Cara Menggunakan Planable untuk Menjadwalkan Konten Media Sosial

Anisa 09 Dec 2023 3 Menit 0

Ada banyak social media management tools yang berfungsi untuk mengelola konten di media sosial. Salah satunya Planable.io. Bagaimana cara menggunakan Planable?

Kamu bisa baca panduan lengkap tentang Planable ini di artikel kami. Tentunya akan berguna bagi kamu yang hendak mengelola konten-konten di media sosial secara teratur serta konsisten.

Dengan begitu, promosi produk melalui media sosial bisa tersalurkan secara optimal dan berkesempatan untuk membuka kolaborasi bersama brand tertentu.

Tak perlu lama-lama, ikuti yuk tutorial dan penjelasan lengkapnya mengenai Planable.io di bawah ini!

1. Apa itu Planable?

Planable atau Planable.io adalah tool atau software yang berfungsi untuk mengelola konten yang akan dibagikan melalui media sosial seperti Facebook, X, Instagram, TikTok, Pinterest, dan sebagainya.

Tool bernama Planable ini akan membantu para pebisnis yang hendak memasarkan produk atau pun konten lewat media sosial dengan sistem penjadwalan serta publikasi yang sederhana tanpa harus spamming.

Saat ini Planable telah digunakan oleh berbagai perusahaan dan agensi di dunia, seperti: Pizza Papa John, United Nations (UN), tribal worldwide, Springfield, dan sebagainya.

Uniknya, Planable menyediakan fitur kalkulasi yang diperuntukkan bagi calon pebisnis untuk mengetahui seberapa banyak uang yang bisa disimpan jika menggunakan fitur software ini berdasarkan hourly rate (jumlah bayaran) dan anggota tim.

Contoh:Tim kamu terdiri dari 6 orang dengan bayaran per jamnya $10, maka berarti dengan Planable kamu bisa menyimpan uang sebanyak $2.520 (Rp39.150.972,00 menurut kurs per 8 Desember 2023).

2. Fitur Planable

Saat ini Planable menawarkan beberapa fitur andalan dan fitur-fitur canggih lainnya yang dapat digunakan oleh pebisnis untuk menjalankan strategi bisnis mereka termasuk pendistribusian konten.

Berikut beberapa fitur andalan yang ditawarkan oleh Planable:

  • Social Media Management meliputi publikasi konten, penjadwalan konten yang akan dibagikan ke media sosial terkait, membuat perencanaan, dan mengunggah konten yang disetujui.
  • Marketing Calendar yakni berisi layanan untuk menjadwalkan postingan, menjadwalkan kampanye iklan, mengumumkan sebuah event penting, merilis liputan terbaru, dan segala aktivitas yang berkaitan dengan penjadwalan konten.
  • Analytics yakni untuk mengukut seberapa berhasilnya konten tersebut, capaian engagement, membuat laporan, dan menganalisis strategi yang digunakan untuk mengembangkan konten.

Sementara itu, fitur-fitur basic yang dapat digunakan oleh pengguna pada masa percobaan (trial) meliputi:

  • Pembuatan workspace yang terdiri dari penjadwalan konten
  • Mempublikasikan konten disertai hashtag yang relevan
  • Membuat jadwal atau visualisasi konten lewat kalender, dll

Meski tak sebanyak alat social media management lainnya, akan tetapi software ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin belajar mengatur serta mengelola konten dari berbagai brand lewat satu halaman dashboard.

ADVERTISEMENTS

3. Cara Menggunakan Planable untuk Menjadwalkan Konten di Media Sosial

Kalau kamu tertarik dengan social media management tool seperti Planable untuk mengelola konten media sosial milik klien, kami akan memberikan tutorial penggunaannya.

Inilah cara menggunakan Planable untuk menjadwalkan konten di media sosial:

ADVERTISEMENTS

3.1. Daftar dan Buat Akun Gratis

Langkah pertama adalah kamu harus membuat atau mendaftar akun di Planable.io terlebih dahulu.

Untuk membuat akun bisa melalui dua cara yakni daftar manual lewat menu Sign Up atau daftar melalui akun Facebook dan Gmail.

Kami memilih mendaftar melalui Facebook supaya lebih mudah dan cepat.

Silakan kamu buka planable.io, kemudian klik menu Product dan pilih Social Media Management. Lalu klik Try for Free.

Jika sudah berhasil login, silakan ketikkan nama perusahaan/agensi/nama kamu sendiri sebagai freelancer.

Kelebihan menggunakan planable

ADVERTISEMENTS

3.2. Buat Workspace

Setelah berhasil daftar akun di Planable, saatnya klik Create a Workspace. Isi workspace tersebut dengan nama pekerjaan atau brand yang sedang ditangani. Contoh: Pintarjualan.

Cara manajemen konten media sosial pakai planable

Kemudian atur waktu dengan memilih (GMT+07:00) Jakarta dan klik Next.

Jika belum ada klien, klik Invite Later untuk skip atau melewatkannya.

ADVERTISEMENTS

3.3. Hubungkan dengan Sosial Media

Pada tahap ini, opsi seluruh media sosial yang akan digunakan untuk sharing konten kamu pun muncul. Mulai dari Facebook, Instagram, X, TikTok, YouTube, dan lain-lain.

masing-masing dari media sosial tersebut dan tambahkan halaman media sosial kamu. Misalnya Facebook, silakan klik Add Facebook Pages.

Cara menggunakan planable untuk kolaborasi konten di media sosial

Kemudian Go To Integration list dan klik Mark as completed.

Lakukan autorisasi, kemudian beri akses ke fanspage facebook kamu agar bisa dikelola.

3.4. Biaya Berlangganan Planable

Biaya berlangganan atau paket berlangganan yang ditawarkan Planable terbilang sangat terjangkau bila dibandingkan alat manajemen media sosial yang lain.

Jadi, menurut kami tool ini sangat cocok bagi pengusaha yang membangun bisnis kreatif modal kecil, karena biaya untuk promosi lewat konten tidak terlalu besar.

Lalu berapa paket berlangganan Planable?

  • PaketGratis atau masa percobaan dengan ketentuan: 50 postingan, tidak termasuk membagikan konten ke X dan pengalaman yang tidak terbatas bagi pengguna selama eksplor fitur di dalamnya
  • PaketBasic per bulannya hanya $11 (setara dengan Rp170.500 per 8 Desember 2023)
  • PaketPro per bulannya $22 (setara dengan Rp341.000 per 8 Desember 2023)
  • Paket Custom atau layanan yang disesuaikan dengan keinginan pengguna/pebisnis ( Untuk memilih paket ini, kamu dapat menghubungi layanan Planable ya)

Kesimpulan

Ternyata mudah sekali ya cara menggunakan Planable untuk mengelola konten media sosial supaya tetap produktif, engagement naik, dan tentunya menjangkau banyak audiens secara organik.

Selain alat manajemen media sosial, kamu juga bisa melengkapi kegiatan digital marketing menggunakan email marketing tools terbaik untuk pitching brand lain.


Janganlupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *