Siapa nih yang selalu nggak sabar menanti suara “Pakeeeet” dari J&T di depan rumah? Sebagai penerima sekaligus pembeli, kamu wajib tahu cara mengetahui nama kurir J&T Express.
Kenapa harus begitu? Karena bila terjadi masalah pada barang, pemesan bisa langsung kroscek ke pihak ekspedisi selaku jasa pengiriman dan akan diteruskan kepada yang bersangkutan alias kurirnya secara langsung.
Mungkin hal ini tampak sepele, akan tetapi sangat berguna lho!
Sebab menyangkut validasi paket dan tentunya berpengaruh pada tingkat kepuasan kita sebagai konsumen!
Tunggu apa lagi, simak penjelasan lengkapnya berikut!
Pentingnya Mengetahui Nama Kurir
Kurir adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan ekspedisi yang bertugas mengantar, menjemput, dan membawa paket dari tangan pengirim ke pihak penerima.
Biasanya seluruh paket akan dibawa ke kantor drop point terlebih dahulu sebelum diantar kepada pemesan atau penerima barang.
Eh, memangnya penting banget ya mengetahui kurir-kurir yang membawa paket kita? Banget dong!
1. Melacak Tindak Pencurian
Pernahkah kamu mendengar sebuah kasus yang pernah ramai di kalangan netizen? Tentang hilangnya sebuah barang berharga milik seorang penerima paket di kawasan Pesisir Barat, Lampung.
Peristiwa tersebut menimpa seorang bocah yang sedang bermain HP di ruang tamu dan dikagetkan oleh kedatangan kurir pengantar paket.
Si bocah pun lantas memanggil ibunya dan bergegas mengambil uang di laci warung untuk membayar paket tersebut.
Sayangnya, saat kembali lagi ke ruang tamu, HP miliknya sudah raib dan kurir telah pergi begitu saja.
Setelah dicek, ternyata pencuri ponsel adalah kurir J&T tersebut. Walhasil, Polsek Pesisir Utara, Pesisir Barat, Lampung pun mengamankan pelaku.
Nah, dari kejadian tersebut bisa kita simpulkan kalau setiap penerima paket mesti tahu siapa kurir yang mengantarkan paket ke rumahnya!
ADVERTISEMENTS
2. Komplain ke Pihak Ekspedisi
Masalah berikutnya yang biasa terjadi saat proses pengiriman yaitu kondisi barang telah berubah.
Maksudnya sudah ada bagian-bagian yang tidak sempurna.
Kesalahan pertama, peluang kerusakan terjadi karena penjual tidak menerapkan cara packing barang yang aman.
Kedua, barang sudah dikemas secara tepat sesuai standar dan kebutuhan, tetapi ketika berada di transit atau bandara sengaja dilempar oleh petugas.
Ketiga, karena kurir pengiriman tidak hati-hati membawanya.
Jika penyebab ketiga ini yang paling dominan, penerima bisa mengajukan komplain dan klaim paket ke perusahaan ekspedisi yang bersangkutan untuk meminta ganti rugi dan sebgainya.
ADVERTISEMENTS
3. Klaim Barang Hilang
Selain terjadi kerusakan, masalah berikutnya yang juga dialami oleh sejumlah pembeli adalah kehilangan barang.
Umumnya barang-barang bernilai tinggi seperti smartphone, laptop, TV, juga gadget yang sering diincar oleh oknum tak bertanggung jawab dan kebetulan bekerja sebagai kurir.
Sayangnya, meskipun hal ini beberapa kali dialami oleh konsumen, tetapi pengaduan mereka seringnya tidak mendapat tanggapan apalagi kejelasan dari pihak ekspedisi.
Oleh karena itu, kamu mesti tahu betul nama petugasnya agar bisa menelisik dan membuat laporan.
Karena bila dibiarkan saja, kejahatan akan merajalela dan nama jasa pengiriman yang akan tercoreng.
ADVERTISEMENTS
4. Pengaduan Atas Sikap yang Tidak Profesional
Mei 2022 lalu, seorang konsumen menuliskan sebuah surat sebagai bentuk dan cara komplain ke pihak J&T atas sikap kurirnya yang dianggap tidak profesional.
Pengaduan tersebut berlangsung akibat sikap kurir yang secara lancang menyerahkan paket milik pembeli ke seller hanya karena masalah sepele.
Baca Juga
Permasalahan makin membesar ketika kurir melakukan pengembalian paket dilakukan tanpa persetujuan penerima, sehingga terjadilah kasus tersebut.
Jika kamu mengalami masalah serupa, langsung saja ya adukan nama kurir ke atasan atau pihak admin J&T.
ADVERTISEMENTS
5. Menanyakan Paket
Pentingnya cara mengetahui nama kurir J&T juga berhubungan erat dengan komunikasi serta permasalahan paket.
Misalnya saja terjadi gagal kirim berulang kali sehingga paket harus dikirimkan keesokan harinya.
Kalau barang harus segera digunakan, tentu pembeli akan merasa tidak senang bila hal tersebut terjadi secara terus-menerus.
Walhasil, harus kontak kurir untuk meminta kepastian perihal paket yang dibawanya.
Entah menunggu atau mengambilnya sendiri ke kantor agen J&T terdekat.
6. Bertanya Soal Keagenan
Dengan mengetahui nama kurir dan menyimpan kontaknya, kamu juga bisa bertanya seputar cara menjadi agen J&T Express.
Biasanya bertanya lewat kurir yang sudah lama bekerja dengan J&T jauh lebih efisien ketimbang mengirimkan pesan ke bagian pusat.
Kurir jauh lebih responsif dan cepat tanggap karena pengguna sama saja membangun berkomunikasi secara langsung, bukan dilayani oleh mesin bot chat.
Mereka juga lebih leluasa membantu customer dengan memberikan kontak bagian keagenan wilayah cabang.
Perlu dicoba deh pokoknya!
Cara Mengetahui Nama Kurir J&T Lewat Web
Untuk mengecek nama kurir J&T yang sedang bertugas di lapangan mengirim barang, kamu bisa melalui dua hal, yakni marketplace (misalnya Shopee) dan website tracking resi.
Cara mengetahui nama kurir J&T yang paling akurat bisa dilakukan melalui website resminya atau pun aplikasi J&T, karena terkadang nama karyawan tersebut tidak muncul di halaman “Pesanan Saya” di Shopee.
Ada pun langkah-langkah memeriksa nama kurir:
- Buka menu “Pesanan Saya” di Shopee
- Kemudian klik pemberitahuan “Paket telah diterima (nama pengirim) yang bersangkutan”
- Scroll ke bawah dan klik copy nomor resi pengiriman seperti yang ada pada contoh screen shoot di atas
- Setelah itu, silakan buka website resmi J&T dan paste atau masukkan nomor resi tersebut dan klik “Seacrh”
- Masukkan kode CAPTCHA sesuai perintah
- Nah, langsung terlihat kan nama kurir yang membawa paket kamu ke rumah?
Cara di atas juga bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi J&T Express ya. Tutorial dan langkah-langkahnya pun sama.
FAQ
Q: Apakah penerima paket bisa mengubungi kurir J&T Express terkait keterlambatan pick up atau gagal kirim?
A: Setiap pengguna yang menggunakan aplikasi J&T Express dan telah dihubungi langsung oleh kurir bisa melakukan chat sehubungan dengan paket, tarif ongkir, dan sebagainya.
Q: Bagaimana jika kurir J&T telat pick up paket?
A: Apabila kurir terlambat menjemput paket, maka pengguna bisa komplain melalui layanan yang tersedia atau langsung konfirmasi untuk pembatalan pick up dan mengantarkan barang secara langsung ke kantor agen J&T terdekat.
Q: Bagaimana cara mengetahui nama kurir J&T di Shopee yang tidak muncul?
A: Pembeli bisa memeriksa nama kurir J&T melalui website maupun aplikasi J&T untuk mengecek informasi detil mengenai proses pengriiman, termasuk melihat nama lengkap pengirim (kurir) paket.
Q: Mengapa kurir J&T yang mengantar paket ke rumah selalu berbeda setiap hari?
A: Pengirim paket atau kurir bisa berganti dan berubah setiap hari menurut jadwal, tugas, serta wilayah yang ditangani. Selain itu, pergantian juga bisa terjadi karena adanya shifting atau rolling waktu kerja.
Penutup
Sampai di akhir pembicaraan ini, pasti kamu mulai memahami ya pentingnya cara mengetahui nama kurir J&T Express.
Terutama setelah mengetahui berbagai kasus yang menimpa dan dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab di atas, kamu jauh lebih berhati-hati.
Makanya, yuk follow Instagram @Pintarjualan.id supaya tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai hal-hal unik dan menguak beberapa tips di dunia ini!