Cara Memilih Jasa Pengiriman di Lazada Seller Center [+Aturannya]

Anisa 11 Jul 2022 4 Menit 0

Dengan hadirnya layanan Lazada Paylater, para pengguna kini tidak perlu khawatir akan kebutuhan di waktu genting. Berbeda dengan para penjual yang masih bingung mengatur cara memilih jasa pengiriman di Lazada Seller Center.

Ya, sebagai salah satu e-commerce besar yang makin banyak diminati masyarakat Indonesia, penggunaan fitur-fitur di Lazada tampaknya sudah diatur sedemikian rupa.

Termasuk fitur pengembalian barang di Lazada, juga Top up dan bayar tagihan lewat beberapa metode pembayaran, serta lainnya.

Aturan Mengganti Jasa Pengiriman di Lazada

Berbeda dari cara daftar Official Store di Tokopedia yang membebaskan penjual untuk memilih jasa ekspedisi barang, para seller di Lazada tampaknya tidak demikian.

Mengapa ya? Berikut alasannya!

1. Pengguna Tidak Dapat Mengubah Langsung

Ya, baik para pembeli maupun penjual tidak dapat mengubah layanan jasa pengiriman atau partner logistik sesuai keinginannya.

Hal tersebut kemungkinan dikarenakan aturan dan kerja sama antara Lazada dengan pihak terkait.

Bahkan banyak nama toko online yang berjualan di Lazada mengaku enggan mengubah opsi kurir.

Mulai dari ditolak oleh sistem, tidak support, cara yang dinilai ribet, dan masih banyak lagi.

Akibatnya hampir seluruh penjual memilih pasrah dengan preferensi yang sudah dipilihkan oleh Lazada.

Walaupun sebenarnya mereka ingin sekali menggunakan jasa kurir yang dekat dengan toko tempatnya berdomisili saat ini.

“Mengubah dan mengganti jasa pengiriman barang di Lazada tidak dapat dilakukan secara sepihak dan harus melalui beberapa proses yang cukup panjang.

Minimal proses pengajuan akan memakan waktu kurang lebih 14 hari (dua minggu) selama hari kerja.

Bahkan penjual terkadang harus menghubungi Customer Service Lazada terlebih dahulu agar permintaannya dikabulkan”

2. Memprioritaskan Ekspedisi Internal

Lazada dulu dan Lazada yang sekarang memang berbeda.

Terlebih lagi menyangkut persoalan jasa ekspedisi yang berlaku di platform tersebut.

Ya, bila dulu ekspedisi utama Lazada mengarah pada JNE, kini hanya beberapa yang aktif.

Sebut saja Lex Express atau LazExpress, yaitu sebuah ekspedisi yang berasal dan didukung secara internal oleh Lazada sendiri.

Kendati begitu, Lex Express memberikan satu keuntungan bagi pembeli lewat layanan COD barang.

Sehingga, pembeli juga diizinkan untuk membatalkan pesanan COD di Lazada yang masuk ke list pesanan akun seller center milik penjual sekali pun.

3. Memanfaatkan Pusat Bantuan Lazada

Proses pengajuan untuk mengganti jasa pengiriman tidak langsung dan tidak selalu berhasil.

Oleh karena itu, penjual disarankan agar menggunakan fitur Pusat Bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut,

Ya, mencari jalan tengah yang terbaik dan sesuai dengan lokasi toko online berada.

Apabila drop off jauh, kurir tidak kunjung datang, alamat telah pindah, dan sebagainya maka seller juga pasti akan merasa kesulitan.

Cara satu-satunya pasti memilih jasa ekspedisi yang paling banyak digunakan seperti J&T, JNE, dan NinjaExpress.

4. Opsi Pengajuan Menentukan Keberhasilan

Baca Juga

Setidaknya kini terdapat 3 opsi pengajuan sebagai penentu keberhasilan dalam mengubah jenis pengiriman.

Tiga-tiganya meliputi:

  • Sukses yang berarti proses pengajuan berhasil dan jasa ekspedisi suskes diubah serta berganti dengan pilihan terbaru dari pihak penjual
  • Dalam proses artinya pengajuan masih dalam proses peninjauan dan review oleh sistem; apakah disetujui atau ditolak, sehingga penjual harus menunggu setidaknya 2 minggu lamanya.
  • Maaf Gagal yang memberitahu penjual bahwa jasa pengiriman pilihannya gagal diubah karena beberapa alasan tertentu. Untuk mencari tahu penyebabnya, penjual dapat menanyakan langsung pada CS atau membaca detail penolakan tersebut.

