Advertisement

Gaji Kurir J&T Terbaru 2022, Bonus dan Sistem Komisinya

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
21 Januari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Jam kerja kantor J&T lumayan cukup tinggi. Namun, itu bisa membuat gaji kurir semakin tinggi. Tertarik menjadi kurir J&T? Alangkah baiknya tahu dulu berapa total gaji kurir J&T.

Daripada sudah terlanjur menjadi kurir J&T tapi ternyata gajinya kurang sesuai. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberi informasi seputar gaji kurir J&T. Gaji kurir J&T tidak berbeda juah dengan gaji kurir ID Express atau SiCepat dan Anteraja.

Selain memberi informasi gaji kurir di J&T, kami juga akan memberi informasi seputar tunjangan, bonus atau komisi, serta sistem kerja kurir J&T. Sebelum itu, mari simak dulu tiga jenis kurir di J&T.

Jenis Kurir di J&T

Gaji kurir juga bergantung kepada jenis kurir di J&T. Ada dua jenis kurir di J&T, yaitu kurir lapangan atau yang sering disebut sprinter, kurir ekspedisi, dan kurir freelance.

Kurir lapangan adalah kurir yang bertugas mengantar paket sampai ke para pelanggan. Gaji dan bonus kurir jenis ini bisa lebih besar dari kurir ekspedisi.

Sedangkan kurir ekspedisi adalah kurir yang bertugas mengirimkan paket dari satu drop point J&T ke drop point J&T lainnya. Kurir jenis ini, selain mendapat gaji juga bisa mendapat bonus. Namun, tidak sebesar kurir lapangan atau sprinter.

Kurir lapangan dan kurir ekspedisi adalah dua kurir J&T dengan status pegawai tetap. Lain halnya dengan kurir freelance J&T. Kurir freelance J&T adalah kurir dengan status tidak tetap. Gaji kurir ini juga berbeda dengan kurir lapangan dan kurir ekspedisi.

Gaji Kurir J&T

Berapa kira-kira gaji seorang kurir J&T? Gaji kurir J&T berkisar Rp.1.800.000 hingga Rp.4.000.000. J&T memberi upah kepada para kurirnya dengan sistem UMP atau UMK.

Gaji kurir J&T Sidoarjo tentu berbeda dengan gaji kurir J&T di Bangkalan atau Bondowoso. Apalagi kurir-kurir yang ada di kota-kota dengan UMP atau UMK tinggi seperti Jakarta. Gajinya jelas lebih tinggi.

Dengan sistem gaji UMP atau UMK, gaji menjadi kurir di J&T sebenarnya terbilang cukup. Setidaknya cukup untuk kebutuhan sehar-hari seperti makan, membayar tagihan listrik, dan sebagainya. Dengan catatan tidak berlebihan.

Kabar baiknya, selain mendapat gaji pokok, kurir J&T juga akan mendapat berbagai bonus. Gaji yang diterima jelas bisa lebih dari UMP atau UMK. Tidak saja cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Melanikan juga untuk rekreasi dan sebagainya πŸ˜ƒ

Namun, gaji tetap dan bonus hanya berlaku untuk kurir tetap J&T. Bukan untuk kurir freelance. Kurir freelance J&T hanya mendapat gaji dari paket yang mereka kirimkan.

Kurir freelance J&T mendapat upah Rp.1.500 untuk setiap paket yang mereka kirimkan. Jadi, jika dalam satu hari misalnya, kurir freelance bisa mengirim 50 paket, maka upah total atau gaji total yang mereka dapatkan adalah Rp.75.000.

Bonus atau Komisi Kurir J&T

Selain gaji pokok, para kurir tetap J&T juga sudah dinanti dengan berbagai bonus. Gaji para kurir tetap J&T bisa 2 kali lipat dari UMP atau UMK jika termasuk dengan bonus.

Para kurir J&T akan mendapat bonus sesuai dengan jumlah paket yang berhasil mereka kirimkan sampai ke tujuan dengan benar dan tanpa ada catat apa pun.

Kurir J&T akan memperoleh bonus dari setiap paket yang mereka kirimkan. Tidak tanggung-tanggung, besaran bonus untuk satu pengiriman paket adalah Rp.1.000.

Selain itu, ada juga bonus jika berhasil mencapai target pengiriman paket harian. Bonus bagi para kurir yang mencapai target harian adalah Rp.50.000. Cukup besar buka?

Bayangkan saja jika dalam 26 hari, para kurir bisa mengirim 50 paket setiap harinya. Total bonus yang akan mereka dapatkan kurang lebih bisa mencapai Rp.3.000.000.

Semakin banyak paket yang berhasil dikirimkan ke pelanggan, akan semakin besar pula bonus yang mereka dapatkan setiap bulannya. Jadi, berapa total gaji kurir J&T?

  • Gaji pokok Rp.2.000.000 (untuk daerah Jogja dan sekitarnya);
  • Bonus pengiriman 50 paket Rp.1.500.000;
  • Bonus mencapai target harian Rp.1.500.000.
Para kurir tetap J&T bisa mendapat total gaji mencapai Rp.5.000.000 untuk setiap bulannya. Dua kali lipat dari UMP atau UMK Jogja bukan. Malah lebih, hampir tiga kali lipat πŸ˜ƒ

Jangan langsung tergiur dengan besaran gajinya. Sebelum menjadi kurir J&T, ada baiknya juga tahu cara kerja seorang kurir di J&T. Biasanya, gaji besar itu karena beban kerjanya juga besar πŸ˜‚

Cara Kerja Kurir J&T

Salah satu keuntungan menjadi kurir di J&T adalah sistem kerja J&T juga memungkinkan para kurir untuk mendapat banyak bonus tambahan setiap harinya.

Selain itu J&T juga merupakan jasa pengiriman yang tidak mengenal hari libur. Kamu tetap bisa mendapat penghasilan meski hari Minggu atau di hari-hari libur nasional.

Kamu mungkin bisa sedikit membayangkan jika seandainya dalam satu hari seroang kurir J&T bisa mengirim 75 paket. Bonus yang mereka dapatkan berarti Rp.75.000. Padahal itu belum termasuk gaji pokok mereka.

Meskipun para kurir J&T menerima gaji lumayan besar, pekerjaan kurir J&T juga sebenarnya sama saja dengan kurir-kurir yang lain. Seperti kurir JNE atau Anteraja misalnya.

Tugas utama kurir di J&T sendiri adalah mengantarkan paket sampai ke pelanggan dengan selamat dan tepat waktu. Selain itu, kurir hanya juga diminta untuk membuat laporan pengiriman yang sudah selesai saat kembali ke kantor.

Namun, kurir J&T juga bisa terkena dengan jika paket yang mereka kirimkan tidak sampai ke pelanggan tepat waktu. Bagaimana? Tertarik menjadi kurir di J&T?

Dengan menjadi kurir di J&T kamu akan mendapat gaji bulanan, bonus, dan tunjangan sekaligus. Namun, kamu harus menjadi kurir tetap di J&T. Cara agar menjadi kurir tetap mudah, kamu hanya tinggal daftar menjadi kurir di J&T saja πŸ˜ƒ

Cara Daftar Kurir J&T

Setelah menjadi kurir tetap J&T, kamu berhak menerima gaji pokok, bonus, serta tunjangan setiap bulannya. Tidak seperti kurir freelance yang hanya mendapat gaji dari setiap paket yang mereka antarkan.

Cara menjadi kurir di J&T cukup mudah. Ketika J&T membuka lowongan kurir, kamu hanya tinggal melamar saja. Kamu hanya perlu melengkapi syarat-syarat yang mereka minta. Berikut ini syarat menjadi kurir di J&T;

  1. Pria/wanita, usia minimal 21 tahun;
  2. Pendidikan minimal SMA atau sederajat;
  3. Tanggung jawab dan disiplin;
  4. Punya SIM C aktif (untuk kurir lapangan);
  5. Punya SIM A aktif (untuk kurir ekspedisi);
  6. Memiliki SKCK aktif;
  7. Berpengalaman menjadi kurir;
  8. Tidak bertato;
  9. Bebas narkoba;
  10. Berorientasi pada hasil kerja.

Selain itu, siapkan juga surat lamaran kerja dan CV terbaru yang berisi biodata dan pengalaman kerja. Masukkan surat lamaran tersebut, CV, dan semua syarat ke amplop atau map.

Setelah itu, antarkan saja lamaran tersebut ke kantor J&T yang sedang membuka lowongan sebagai kurir. Bilang ke petugas bahwa kamu akan melamar pekerjaan sebagai kurir di J&T. Bisa juga melalui WA atau email jika pihak J&T bersedia.

Setelah resmi menjadi kuri tetap J&T, selain mendapat gaji pokok dan bonus, kamu juga akan mendapat beberapa tunjangan. Lumayan bisa untuk tabungan πŸ˜ƒ

Tunjangan Kurir J&T

Tunjangan yang para kurir J&T dapatkan sebenarnya merupakan hasil dari potongan gaji setiap bulannya. Para kurir akan mendapat tunjangan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Jadi, para kurir tetap J&T akan mendapat kartu BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. Tunjangan BPJS kesehatan bisa digunakan selama masih menjadi kurir tetap di J&T.

Sedangkan tunjangan BPJS ketenagakerjaan baru bisa dicairkan setelah kurir keluar dari J&T. Setelah dua tahun bekerja menjadi kurir di J&T misalnya, kemudian keluar. Baru setelah itu bisa mencairkan BPJS ketenagakerjaan.

Besaran BPJS ketenagakerjaan bisa mencapai Rp.2.500.000 untuk masa waktu kerja kurang lebih selama dua tahun di J&T. Bisa buat buka usaha kecil-kecilan πŸ˜ƒ

FAQ

  • Berapa jam kerja kurir J&T?

Jam kerja kurir J&T mulai pukul 08.00 – 20.00 waktu setempat atau 12 jam kerja. Buat kamu yang suka berkendara seharian penuh, mungkin cocok jika menjadi kurir J&T πŸ˜‚

  • Bagaimana cara menghubungi kurir J&T?

Biasanya para kurir J&T akan menghubungi lebih dulu jika mau mengantar paket. Kamu bisa simpan nomer itu jika mau menghubungi kurir J&T di lain waktu, jangan modus πŸ˜‚

  • Apa saja layanan J&T Express?

Ada EZ, ECO, dan J&T Super. EZ adalah layanan untuk estimasi paket sampai 2 – 3 hari. Β ECO layanan untuk 1 – 15 hari. Sedangkan J&T Super adalah layanan untuk 1 – 2 hari paket sampai.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait gaji kurir J&T. Jangan lupa untuk membawa mantol ketika musim hujan tiba. Menjadi kurir di J&T, hujan atau panas paket harus tetap sampai ke tujuan.

Terima kasih sudah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman atau saudara. Kamu bisa share artikel ini melalui Whatsapp, Facebook, atau media sosial lainnya. Semoga bermanfaat…

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *