Menggunakan layanan RPX belum lengkap jika tidak mengetahui cara komplain RPX terkait komitmen dan estimasi barang di wilayah domestik, nomor resi pengiriman, dan sebagainya.
Pasti repot sekali bukan jika barang yang dinanti-nanti tak kunjung sampai di rumah?
Ditambah lagi status terakhir di website RPX belum juga diperbarui, sehingga bikin panik dan terus mencari cara agar bisa tracking paket.
Tenang saja! RPX telah menyediakan tim layanan seperti CS (Customer Service) yang akan menyelesaikan masalah pelanggan.
Hanya melalui beberapa metode ini, pelanggan tidak perlu khawatir ingin mengajukan keluhan!
Beberapa Cara Komplain Paket ke RPX
Untuk segala pertanyaan dan keluhan, pelanggan bisa menghubungi beberapa layanan tim RPX.
Tentunya dengan metode berbeda.
Lewat RANI
Cara komplain RPX yang pertama dan paling banyak digunakan oleh para pelanggan adalah melalui RANI.
Yaps, RANI merupakan singkatan dari RPX Melayani atau bisa disebut juga dengan CS jasa ekspedisi perusahaan tersebut.
Sama seperti cara komplain Paxel, pengguna bisa menghubungi Customer Empathy.
Jadi masing-masing perusahaan pengiriman barang memiliki identitas dan ciri masing-masing ya.
Nah, jam kerja RANI pun full time alias selama 24 jam dalam satu minggu (24/7).
Lewat RANI, pelanggan RPX bisa menikmati layanan via chat maupun WA dengan permasalahan:
- Informasi terkait tarif ongkir RPX
- Produk dan Fitur RPX
- Cara membuat Air Way Bil atau dokumen AWB
- Pengguna bisa mengetahui jumlah tagihan
- Layanan pick up untuk jemput paket
- Live Chat dengan bagian customer service
Cara Komplain ke Rani via Web
Sebenarnya fitur aduan bernama RANI ini melayani beberapa kontak live chat.
Salah satunya adalah melalui website yang bisa diakses lewat HP maupun PC.
- Masuk ke website RPX
- Scroll ke bawah dan pada bagian pojok kanan bawah, Anda akan menemukan fitur RANI
- Klik “RANI”
- Kemudian muncul formulir untuk diisi. Masukkan seluruh data yang diperlukan (Contoh lihat gambar)
- Langsung saja klik “Chat”
- Setelah itu, bagan chat akan muncul dan tunggu sampai pihak CS RANI mengkonfirmasi dan membalasnya
- Inilah balasan berupa layanan live chat seperti pada kebanyakan customer service maupun pusat bantuan
- Ikuti panduan yang diberikan dan klik opsi sesuai kategori masalah
Pesan memang tidak langsung dibalas, sehingga pengguna harus bersabar terlebih dahulu.
Tips:Pada kolom pertanyaan Anda tidak perlu mengetikkan secara detil permasalahan, karena RANI akan membalasnya dengan metode autoreply.
Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dan memilih opsi paling tepat.
Menghubungi RANI via WhatsApp
Selain metod live chat lewat Web, RANI juga hadir dalam bentuk pesan WhatsApp.
Nomor RANI yang bisa dihubungi oleh pengguna: 0811-7798-800
Format kontak dengan WA sepintas akan mengingatkan pengguna Blibli.
Terutama saat hendak mengajukan komplain untuk hapus akun Blibli.
Yakni bagian CS akan memberikan sebuah produk berisi opsi-opsi yang bisa dipilih oleh pengguna berdasarkan masalah atau pun keluhan yang dihadapi.
ADVERTISEMENTS
Komplain Lewat Call Center
Layanan call center atau pusat bantuan RPX bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah dari para pelanggan. Tanpa terkecuali.
Khususnya mereka yang tengah menggunakan layanan pengiriman barang ekspor impor serta door to door.
Nomor call center sendiri juga berbeda dengan kontak WhatsApp yang digunakan oleh Rani.
Rincian untuk layanan bebas pulsa: 0-800-1-888-900
Sementara nomor Call Center yang aktif dan bisa dihubungi yakni (0217)5911800.
ADVERTISEMENTS
Hubungi Nomor Kantor Cabang RPX Terdekat
Selain cara komplain di atas, pengguna bisa menghubungi nomor kantor cabang terdekat.
Misalnya untuk mengetahui nomor kantor RPX di Surabaya, maka pengguna bisa membuka Google dan mengetikkan “Kantor RPX Surabaya”.
Setelah itu, klik kontak yang tertera di Google Bisnis akun tersebut.
Baca Juga
ADVERTISEMENTS
Kirim Email
Pengguna juga dapat komplain dengan cara mengirim email ke alamat rpxsmile@rpx.co.id.
Bagaimana menulis komplain dan mengajukan klaim atau lainnya lewat email RPX?
Lihat contoh berikut!
- Subjek: Permohonan untuk Update Lokasi Terkini Paket
- Mengisi badan email dengan penjelasan yang sesuai dengan keadaan serta permasalahan
“Selamat pagi, Tim Layanan RPX Indonesia.
Saya adalah pelanggan baru RPX yang kemarin menggunakan layanan Same Day Delivery, akan tetapi sudah lewat estimasi pengiriman dan melampaui komitmen, barang saya belum sampai juga.
Saya sudah mencoba menghubungi beberapa nomor yang biasanya dicantumkan oleh RPX, akan tetapi tidak ada kepastian dan hanya dilempar ke sana kemari.
Paket saya berisi barang yang sedang sangat kami butuhkan, terutama untuk suami dan anak saya.
Sudah saya cek dan pastikan secara berkala, akan tetapi tidak ada update informasi status paket saya.
Padahal sudah lewat dari dua hari. Mohon kejelasannya.
Terima kasih, Nanda.”
ADVERTISEMENTS
Kunjungi Media Sosial RPX Indonesia
Apabila metode-metode di atas belum berhasil juga, maka saatnya untuk mengunjungi media sosial RPX.
Akun medsos milik RPX yang aktif dan bisa menjadi jalan pengaduan adalah Instagram dan Facebook.
â Instagram: @rpx_id
â Facebook: RPXOneStopLogistics
Pengguna bisa meninggalkan komplain di kolom komentar atau pun via chat (private message maupun DM).
Namun, Pintarjualan menyarankan agar pengguna lebih baik komplain di Facebook karena platform tersebut jauh lebih ramai.
Admin atau athor RPX di Facebook jauh lebih responsif dan satsetsatset.
Semoga cara-cara yang dibahas kali ini membantu Anda dalam melacak maupun mendapatkan paket yang dikehendaki ya.
Kekurangan Menggunakan Ekspedisi RPX
Walaupun sudah mengantongi nama besar dan mendapat support dari FedEx, faktanya RPX juga mendapat banyak komplain dari pengguna.
Kira-kira kenapa ya?
1. Pengiriman Lama
Ya, jika melihat track record dan komplain sejumlah pelanggan yang sudah pernah memakai Jasa Ekspedisi terbaik ini, tak sedikit protes melayang.
Hampir kebanyakan pengguna mengeluhkan paket yang tak kunjung sampai dan molor dari estimasi pengirim.
Beberapa di antaranya mencantumkan alasan yang berbeda.
- Paket masih saja berada di gudang dan tidak ada pergerakan
- Paket dinyatakan gagal kirim padahal alamat sudah benar
- Laporan tracking sudah diterima, padahal barang belum sampai pada pemilik (kesalahan informasi)
- Nomor resi atau AWB tidak terdaftar padahal sudah tercetak
2. Pelayanan Komplain Cukup Berbelit
Dalam melayani komplain dan aduan para pengguna, RPX terbilang agak berbelit dan ribet.
Bahkan tak sedikit yang merasa kecewa karena aduannya hanya dibalas oleh mesin bot atau autoreply.
Sehingga mereka tidak mendapatkan informasi aktual yang dibutuhkan.
Bahkan terkadang tim layanan dari RPX terkesan lempar melempar ketika pelanggan mengajukan komplain.
Hal tersebut diketahui melalui screen shoot yang beredar di dunia maya, suara konsumen, dan sebagainya.
Oleh karena itu, pelanggan seolah sulit untuk mendapatkan kejelasan seputar paket miliknya.
3. Pengguna Tidak Bisa Memilih Eskpedisi Lain
Bagi para pembeli barang elektronik dan jenis lainnya di ecommerce atau platform online sebuah perusahaan yang bermitra dengan RPX, maka otomatis pengiriman akan memanfaatkan jasanya.
Imbasnya, pembeli mau tidak mau harus menerima bahwa barang yang dibelinya akan diantar oleh RPX.
Sebab, jasa pengiriman one step logistic ini sudah bermitra dengan perusahaan yang bersangkutan.
Penutup
Pintarjualan berharap kalau metode dan tutorial cara komplain RPX di atas mampu memberikan jawaban yang solutif.
Dapat berguna jika terjadi masalah dengan paket atau pun hal-hal yang berkaitan langsung dengan RPX.
Terima kasih.