Cara Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok Untuk Jualan Produk

Anisa 30 Agu 2022 4 Menit 0

Sebagai pengguna setia, pernahkah kamu berbelanja di TikTok Shop? Kalau iya, simak cara memunculkan keranjang kuning di TikTok agar orang lain juga bisa membeli produk yang dicantumkan.

Banyak netizen yang saat ini menghabiskan waktunya scrolling TikTok sampai berjam-jam untuk melihat video-video lucu.

Nah, daripada hanya dimanfaatkan untuk aktivitas tersebut, kenapa tidak menarik pengguna lain agar checkout produk di TikTok Shop yang tak kalah menariknya dengan marketplace?

Apalagi pengembalian barang di TikTok Shop juga terbilang mudah.

Kamu juga bisa melihat sekaligus menampilkan barang-barang belanjaan dengan memanfaatkan fitur keranjang kuning di TikTok lho!

Apa Itu Keranjang Kuning TikTok?

Keranjang kuning adalah sebuah tautan berisi produk, game, dan beragam kategori lainnya yang akan membawa pengunjung pada halaman yang disisipkan di dalamnya.

Dengan mengakses keranjang kuning tersebut, seorang pengguna (sebagai affiliate marketer) akan memperoleh penghasilan atau bonus.

Sedangkan bagi pengunjung (pembeli) atau pengguna lain bisa berbelanja produk yang direkomendasikan.

Cara Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok

“Setiap pengguna yang ingin menampilkan keranjang kuning di TikTok harus mendaftar TikTok Shop terlebih dahulu atau paling tidak sudah tergabung ke dalam program TikTok Affiliate. Jika syarat ini tidak dipenuhi, maka fitur add link dan keranjang kuning tidak akan muncul”

Bagaimana cara memunculkan keranjang kuning di TikTok? Simak panduan lengkapnya berikut!

  1. Masuk ke akun TikTok kamu
    Cara memunculkan keranjang kuning di tiktok adalah
  2. Klik ikon “+” untuk membuat video atau konten
    Cara mengaktifkan keranjang kuning di tiktok
  3. Unggah atau bikin video dan klik “Berikutnya”
  4. Klik “Tambah Tautan”
  5. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman TikTok Shop, klik “Mulai” untuk melanjutkannya
  6. Klik “Tambahkan produk” untuk menambah barang
    Cara menambah produk di keranjang kuning tiktok

    Credit by dailysocial. Id

  7. Setelah itu akan muncul dua opsi, yakni TikTok Shop dan Affiliate. Silakan pilih salah satu. Jika kamu tidak atau belum daftar TikTok Shop, gunakan opsi “Affiliate”. Namun bila kamu seorang penjual dan punya beberapa produk di TikTok Seller, silakan klik “TikTok Shop”
  8. Selanjutnya pilih beberapa produk yang ingin ditambahkan ke keranjang kuning dengan klik “Tambah”

    Langkah langkah memunculkan keranjang kuning tiktok

    Credit by dailysocial. Id

  9. Setelah itu, kembali ke halaman posting konten dan keranjang kuning di TikTok pun muncul secara otomatis
  10. Terakhir klik “Unggah” atau “Post” untuk mengunggah konten

Penyebab Keranjang Kuning Tidak Muncul

Kenali beberapa penyebab fitur atau opsi “Add Link” tidak muncul di akun TikTok milik kamu dan solusi untuk mengatasinya!

1. Belum Mendaftar TikTok Shop atau TikTok Affiliate

Syarat pertama cara memunculkan keranjang kuning TikTok adalah pengguna harus mendaftar TikTok Shop atau TikTok Affiliate (program afiliasi TikTok).

Tanpa mendaftar terlebih dahulu, maka TikTok tidak akan mengenali aktivitas pengguna yang gemar berbelanja via media sosial yang satu ini.

Jadi, sebaiknya mendaftarkan akun ke salah satu di antara TikTok Shop atau TikTok Affiliate.

Namun saran kami, sebaiknya kamu daftar TikTok Shop karena paling mudah dilakukan dan pengguna bisa mendaftarnya melalui website di PC.

Jangan lupa, gunakan nomor yang sama untuk login ke akun TikTok basic ya.

2. Tidak Menggunakan Alamat Email

Apakah kamu termasuk pengguna yang mendaftar TikTok menggunakan nomor telepon?

Karena beberapa TikTokers yang login akun menggunakan nomor HP melewatkan rekomendasi penambahan alamat email sehingga, akun dinilai belum terverifikasi.

Padahal dengan memasukkan alamat email yang juga digunakan untuk sign up ke TikTok Shop membuat kedua akun antara TikTok dan TikTok Shop terhubung secara tidak langsung.

Oleh karena itu, agar opsi “Add link” benar-benar muncul, silakan masuk ke menu pengaturan dan privasi > kelola akun > tambahkan alamat email dan verifikasi akun.

3. Menggunakan TikTok Lite

Walaupun TikTok Lite bisa menghasilkan uang, akan tetapi tetap saja ada beberapa kekurangan yang dirasakan oleh pengguna.

Menurut pengalaman beberapa pengguna, mereka tidak bisa belanja atau memanfaatkan TikTok Lite untuk melihat barang belanjaan sebanyak mungkin.

Salah satu penyebabnya karena opsi “Add Link” enggan muncul meski akun sudah ditautkan ke TikTok Shop.

Memang tidak banyak yang mengalaminya, karena kemungkinan dikarenakan sistem eror atau ada pengaturan yang masih salah.

Bila kamu menemukan masalah serupa, cobalah untuk mengutak atik bagian pengaturan atau beralih ke TikTok standar.

4. Aplikasi Belum Diperbarui

Penyebab berikutnya “Add Link” tidak ada di menu publikasi konten adalah aplikasi TikTok belum diperbarui sama sekali.

Maka dari itu, setiap pengguna mesti update aplikasi secara berkala agar beberapa fitur tampil secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa logout terlebih dahulu dan masuk kembali menggunakan nomor HP terdaftar, memasukkan kode OTP, dan menambahkan email.

5. Belum Ada Produk di TikTok Shop

Nah, ini nih penyebab yang paling banyak dialami oleh hampir sebagian besar TikTok Shop Seller.

Niat hati ingin menambahkan produk, tetapi yang muncul justru opsi permainan mini game.

Tahukah kamu? Ketika belum ada satu pun produk yang terunggah ke akun TikTok Shop, maka kamu juga tidak akan bisa menambahkan link berupa produk yang ingin dijual ke konsumen.

Oleh karena itu, tambahkan 2 hingga 5 produk ke akun TikTok Shop Seller terlebih dahulu.

Nantinya kumpulan produk tersebut bisa dilihat di bagian riwayat keranjang TikTok Shop.

6. Akun Masih Baru Belum Dikelola

Apakah akun TikTok yang kamu bikin masih berumur jagung? Alias baru digunakan dalam waktu seminggu dan belum dikelola sepenuhnya?

Bisa jadi itulah masalahnya.

Ketika akun TikTok masih dalam hitungan hari, bahkan TikTok Shop juga baru saja dibuat, maka kemungkinan keranjangan kuning tidak muncul.

Terlebih lagi kalau jumlah following dan follower masih sangat sedikit.

Guna mengatasi hal tersebut, sering-seringlah untuk berinteraksi dengan TikTokers lain dan ajaklah untuk saling follow akun secara bergantian.

7. Alihkan ke Akun Bisnis

Faktor ketidakmunculan opsi “Add Link” atau pun keranjang kuning di halaman publikasi konten TikTok juga bisa dikarenakan akun belum diubah menjadi akun bisnis.

Sebab beberapa pengguna mengungkapkan, ketika mereka mengganti dari akun pengguna biasa ke akun bisnis, tautan untuk menambah produk baru muncul.

Cara beralih ke akun bisnis pun sangat gampang lho! Cukup klik menu pengaturan dan privasi > kelola akun > alihkan ke akun Bisnis.

Selamat mencoba ya!

FAQ

Q: Kenapa keranjang kuning di TikTok belum muncul juga?

A: Setelah mendaftar TikTok Shop dan TikTok Affiliate, pengguna harus menunggu 24 jam – 48 jam sampai keranjang kuning atau opsi “Add Link” muncul di halaman publikasi konten.

Q: Mengapa link tautan TikTok Shop tidak mau muncul?

A: Link atau tautan TikTok Shop akan muncul apabila pengguna telah memenuhi syarat dan kebijakan TikTok. Pertama, minimal berusia 18 tahun (sudah legal dan dianggap dewasa). Kedua, memperbarui aplikasi TikTok dan verifikasi akun TikTok Shop. Ketiga, melengkapi serangkaian proses pendaftaran dengan benar.

Q: Mengapa akun TikTok Shop tidak mau terhubung dengan akun TikTok standar?

A: Agar bisa menautkan TikTok Shop dengan TikTok standar, pengguna harus mengunduh kedua aplikasi tersebut. Karena baik TikTok dan TikTok Shop dibuat secara terpisah.

Seperti halnya Tokopedia untuk belanja biasa dengan Tokopedia untuk seller untuk berjualan secara online.

Penutup

Itulah penyebab sekaligus cara memunculkan keranjang kuning di TikTok yang terbaru.

Kamu bisa melakukan dan mempraktikkan beberapa tips di atas agar berhasil.

Jangan menyerah dan selamat mencoba ya! Eits, sebelum pergi, jangan lupa untuk follow akun IG @Pintarjualan.id.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *