Advertisement

Gaji Kurir ID Express 2022: Sistem Kerja, Tunjangan & Bonus

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
21 Januari 2022
Waktu membaca
5 Menit

Masih belum dapat pekerjaan di tahun 2022? Coba saja jadi kurir di ID Express. Soal gaji, tenang. Kali ini kami akan memberi informasi seputar gaji kurir ID Express.

ID Express masih tergolong ekspedisi baru di Indonesia. Namun, gajinya tidak jauh berbeda dengan misalnya gaji kurir Anteraja atau gaji kurir SiCepat.

Selain memberi informasi seputar gaji para kurir, kami juga akan memberi informasi seputar tunjangan dan bonus. Bahkan sekaligus sistem kerja para kurir ID Express.

Menjadi kurir di ID Express selain mendapat gaji pokok, juga akan mendapat tunjangan, dan bonus. Tanpa berlama-lama lagi berikut gaji kurir di ID Express.

Gaji Kurir ID Express

Gaji kurir di ID Express berkisar Rp.1.800.000 hingga Rp.4.000.000. Gaji itu belum termasuk berbagai tunjangan dan bonus. Melainkan baru gaji pokok saja.

ID Express memberi gaji kepada para kurirnya dengan sistem UMR. Jadi, gaji para kurir bisa tidak sama untuk setiap daerah. Gaji kurir-kurir untuk daerah Jogja tentu tidak sama dengan gaji kurir di Solo. Apalagi untuk mereka yang jadi kurir ID Express di Jakarta.

Dengan sistem gaji UMR, para kurir bisa mendapat gaji layan cukup layak. Tidak kecil tapi juga tidak besar. Namun, cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja.

Kabar baiknya, selain mendapat gaji pokok, para kurir ID Express juga akan mendapat berbagai tunjangan lho. Gaji yang kamu terima pasti bisa lebih dari UMR πŸ˜ƒ

Tunjangan Kurir ID Express

Ada berbagai tunjangan untuk para kurir ID Express. Tunjangan tersebut bisa membuat gaji para kurir ID Express lebih dari UMR. Lumayan, ada tunjangan perawatan kendaraan, tunjangan kesehatan, dan berbagai tunjangan-tunjangan lainnya.

Total dari tunjangan yang bisa diterima para kurir bisa mencapai Rp.500.000, bahkan lebih. Tunjangan perawatan sebesar Rp.150.000, tunjangan kesehatan Rp.125.000, tunjangan kehadiran Rp.150.000, dan tunjangan lainnya Rp.75.000.

Jika ditambah dengan gaji pokok yang senilai Rp.4.000.000, maka total gaji bisa mencapai Rp.4.500.000. Padahal itu juga belum termasuk bonus.

Selain tunjangan, para kurir juga akan mendapatkan berbagai bonus. Nah loh, gaji jadi kurir di ID Express masih bisa tambah gede lagi berarti jika ditambah bonus πŸ˜ƒ

Bonus Kurir ID Express

Selain tunjangan, para kurir ID Express juga sudah dinanti dengan berbagai bonus. Jerih payah para kurir mengantarkan paket seharian benar-benar terbayarkan.

Kurir ID Express akan memperoleh bonus dari setiap paket yang mereka kirimkan. Tidak tanggung-tanggung, bonus untuk 1 buah paket adalah Rp.1.000.

Bayangkan saja jika dalam satu bulan ia berhasil mengirimkan 1.000 paket. Total bonus bisa mencapai Rp.1.000.000. Rp.1.000.000 itu baru bonus, belum gaji pokok dan tunjangan.

Semakin banyak paket yang berhasil dikirimkan ke pelanggan, akan semakin besar pula bonus yang mereka dapatkan setiap bulannya. Jadi, berapa total gaji kurir ID Express?

Para kurir ID Express bisa mendapat gaji total mencapai Rp.5.500.000 untuk setiap bulannya. Ternyata gaji para kurir ID Express bisa jauh lebih besar dari UMR πŸ€‘

Tapi, jangan langsung tergiur dengan gajinya. Sebelum menjadi kurir ID Express, ada baiknya kamu juga tahu cara kerja seorang kurir di ID Express. Biasanya, gaji besar itu karena beban kerjanya juga besar lho, jangan salah πŸ˜‚

Cara Kerja Kurir ID Express

Meskipun para kurir menerima gaji yang cukup besar, pekerjaan seorang kurir di ID Express juga sama dengan kurir-kurir yang lain. Seperti kurir JNE atau kurir J&T.

Untungnya, cara kerja di ID Express memungkinkan para kurir untuk mendapat bonus tambahan, yaitu bonus dari setiap paket yang dikirimkan.

Tugas utama kurir di ID Express sendiri adalah mengantarkan paket sampai ke pelanggan dengan selamat, tepat waktu, dan benar-benar utuh alias segel paket tidak terbuka.

Selain itu, kurir hanya juga diminta untuk membuat laporan pengiriman yang sudah selesai saat kembali ke kantor. Bagaimana? Mudah bukan cara kerja kurir ID Express?

Nah, agar kamu bisa mendapat gaji bulanan, tunjangan, dan bonus, kamu harus menjadi kurir tetap di ID Express. Caranya mudah, kamu hanya tinggal daftar menjadi kurir di ID Express. Setelah itu, siap-siap saja dapat gaji setiap awal bulan πŸ˜ƒ

Cara Daftar Kurir ID Express

Setelah menjadi kurir tetap ID Express, kamu akan menerima gaji setiap bulannya. Lumayan bukan, setidaknya bisa jadi penghasilan tetap dan tambahan buat kebutuhan sehari-hari

Semua kurir ID Express akan akan menerima upah kurang lebih Rp.5.500.000 atau sesuai dengan UMR daerah di mana mereka di tempatkan.

Cara menjadi kurir di ID Express terbilang mudah. Ketika ID Express membuka lowongan pekerjaan sebagai kurir, kamu tinggal melamar saja. kamu hanya perlu melengkapi syarat-syaratnya. Berikut ini syarat menjadi kurir di ID Express:

  1. Pria, usia maksimal 30 tahun;
  2. Sehat jasmani dan rohani;
  3. Mau belajar dan cepat beradaptasi;
  4. Pendidikan minimal SMA atau sederajat;
  5. Punya motor sendiri;
  6. Punya STNK dan SIM C yang aktif;
  7. Punya HP android RAM minimal 2GB;
  8. Paham wilayah di mana kamu akan ditempatkan;
  9. Bersedia bekerja 6 hari dengan 1 hari libur atau shift;
  10. Bersedia ditempatkan di area yang ditentukan.

Selain itu, siapkan saja surat lamaran kerja dan CV terbaru yang berisi data diri dan pengalaman kerja. Masukkan surat lamaran, CV, dan semua surat ke amplop atau map.

Setelah itu, antarkan ke kantor ID Express yang sedang membuka lowongan sebagai kurir. Bilang saja ke petugas bahwa kamu akan melamar pekerjaan sebagai kurir.

Berhubung ID Express memberi bonus untuk setiap paket yang dikirimkan, kamu bisa mendapat gaji lebih besar setelah menjadi kurir di ID Express dari gaji pada umumnya πŸ˜ƒ

IDlite Express Bikin Gaji Kurir Makin Besar

Salah satu layanan ID Express yang bisa membuat gaji kurir bisa semakin besar adalah adanya layanan IDlite Express. Dengan layanan ini, siapa pun hanya perlu membayar setengah dari harga standar yang sudah ditetapkan.

Layanan IDlite Express hanya membebankan setengah harga untuk paket yang beratnya tidak lebih dari 510 gram. Belum banyak ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman semacam IDlite Express ini.

Biasanya, meski berat paket 510 gram atau bahkan di bawahnya akan tetap dihitung 1 kg. Harga atau biaya yang harus dibayarkan atau dibebankan juga terhitung 1 kg.

Dengan layanan IDlite ini, bukan tidak mungkin ID Express akan kebanjiran paket untuk dikirimkan. Jika sudah demikian, siapa lagi yang diuntungkan kalau bukan para kurir ID Express.

Dengan kata lain, layanan pengiriman IDlite Express ini adalah salah satu inovasi yang dibuat oleh ID Express yang bisa membuat gaji para kurir di ID Express semakin besar πŸ˜ƒ

FAQ

  • Apa saja layanan yang ditawarkan oleh ID Express?

ID Express mempunyai 3 layanan utama yaitu STD Express, SMD Express, dan IDlite Express. STD Express adalah pengiriman paket dengan estimasi sampai 2 – 5 hari.

SMD Express adalah pengiriman paket pada hari yang sama sampai pada tujuan. Sedangkan IDlite Express adalah layanan yang sama dengan Reguler, namun ongkos kirim lebih murah selama berat paket tidak lebih dari 510 gram.

  • Bagaimana cara mengirim paket lewat ID Express?

Cara mengirim paket lewat ID Express bisa dengan dua cara. Pertama, datang langsung ke gerai ID Express terdekat. Kedua, dapat menggunakan fitur pickup. Paket akan dijemput oleh kurir. Namun, pelanggan harus lebih dulu terdaftar di aplikasi iDexpress.

  • Berapa jam kerja kurir ID Express?

Jam kerja kurir ID Express mulai pukul 08.00 – 23.00 waktu setempat. Namun dengan model shifting. Jadi kurir hanya bekerja kurang lebih 7 jam saja. Dalam satu minggu, kurir ID Express akan bekerja selama 6 hari dan libur 1 hari.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait gaji kurir ID Express. Besaran gaji yang diterima cukup besar. Namun tetap sesuai dengan UMR setiap daerah. Semakin tinggi UMR semakin besar pula gaji yang bisa diterima.

Terima kasih sudah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke teman, saudara, atau siapa saja. Bisa lewat Whatsapp, Facebook, atau media-media sosial yang lain. Semoga bermanfaat…

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

2 Comments

  1. Kurir berkata:

    Kami jd kurir id express kok g sesuai gajinya.. Uang bensin g ada.. Pas trening cm dpt gaji perpaket itupun cm Rp.750.😭..terus perhari yg bs absen masuk cm 4org kurir lainya cm gotongroyong dbyar per paket.

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Waduh, yang sabar ya kak. Semoga bisa dapat kerjaan yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *