Menggunakan layanan RPX belum lengkap jika tidak mengetahui cara komplain RPX terkait komitmen dan estimasi barang di wilayah domestik, nomor resi pengiriman, dan sebagainya.
Pasti repot sekali bukan jika barang yang dinanti-nanti tak kunjung sampai di rumah?
Ditambah lagi status terakhir di website RPX belum juga diperbarui, sehingga bikin panik dan terus mencari cara agar bisa tracking paket.
Tenang saja! RPX telah menyediakan tim layanan seperti CS (Customer Service) yang akan menyelesaikan masalah pelanggan.
Hanya melalui beberapa metode ini, pelanggan tidak perlu khawatir ingin mengajukan keluhan!
Beberapa Cara Komplain Paket ke RPX
Untuk segala pertanyaan dan keluhan, pelanggan bisa menghubungi beberapa layanan tim RPX.
Tentunya dengan metode berbeda.
Lewat RANI
Cara komplain RPX yang pertama dan paling banyak digunakan oleh para pelanggan adalah melalui RANI.
Yaps, RANI merupakan singkatan dari RPX Melayani atau bisa disebut juga dengan CS jasa ekspedisi perusahaan tersebut.
Sama seperti cara komplain Paxel, pengguna bisa menghubungi Customer Empathy.
Jadi masing-masing perusahaan pengiriman barang memiliki identitas dan ciri masing-masing ya.
Nah, jam kerja RANI pun full time alias selama 24 jam dalam satu minggu (24/7).
Lewat RANI, pelanggan RPX bisa menikmati layanan via chat maupun WA dengan permasalahan:
- Informasi terkait tarif ongkir RPX
- Produk dan Fitur RPX
- Cara membuat Air Way Bil atau dokumen AWB
- Pengguna bisa mengetahui jumlah tagihan
- Layanan pick up untuk jemput paket
- Live Chat dengan bagian customer service
Baca Juga
Cara Komplain ke Rani via Web
Sebenarnya fitur aduan bernama RANI ini melayani beberapa kontak live chat.
Salah satunya adalah melalui website yang bisa diakses lewat HP maupun PC.
- Masuk ke website RPX
- Scroll ke bawah dan pada bagian pojok kanan bawah, Anda akan menemukan fitur RANI
- Klik “RANI”
- Kemudian muncul formulir untuk diisi. Masukkan seluruh data yang diperlukan (Contoh lihat gambar)
- Langsung saja klik “Chat”
- Setelah itu, bagan chat akan muncul dan tunggu sampai pihak CS RANI mengkonfirmasi dan membalasnya
- Inilah balasan berupa layanan live chat seperti pada kebanyakan customer service maupun pusat bantuan
- Ikuti panduan yang diberikan dan klik opsi sesuai kategori masalah
Pesan memang tidak langsung dibalas, sehingga pengguna harus bersabar terlebih dahulu.
Tips:Pada kolom pertanyaan Anda tidak perlu mengetikkan secara detil permasalahan, karena RANI akan membalasnya dengan metode autoreply.
Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dan memilih opsi paling tepat.
Menghubungi RANI via WhatsApp
Selain metod live chat lewat Web, RANI juga hadir dalam bentuk pesan WhatsApp.
Nomor RANI yang bisa dihubungi oleh pengguna: 0811-7798-800
Format kontak dengan WA sepintas akan mengingatkan pengguna Blibli.
Terutama saat hendak mengajukan komplain untuk hapus akun Blibli.
Yakni bagian CS akan memberikan sebuah produk berisi opsi-opsi yang bisa dipilih oleh pengguna berdasarkan masalah atau pun keluhan yang dihadapi.
ADVERTISEMENTS
Komplain Lewat Call Center
Layanan call center atau pusat bantuan RPX bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah dari para pelanggan. Tanpa terkecuali.
Khususnya mereka yang tengah menggunakan layanan pengiriman barang ekspor impor serta door to door.
Nomor call center sendiri juga...