5. Pengubahan Jasa Ekspedisi Ketika Terdapat Transaksi
Riwayat transaksi seller center

Sepertinya pengguna lama sudah mengetahui peraturan baru cara memilih jasa pengiriman di lazada.

Yups, jenis pengiriman hanya bisa diubah ketika terdapat data atau transaksi yang masuk dari pembeli.

Maksudnya adalah apabila dalam daftar penyedia pengiriman kosong (biasanya dijumpai pada akun seller yang baru pertama kali mendaftar Seller Center dan belum ada transaksi sama sekali), maka pemilihan jasa pengiriman paket tidak dapat diubah atau update.

Sebab, pemilihan tersebut dapat dilakukan melalui bagian “Tindakan” dalam fitur “Pengaturan”.

Di luar itu semua, pengguna terutama penjual tidak dapat mengubahnya.

6. Memilih Jasa Pengiriman Tidak Berlaku bagi Pembeli

Bukan hanya dari sisi penjual, sejak tahun 2020 pembeli juga tidak dapat mengubah jenis pengiriman.

Baik melalui halaman pembelian barang maupun checkout pesanan sekali pun.

Hal ini berhubungan erat dengan kebijakan dan aturan yang sudah diterapkan oleh pihak Lazada untuk menggunakan ekspedisi internal.

Namun, tenang saja! Sampai detik ini, kurir Lazada masih dapat memenuhi target dan mengantarkan paket ke tempat penerima sesuai estimasi.

Cara Memilih Jasa Pengiriman Lewat ASC

Untuk bisa memilih jasa pengiriman di Lazada, pihak platform mengimbau agar seluruh seller melakukannya lewat ASC (Akun Seller Center).

  1. Masuk ke akun Seller Center Lazada
  2. Klik menu “Pengaturan” yang berbentuk ikon profil (di bawahnya menu pusat bantuan)
  3. Scroll ke bawah dan pilih “Penyedia Pengiriman” untuk mengelola jenis ekspedisi atau kurir atau “Layanan Pengiriman” untuk memilih jasa pengiriman yang dikehendaki
    Menu pengaturan jasa pengiriman lazada
  4. Pada bagian kolom “Tindakan”, silakan klik paket yang ingin diubah jasa pengirimannya
  5. Tunggu sistem memprosesnya sampai keluar pemberitahuan baru
    Tutorial mengubah pilihan kurir di lazada
  6. Apabil sudah mendapat notifikasi baru dari Lazada, pilih alasan mengapa ingin mengubah tipe penjemputan atau pun lokasi drop off point
  7. Lalu klik “Berikutnya”
    Halaman konfirmasi penyedia pengiriman lazada
  8. Setelah itu, akan muncul halaman berupa konfirmasi penjembutan dan perubahan jenis pengiriman. Baca ketentuan dan kebijakannya terlebih dahulu. Kalau setuju, langsung klik “Kirim”
  9. Sistem akan meninjaunya terlebih dahulu, sehingga penjual harus menunggunya kembali.

Jika disetujui oleh sistem, maka jenis pengiriman yang dipilih akan berubah dalam kurun waktu 24 jam.

Bahkan kurang dari satu hari, status bisa berubah dengan cepat tergantung sistem.

FAQ

Q: Apa alasan pemilihan jasa pengiriman di Lazada ditolak oleh sistem?

A: Penolakan bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari toko yang belum memenuhi kriteria Lazada, belum ada transaksi berjalan, lokasi drop off point dan pick up ternyata tidak mendukung untuk penjual tersebut.

Q: Berapa banyak opsi jasa pengiriman yang bisa digunakan oleh penjual di Lazada?

A: Hingga detik ini, penjual di Seller Center dapat memilih beberapa perusahaan kurir apabila pengajuannya diterima oleh pihak Lazada. Sebut saja seperti Grab Indonesia, J&T, JNE, Ninja Express, Lex Express, dan lainnya.

Q: Bagaimana cara memilih jasa kurir agar diterima oleh Lazada secara cepat?

A: Untuk menentukan penyedia pengiriman paket, penjual paling tidak sudah memiliki beberapa riwayat orderan dari pembeli dan mengetahui dengan betul lokasi drop off point maupun pick up yang mendukung sistem di Lazada.

Penutup

Sebagai penjual tentunya harus bijak dalam menentukan jasa pengiriman paket agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses pengantaran barang dari lokasi kantor cabang kurir ke rumah si penerima.

Apalagi cara memilih jasa pengiriman di Lazada masih dapat diusahakan sejauh ini, terhitung sejak 2022.

Nah, jika artikel pintarjualan.id ini ternyata dapat memberikan solusi bagi usaha dan bisnis online yang sedang kamu bangun, silakan bagikan sebanyak-banyaknya ya!

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *