Cara menggunakan ChatGPT untuk media sosial sangatlah mudah. Kamu bisa bikin ideasi konten, content planner, meminta rekomendasi hashtag yang populer, dan lain-lain.
Dengan memanfaatkan aplikasi AI ini, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan ide maupun topik konten setiap harinya untuk diunggah ke Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, hingga YouTube.
Cukup dengan memasukkan prompt sesuai kebutuhan, tunggu sebentar, dan ChatGPT akan menghasilkan informasi yang kamu butuhkan.
Namun bagaimana pengguanan prompt ChatGPT yang tepat untuk membuat konten media sosial? Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Apa itu ChatGPT
ChatGPT adalah model bahasa buatan OpenAI yang dapat digunakan oleh masyarakat secara luas untuk menghasilkan informasi yang relevan dengan memasukkan prompt (perintah berupa teks tertentu).
Banyak manfaat ChatGPT yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan bisnis dan kehidupan sehari-hari. Termasuk membuat ideasi konten, membuat 30 topik konten dalam 30 hari, membuat naskah atau skrip konten video Reels, YouTube, dan TikTok, serta masih banyak lagi.
Kini membuat konten untuk media sosial sudah tidak begitu sulit semenjak munculnya ChatGPT. Selain gratis, tools berteknologi AI ini juga mudah digunakan (user friendly).
Penasaran kan manfaat lain dari ChatGPT untuk konten media sosial? Yuk, baca pembahasan selanjutnya.
2. Manfaat ChatGPT untuk Konten Media Sosial
ChatGPT punya peran cukup besar dalam dunia digital, terutama untuk pembuatan konten media sosial serta industri konten kreatif.
Tak sedikit perusahaan yang memanfaatkan aplikasi AI paling populer ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis mereka. Mulai dari pembuatan ide hingga eksekusinya.
Jika kamu ingin mengetahuinya lebih dalam, inilah manfaat ChatGPT untuk konten media sosial:
- Digunakan untuk membuat caption media sosial seperti Facebook, Instagram, dan description box Youtube
- Membantu menciptakan ideasi konten, username, nama brand, dan lain-lain
- Membuat content planner dalam 30 hari
- Memberikan rekomendasi hashtag (tagar) yang relevan dengan topik konten
- Merekomendasikan brand, nama selebgram, influencer, dan artis yang akan diajak berkolaborasi serta endorsement sesuai dengan jenis konten yang dipublikasikan
- Memberikan tips dan trik untuk optimasi konten serta profil media sosial
- Bikin script/naskah untuk video, reels, dan audio yang akan digunakan dalam publikasi konten
- Bantu menentukan judul postingan yang tepat dan unik
- Rewrite atau parafrasa isi konten milik content creator lain
- Bikin daftar dan jawaban QnA saat live streaming di media sosial
- Menjawab respon customer di media sosial dengan cepat, tepat, dan sesuai konteks yang mereka bicarakan
Nah, banyak sekali kan manfaatnya? Makanya, belajar yuk cara menggunakan ChatGPT untuk media sosial mulai dari sekarang!
ADVERTISEMENTS
3. Tata Cara Menggunakan ChatGPT untuk Media Sosial
Saat menggunakan ChatGPT, kamu pasti sering mendengar kata ‘prompt’, bukan? Nah, prompt adalah perintah berupa teks atau pertanyaan yang diajukan pengguna saat mengoperasikan ChatGPT.
ADVERTISEMENTS
3.1. Rumus Prompt ChatGPT untuk Konten Media Sosial
Formula atau rumus prompt ChatGPT untuk membuat konten media sosial dapat dimulai dengan:
- Memilih tone (Tentukan kata sapaan atau panggilan seperti ‘aku’, ‘saya’, ‘kamu’, ‘Anda’)
- Cobalah berperan sebagai seseorang dengan menggunakan persona/pekerjaan/expertis/roleplay/status (misalnya social media specialist)
- Disusul nama brand/jenis usaha kamu (opsional)
- Barulah tulis pertanyaan atau perintah secara spesifik
- Pilih bahasa yang digunakan (contohnya bahasa Indonesia)
- Batasi jumlah paragraf atau kalimat yang kamu inginkan dari ChatGPT (opsional)
ADVERTISEMENTS
3.2. Tutorial Pakai ChatGPT untuk Membuat Konten Media Sosial
Sebelum membuat prompt atau perintah teks yang tepat, mari pelajari dulu cara menggunakan ChatGPT untuk media sosial sebagai berikut:
- Buka ChatGPT lewat browser atau aplikasi
- Gunakan peran sesuai pekerjaan atau posisi kamu (Misalnya kamu jadi seorang content creator, media social specialist, copywriter, dan lain-lain serta meminta ChatGPT berperan sebagai persona yang kamu inginkan. Contoh menjadi supervisor content creator)
- Awali dengan sapaan dan buat prompt. Misalnya, âHi, ChatGPT. Saya adalah seorang content creator yang ingin mengunggah konten tentang bisnis dengan modal kecil. Tolong buatkan content planner untuk instagram selama 30 hari yang berkaitan dengan jenis bisnis tersebutâ
- Apabila ChatGPT hanya memberikan informasi sampai hari 24 saja, kamu bisa ketikkan lagi prompt âteruskan menulis sampai hari 30â
- Selesai! Kamu punya 30 ide konten tentang bisnis modal kecil yang bisa dipublikasikan setiap hari selama satu bulan
Sebagai bentuk realisasinya, kami akan memberikan beberapa contoh prompt ChatGPT untuk pembuatan konten media sosial.
ADVERTISEMENTS
4. Contoh Prompt ChatGPT untuk Media Sosial
Sebagian besar pegiat media sosial dan content creator menggunakan ChatGPT untuk mencari ideasi, topik konten, hashtag dan rekomendasi influencer yang relevan dengan konten mereka.
Begini contoh prompt ChatGPT untuk membuat konten media sosial yang bisa digunakan:
4.1. Ideasi Konten
Jika kamu sedang dalam tahap membangun personal branding lewat media sosial, tetapi masih bingung memilih topik atau ide-ide konten yang akan diangkat, cobalah pakai ChatGPT.
Berikut contoh prompt ChatGPT untuk mengembangkan ideasi konten media sosial:
“Saya seorang content creator pemula dan masih bingung menentukan ide konten yang akan saya pilih untuk membangun personal branding saya di media sosial. Namun saya suka sekali dengan memasak dan sharing resep. Tolong rekomendasikan 5 ide konten untuk konten saya dengan tema memasak dan berbagi resep sehari-hari.”
4.2. Buat Caption untuk Instagram dan Facebook
Bingung mau bikin caption untuk feed Instagram dan Facebook? Jangan panik! Gunakan saja ChatGPT dengan mengetik prompt seperti ini:
“Saya seorang content creator yang ingin memperkenalkan produk kuliner khas Semarang. Bisakah buatkan saya 5 contoh caption menarik untuk memperkenalkan makanan khas kota Semarang?”
Mudah bukan? Jualan di Instagram makin laris dengan menambahkan caption atau judul dari ChatGPT.
4.3. Bikin Content Planner (Perencanaan Konten)
Content planner atau perencanaan konten kerap jadi persoalan yang rumit bagi para content creator dan tim kreatif karena untuk menentukan topik selama 7 hari berturut-turut tidaklah mudah.
Baca Juga
Content planner adalah strategi yang dirancang dan dibuat khusus supaya setiap konten mencapai kesuksesan berdasarkan target yang ditentukan.
Nah, kehadiran ChatGPT sangat membantu para influencer, selebgram, bahkan pemilik bisnis online untuk membuat content planner setiap harinya. Perhatikan contoh di bawah ini:
“saya seorang penjual ayam krispy pedas manis, tolong buatkan content planner dengan tema ‘ayam krispy pedas manis’ selama 7 hari ke depan agar bisa diupload ke Instagram dan TikTok”
4.4. Analisis Media Sosial
Ingin tahu hasil analisa ChatGPT terhadap akun media sosialmu atau akun milik kompetitor? Coba manfaatkan ChatGPT.
Cara menggunakan ChatGPT untuk media sosial, khususnya menganalisa data diperlukan beberapa langkah seperti mengumpulkan data, memproses data, dan barulah bisa dianalisis.
Prompt ini cocok bagi kamu yang kerap menggunakan layanan iklan di Instagram Ads, TikTok Ads, Facebook Ads, tetapi hasilnya kurang maksimal.
“Bisakah kamu membantu menganalisa media sosial dengan data yang saya cantumkan berikut:
- Jumlah viewers per 29 Juli: 100100
- Jumlah klik suka konten: 8700
- Jumlah komentar dari audiens: 5000
- Para pengunjung rata-rata berusia 35 tahun, padahal target pasar berusia 24-30 tahun
- Pengunjung konten dan profil paling tinggi dari Malaysia sejumlah 7100 orang, Indonesia sebanyak 3000 orang. Padahal target utama saya adalah orang Indonesia.
- Jumlah followers bertambah: 4500
Melihat dari data tersebut, tolong analisa dan berikan solusi untuk akun saya yang setiap hari menayangkan video parodi hasil karya sendiri”
4.5. Menemukan Influencer atau Selebgram yang Tepat
Salah satu manfaat ChatGPT untuk bisnis, baik skala UKM, UMKM, hingga perusahaan besar adalah menemukan rekomendasi influencer, selebgram, hingga artis yang paling cocok untuk mempromosikan produk mereka.
Perlu diketahui bahwa memilih publik figur tidak boleh asal. Paling tidak kriterianya harus sesuai dengan citra brand, followers aktif (bukan fiktif), punya engagement tinggi, dan sebagainya.
Lalu, bagaimana cara membuat prompt untuk menemukan rekomendasi selebgram atau influencer yang tepat untuk akun bisnis di media sosial? Coba pakai ini:
“Tolong rekomendasikan 10 nama akun instagram di Indonesia yang fokus membuat konten kuliner”
Dan inilah informasi yang diberikan ChatGPT.
5. Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT untuk Media Sosial
Walaupun kini cukup diandalkan oleh banyak orang, baik individu, perusahaan, serta instansi ternama, tetapi faktanya ChatGPT juga punya kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui oleh setiap pengguna.
Berikut kelebihan dan kekurangan ChatGPT untuk media sosial:
5.1. Kelebihan ChatGPT
- Serbaguna karena dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti meminta ideasi, bikin content planner, rekomendasi brand, pemberitahuan launching produk, aturan giveaway, dan sebagainya
- Memberikan inspirasi bagi pengguna, terutama content creator yang sering mengalami stuck ide
- ChatGPT dapat menyesuaikan tone yang diketik pengguna. Misalnya (aku, saya, kamu, dan lain-lain)
- Tingkat akurasi seluruh informasi yang dihasilkan oleh ChatGPT 90%
- Risiko kesalahan menulis kecil, karena dihasilkan oleh robot
- Dapat memberikan review brand kompetitor secara subjektif
- Meningkatkan trafik website lewat media sosial
- Meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu bekerja
- Penggunaan ChatGPT-3.5 gratis, sehingga sangat membantu bisnis kecil menengah dan content creator pemula
- ChatGPT menyimpan data percakapan sebelumnya, sehingga jawaban yang berkaitan dengan konteks yang sama masih relevan (nyambung)
5.2. Kekurangan ChatGPT
- Jika prompt yang dimasukkan kurang spesifik, informasi yang diberikan masih bersifat umum dan belum memenuhi ekspektasi
- Tidak bisa digunakan untuk memberikan informasi yang bersifat privasi seperti perkiraan budget kompetitor, strategi bisnis perusahaan tertentu, dan sebagainya
- Pengguna harus cek dan membaca ulang seluruh informasi yang dihasilkan ChatGPT sebelum mempublikasikannya
- Terkadang jawaban tidak konsisten
- Belum mampu menyediakan informasi seputar bisnis terbaru (2023) yang sedang viral dan populer di kalangan netizen
- Jika satu akun ChatGPT digunakan oleh beberapa orang, bisa terjadi eror
Sekarang sudah tahu kan cara menggunakan ChatGPT untuk media sosial, rumus, dan contoh prompt yang mesti ditulis? Semoga membantu kamu yang sedang belajar menggunakan aplikasi ini ya.
FAQ
Apakah teknologi ChatGPT dapat digunakan untuk membuat konten media sosial?
ChatGPT dapat digunakan untuk mengembangkan akun dan konten media sosial lewat pemilihan caption, pemilihan topik yang tepat, ideasi konten, dan analisis data.
Apakah ChatGPT gratis?
ChatGPT versi 3.5 dapat digunakan secara gratis oleh siapa pun, sedangkan ChatGPT-4 atau ChatGPT Plus hanya dapat digunakan jika pengguna membayar biaya berlangganan $20 per bulan (Rp304.000)
Kesimpulan
Mudah kan cara menggunakan ChatGPT untuk media sosial? Apalagi kamu masih bisa mengembangkannya lagi untuk keperluan yang lain.
Selain itu, karena antara media sosial dan pemasaran digital tidak dapat dipisahkan, cobalah mempelajari cara menggunakan ChatGPT untuk pelajari pula cara membuat prompt ChatGPT untuk digital marketing agar bisnis dan media sosial kian berkembang.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar ekpedisi khususnya Shopee Express Standard dan Instant dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.
Sumber: Tulisan di atas merupakan hasil uji coba dan riset penulis dengan memanfaatkan ChatGPT demi menghasilkan artikel yang insightful bagi pembaca.