Advertisement

Gaji Kurir Shopee Express 2022 Tiap Bulan Lebih dari UMP

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
22 Januari 2022
Waktu membaca
4 Menit

Selain ada kurir Shopee Food, ada juga kurir Shopee Express. Gaji kurir Shopee Express bisa lebih besar dari gaji kurir J&T atau kurir JNE. Tertarik menjadi kurir Shopee Express?

Jangan buru-buru, baiknya tahu dulu berapa gaji kurir Shopee Express. Di artikel ini kami akan memberi informasi seputar gaji kurir Shopee Express kok, tenang saja.

Selain itu, kami juga akan memberikan informasi seputar trik agar para kurir Shopee Express bisa mendapat gaji lebih besar dari UMP. Sebelum itu, ada yang harus kamu tahu selain soal gaji. Menjadi kurir di Shopee itu tidak seperti menjadi kurir di misalnya JNE atau J&T.

Sistem Kurir di Shopee Express

Sistem kurir di Shopee Express juga ada kaitannya dengan gaji. Jadi, siapa pun yang mau melamar menjadi kurir di Shopee Express juga harusnya tahu soal sistem kerja di Shopee Express.

Jika beberapa jasa ekspedisi seperti JNE, J&T, Anteraja, SiCepat, Ninja Express, dan bahkan yang masih baru seperti ID Express menggaji para kurirnya dengan gaji pokok karena mereka merupakan para kurir tetap, maka lain dengan Shopee Express.

Sistem kurir di Shopee Express itu seperti kurir freelance. Sehingga para kurir di Shopee Express juga akan digaji layaknya seperti para kurir freelance, yaitu digaji per paket yang diantarkan.

Gaji Kurir Shopee

Para kurir Shopee Express akan digaji sesuai dengan jumlah paket yang berhasil mereka antarkan. Jadi semakin banyak paket yang diantarkan, semakin banyak juga gaji yang diterima.

Shopee Express memberi gaji Rp.1.800 untuk setiap paket kepada para kurir. Jika dalam sehari para kurir bisa mengirim, misalnya 30 paket, maka mereka akan mendapat gaji Rp.54.000 per hari.

Gaji dalam sebulan jadi kurir di Shopee Express (30 hari) berarti Rp.54.000 x 30, totalnya mencapai Rp.1.620.000, lumayan bukan 😃

Loh, katanya gaji jadi kurir Shopee Express lebih dari UMP, kok cuma Rp 1,6 juta?. Sebentar, berikut ini tips atau cara agar gaji jadi kurir di Shopee Express bisa lebih dari UMP.

Cara Agar Gaji Kurir Shopee Lebih dari UMP

Gaji para kurir bisa lebih dari UMP. Bahkan bisa dua kali lipat dari UMP. Syaratnya hanya satu, mereka mau mengantarkan paket dalam jumlah yang banyak dalam satu hari kerja.

Cara Shopee Express menggaji para kurirnya itu beda dengan misalnya J&T menggaji kurir-kurirnya. Shopee Express punya sistem gaji sendiri yang malah menguntungkan para kurirnya.

Di Shopee Express, gaji per paket yang diantarkan para kurir akan semakin tinggi jika paket yang berhasil mereka antarkan semakin banyak. Kurir mana yang digaji dengan sistem seperti itu?

Di ID Express misalnya, kurir digaji dengan sistem gaji pokok, bonus, dan beberapa tunjangan. Di Anteraja juga hampir sama, yang beda hanya bonus dan tunjangannya saja.

Para kurir Shopee Express, jika dalam sehari berhasil mengantarkan paket sebanyak 40 paket, maka mereka akan mendapat jaminan gaji sebesar Rp.115.000 dalam satu hari kerja.

Berarti, jika dalam satu bulan para kurir bekerja selama 26 hari dan berhasil mengantarkan 40 paket per harinya, gaji yang mereka dapatkan adalah Rp.115.000 x 26 hari.

Para kurir akan mendapat total gaji mencapai Rp.2.990.000 per bulan, sudah lebih dari UMP untuk daerah Jogja dan Solo bukan 😊

Namun, itu jika para kurir Shopee hanya bisa mengantar 40 paket dalam sehari. Jika bisa lebih dari itu, gajinya akan jauh lebih tinggi lagi. Bahkan bisa mencapai Rp 5 jutaan.

Gaji para kurir juga akan semakin tinggi lagi jika berhasil mengantarkan paket minimal 80 paket dalam sehari kerja. Satu paketnya akan dihargai sebesar Rp.2.213.

Jika dihitung-hitung para kurir akan mendapat gaji 80 x Rp.2.213, Rp.177.040 dalam sehari. Dalam sebulan (30 hari kerja) para kurir Shopee Express akan mendapat total gaji mencapai Rp.5.311.000. UMP Jakarta saja lewat 🤑

Sekarang gaji menjadi kurir di Shopee Express sudah lebih dari UMP. Bahkan UMP Jakarta sekali pun. Bagaimana? Tertarik menjadi kurir di Shopee Express? Daftar dulu jadi kurir Shopee Express.

Cara Daftar Shopee Express

Biar kamu bisa dapat gaji Rp 5 juta tiap bulan, kamu harus daftar dulu menjadi kurir tetap di Shopee Express. Meski Shopee menggaji kurirnya seperti kurir freelance, tetap saja harus daftar dulu.

Selama belum mendaftar menjadi kurir, gaji sebesar apa pun tidak bisa kamu terima. Shopee Express hanya akan menggaji para kurir-kurir yang sudah resmi mendaftar.

Tenang, cara daftar menjadi kurir di Shopee Express mudah. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut syarat menjadi kurir di Shopee Express;

  • Laki-laki;
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun;
  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat;
  • Punya motor;
  • Memiliki SIM aktif;
  • Memiliki HP;
  • Bisa berkomunikasi dengan baik;
  • Paham rute perjalanan;
  • Sehat jasmani serta rohani.

Selain itu, siapkan juga surat lamaran dan CV terbaru yang berisi data diri dan pengalaman kerja. Masukkan semua syarat, surat lamaran, dan CV, ke satu amplop atau map. Setelah itu, datang ke kantor Shopee Express. Bilang saja mau melamar menjadi kurir.

Namun, pastikan bahwa kantor yang akan didatangi tersebut memang sedang membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi seorang kurir. Jika tidak, percuma saja datang ke kantor. Satu lagi, sedikit informasi tambahan, daftar menjadi kurir di Shopee Express itu gratis.

FAQ

  • Apa itu hub transit Shopee Express?

Hub transit Shopee Express adalah tempat pemberhentian sementara paket sebelum sampai ke penerima. Jika paket berstatus hub transit, maka artinya paket masih ada di gudang Shopee Express. Lokasinya bisa di kota tujuan maupun kota lain.

  • Berapa lama pengiriman Shopee Express Standar?

Para kurir harus mengirimkan paket dalam jangka waktu 1 – 3 hari sejak paket itu diterima. Semakin cepat paket itu diantarkan, semakin banyak juga peluang mendapat gaji yang tinggi.

  • Bagaimana cara menghubungi kurir Shopee Express?

Para kurir Shopee Express biasanya akan menghubungi lebih dulu lewat WA jika mau mengantarkan paket. Simpan saja kontak tersebut jika mau menghubungi kurir Shopee di lain waktu. Kontak customer service Shopee Express sendiri adalah 1500702.

Akhir Kata

Demikian kira-kira informasi seputar gaji kurir Express. Menjadi kurir Shopee Express bisa mendapat gaji kurang dari UMP. Namun juga lebih dari UMP, bahkan dua kali lipat.

Bagi yang belum tahu saja, Shopee Express adalah jasa pengiriman yang khusus untuk Shopee. Shopee akhirnya membuat layanan jasa pengriman sendiri setelah merasa banyak paket yang dibeli dari Shopee terlalu lama sampai ke tangan pembeli.

Layanan Shopee Express sendiri memiliki setidaknya empat layanan, yaitu standard, sameday, instant, dan hemat. Standard untuk lama pengiriman 1 – 3 hari, sameday untuk 24 jam, instal untuk 3 jam, sedangkan hemat untuk 2 – 14 hari paket sampai.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website PintarJualan.id dan membaca artikel ini sampai selesai. Seperti biasa, jangan lupa untuk share artikel ini, semoga bermanfaat…

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *