengan HP pun kita juga bisa mengakses email spam kok. Apalagi, aplikasi Gmail pasti sudah terpasang di HP android kalian, kan?

Untuk mengeceknya, ikuti langkah di bawah ini ya.

  1. buka aplikasi gmail
  2. tap garis tiga di kiri atas
  3. tap kotak spam

Selesai. setelah email ditemukan, kalian bisa membuka email dan menekan email konfirmasi. Link yang diberikan itu unik, berbeda untuk setiap pendaftar.

Tombol tersebut akan mengarahkan ke halaman Prakerja secara otomatis.

Menghubungi Call Center Resmi Prakerja

Jika kalian sudah mengecek email termasuk spam dan tidak bisa menemukan email konfirmasi, cobalah untuk menghubungi call center resmi Kartu Prakerja.

Nomor yang bisa dihubungi adalah 08001503001 dengan waktu layanan dari jam 08.00 – 20.00 Malam.

Menghubungi Prakerja Karena Tidak Menerima Email

sampaikan bahwa kamu sudah mendaftar Prakerja tetapi tidak mendapatkan email konfirmasi.

“Halo admin kartu Prakerja.

Saya sudah mendaftar kemarin pada tanggal 25 Juli 2022, tetapi di inbox email maupun di spam tidak ditemukan email konfirmasi pendaftaran Prakerja. Mohon dibantu ya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.”

Selain melalui nomor diatas, Aduan juga bisa disampaikan melalui website resmi. Ada halaman khusus untuk menyampaikan aduan maupun live chat dengan Contact Center Prakerja. Ini bisa diakses di website Prakerja dan gulir hingga bawah.

Halaman Selanjutnya
...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *