Dikenal dengan harga yang kompetitif, wajar jika Wahana menjadi salah satu jasa kurir terbaik di Indonesia. Tapi tetap saja, jika ada kendala (barang hilang, rusak, terlambat); menghubungi CS untuk komplain Wahana Express itu sah-sah saja, kok.
Bahkan sangat disarankan untuk melaporkan segala kendala kepada pihak Wahana, bukan kepada seller (kasihan, mereka tidak tau apa-apa ?). Supaya lancar, kami akan bagikan tips dan triknya dalam konten ini. Meliputi:
- Persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum mengajukan komplain,
- Media-media untuk menghubungi CS Wahana + template komplainnya,
- Tips dan trik agar pengiriman barang jadi aman dan tepat waktu.
Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai ke bagian pertama: persiapan sebelum komplain.
Sebelum Mengajukan Komplain ke Wahana
Bagian ini berisi persiapan-persiapan untuk “menghadap” ke Customer Service Wahana Express.
(Penting untuk dilakukan, karena akan memperlancar proses ajuan komplain. Makin cepat direspon, makin cepat masalah selesai.)
Kami merangkumnya ke dalam 3+1 persiapan:
- Rutin cek resi untuk tau kondisi terkini barang,
- Pahami arti kode dan istilah Wahana Express,
- Catat masalah yang ada di hasil pelacakan barang,
(+) - Ajukan komplain ke CS Wahana, bukan penjual barang.
Cek Resi Wahana untuk Lacak Status Barang
Kalau kamu merasa barangnya tidak kunjung sampai, maka hal pertama yang dilakukan adalah rutin melakukan cek resi.
(Poin ini penting untuk tau status pengiriman barang sesuai basis data Wahana.)
Untuk melacaknya, ada beberapa cara: (1) Web resmi Wahana, (2) Web pihak ketiga.
(1) Web Resmi Wahana Express
- Buka laman berikut: wahana.com
- Pada laman utama, scroll ke bawah dan temukan sesi Lacak Kiriman.
- Pada kolom Nomor Resi, masukkan no resi yang kamu terima. Bisa langsung 10 nomor resi dengan dipisah menggunakan spasi.
- Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
- Selesai! â
Baca Juga
(2) Web Plugin Ongkos Kirim
- Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
- Pada laman cek resi, akan ada 2 kolom yang perlu kamu isi:
- Ekspedisi (pilih Wahana)
- Nomor Resi (isi no resi Wahana)
- Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
- Selesai! â
ADVERTISEMENTS
Pahami Arti Kode/Istilah Wahana Express
Setelah melakukan cek resi, kamu wajib memahami arti dari setiap informasi yang ditampilkan.
Dari hasil pelacakan Wahana, akan muncul 2 bagian informasi:
- Informasi Pengiriman
- Status Terakhir
Informasi pengiriman akan menampilkan sejumlah data seperti nomor resi, nama pengirim dan penerima, nomor HP pengirim dan penerima, kota asal, serta kota tujuan.
Sedangkan, pada sesi Status Terakhir, kamu dapat melihat riwayat pengiriman. Mulai dari proses pickup oleh kurir, pengantaran ke gudang kota, hingga pengiriman oleh kurir ke alamat tujuan.
Untuk lebih jelasnya, baca rangkuman kami di sini: Arti Kode & Istilah Pengiriman Wahana Express (Beserta Penjelasan Komplit).
ADVERTISEMENTS
Catat Kendala yang Sedang Dialami
Setelah paham apa saja arti dari masing-masing bagian pelacakan, berikutnya kamu bisa catat kendalanya apa saja.
Biasanya, pada proses pengiriman Wahana, kendala yang dialami tidak jauh-jauh dari poin berikut:
- (Notif) Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang.
- (Notif) Gagal terkirim. Harap hubungi CS Wahana.
- Pengiriman untuk layanan prioritas melebihi estimasi waktu.
- Barang yang diterima tidak sesuai alias rusak karena proses antar.
- Barang hilang saat proses pengantaran ke alamat tujuan.
Nah, poin-poin di atas wajib kamu catat + bagian informasi pengiriman seperti nomor resi beserta data pengirim dan penerima (nama, no HP, alamat lengkap).
ADVERTISEMENTS
Komplain ke CS Wahana, Bukan Seller
Bagian ini perlu kami sampaikan, karena seringkali terjadi pada transaksi belanja online. Baik itu di marketplace, IG shop, maupun toko online pribadi.
Kenapa?...