Cara Hapus Akun Bukalapak Secara Permanen Lewat Live Chat

Anisa 05 Jul 2022 4 Menit 0

Cara hapus akun bukalapak tidak sama ketika seperti deactive akun media sosial yang langung mendapat persetujuan kurang dari 24 jam.

Bahkan ecommerce yang sempat masuk daftar pengawasan US satu ini memberikan sejumlah persyaratan tertentu bagi penggunanya.

Terutama bagi pihak-pihak yang ingin melakukan delete account selamanya.

Sayangnya, belum begitu banyak pengguna yang mengetahui secara detil proses penghapusan akun di Bukalapak. Beberapa bahkan menganggapn terlalu ribet, padahal tidak sama sekali.

Hanya beberapa langkah berikut, seluruh data dan akun di Bukalapak berhasil dihapus!

Tutorial Menghapus Akun Bukalapak

Setiap pengguna yang ingin benar-benar menghapus akun bukalapak harus mengetahui bahwa sekali hilang, maka akun tidak dapat digunakan kembali.

Akun juga akan otomatis keluar (logout) setelah berhasil dihapus. Bagaimana caranya?

Cara Menutup Akun Bukalapak via Pusat Bantuan

  1. Masuk ke akun Bukalapak sebagai pengguna biasa
  2. Kemudian buka form hapus akun ini
  3. Lalu isi nama, email aktif yang digunakan untuk mendaftar di Bukalapak, Pilih salah satu alasan mengapa akun tersebut dihapus.
  4. Selanjutnya tulis dan jelaskan secara terperinci alasan beserta masalah yang kamu hadapi sehingga harus betul-betul menutup akun
  5. Klik atau bubuhkan centang pada “Saya telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan Penghapusan Akun
  6. Terakhir klik “Kirim”
  7. Barulah kamu akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengisi formulir yang mesti diisi dan wajib diunduh
  8. Tambahkan materai serta tanda tangan di atasnya guna menyetujui seluruh proses penghapusan akun
  9. Lampirkan dokumen pendukung yang wajib seperti KTP/SIM/Paspor (Pilih salah satu) dan foto selfie
  10. Unggah atau kirim kembali seluruh dokumen yang sudah dilengkapi
  11. Tunggu sampai kamu mendapatkan pemberitahuan kembali selama kurang lebih 3 x 24 jam
  12. Bila berhasil, maka akun akan secara otomatis ter-log out dengan sendirinya

Beberapa Alasan Pengguna Hapus Akun

Menurut beberapa pengguna yang telah berhasil menutup akunnya di Bukalapak, berikut segudang alasan yang dipilih sehingga memutuskan untuk menghapusnya

  • Toko selalu sepi dan justru menghabiskan banyak biaya untuk promosi
  • Kurang bisa menangani beberapa toko yang didaftarkan ke berbagai ecommerce
  • Sulit melakukan perubahan akun seperti username, password, dan sebagainya karena ditolak oleh sistem
  • Pelanggan lebih banyak menggunakan aplikasi dari platform lain
  • Ingin membuka toko konvensional dan berhenti berjualan online
  • Berganti usaha dan memulai strategi baru
  • Kurang puas dengan beberapa peraturan dan fitur yang terdapat di Bukalapak

Ketentuan & Syarat Penghapusan Akun Bukalapak

Saat pengguna memutuskan untuk menghapus akun Bukalapak, maka ada beberapa hal yang harus diketahui.

Ketentuan ini bersifat mutlak dan harus diterima oleh seluruh pengguna, baik seller maupun pembeli.

1. Akun Tidak Dapat Diaktifkan Kembali

Akun yang sudah dihapus oleh Bukalapak, maka tidak dapat diaktifkan lagi.

Bahkan pengguna juga tidak dapat mendaftar kembali sebagai pengguna di Bukalapak dengan alamat email, nomor handphone dan username yang sama dengan yang digunakan sebelumnya.

Jadi, apabila ingin mendaftar akun di Bukalapak lagi, maka harus menggunakan identitas yang berbeda.

Mulai dari nomor HP, alamat email, dan username.

Ketentuan nomor satu ini hampir sama dengan cara hapus akun Tokopedia yang sama-sama terjalin atas dasar kesepakatan antara pengguna dengan Bukalapak.

2. Mencairkan Saldo yang Mengendap

Seluruh saldo milik pengguna yang mengendap harus segera dicairkan atau sistem akan menghapusnya.

Sehingga dianggap akan hangus.

Sementara untuk saldo dalam BukaDompet yang nilainya di bawah Rp25.000,00 bisa ditransfer ke akun DANA pengguna.

Apabila pengguna belum memiliki dompet virtual atau e-wallet kekinian tersebut, penting sekali untuk membaca artikel cara daftar DANA serta upgrade ke premium.

3. Tidak Melakukan Kegiatan Transaksi & Lainnya

Sebelum pengguna mengajukan proses penghapusan akun, wajib memastikan kalau tidak ada transaksi yang masih berjalan.

Artinya, pengguna tidak sedang menunggu pesanan, checkout produk di Bukalapak, dan lainnya.

Aturan tersebut berlaku juga untuk seller.

Jika ternyata pengguna, baik pembeli atau pun penjual ternyata masih punya transaksi yang belum selesai, maka tidak dapat mengajukan penutupan akun.

Sehingga secara otomatis proses pengajuan formulir penghapusan akun bakal ditolak oleh sistem.

So,pastikan tidak ada tanggungan, tagihan, pencairan saldo atau transaksi aktif lainnyaya!

4. Penghapusan Akun Tidak Dapat Dibatalkan

Bagi siapa pun yang sudah mengajukan penghapusan akun, maka proses tersebut tidak dapat dibatalkan secara sepihak.

Artinya, ketika penghapusan akun sudah disetujui dan masuk dalam tahap verifikasi, berarti pengguna dianggap telah menyetujui ketentuan dan syarat yang berlaku.

Oleh karena itu, sebelum fix ingin menutup akun, ada baiknya dipikirkan secara matang.

Terutama risiko dan beberapa kerugian lainnya.

5. Cara Hapus Akun Bukalapak lewat Live Chat

Cara hapus akun Bukalapak hanya dapat dilakukan melalui fitur live chat dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Pusat Bantuan.

Berarti, tidak ada akses lain untuk menghapus akun di Bukalapak.

Proses penutupan akun baru akan disetujui apabila pengguna melampirkan beberapa dokumen berikut:

  • KTP atau SIM atau Paspor (pastikan kartu identitas jelas dan tidak rusak/buram/
  • Menyiapkan materai dan tanda tangan
  • Foto selfie terbaru sebagai tanda bahwa akun tersebut benar-benar dipegang langsung oleh pengguna

6. Seluruh Data di Pencarian akan Hilang

Perlu diketahui pula bahwa setelah Bukalapak menghapus akun milik pengguna maka seluruh produk dan data tersebut hilang dari pencarian di internet.

Walaupun tidak akan langsung lenyap, tetapi dapat dipastikan kalau semua data yang pernah diunggah oleh pengguna tidak bisa ditemukan.

Mulai dari produk-produk di etalase akun seller, riwayat pesanan, daftar barang di keranjang, bahkan seluruh histori di dalamnya.

FAQ

Q: Berapa lama proses persetujuan penghapusan akun pengguna Bukalapak?

A: Proses pengiriman formulir sendiri biasanya memakan waktu kurang lebih 1 x 24 jam.

Sedangkan verifikasi penghapusan secara resmi dari Bukalapak akan berlangsung selama 3 x 24 jam (3 hari) selama hari kerja. Sehingga pengguna diharapkan sabar menunggu.

Q: Mengapa pengajuan hapus akun ditolak berulang kali?

A: Penolakan oleh sistem umumnya dapat terjadi karena pengguna masih memiliki transaksi aktif seperti pembelian barang yang belum selesai, masih ada beberapa orderan yang belum diproses, dan hal lainnya yang membuat Bukalapak tidak menyetujuinya.

Q: Apakah data pengguna akan hangus dan hilang begitu saja?

A: Seluruh data milik pengguna tidak akan hilang secara sekejap. Melainkan akan disimpan dulu selama masa retensi atau penahanan sementara sampai benar-benar dihapus dari jejak digital di internet.

Terutama di Bukalapak itu sendiri.

Penutup

Kebijakan tentang penghapusan akun baik yang lama maupun baru dapat berubah sewaktu-waktu.

Sehingga pengguna diimbau agar dapat menyesuaikan situasi dengan setiap peraturan baru yang ditampilkan oleh Bukalapak.

Nah, itulah cara hapus akun Bukalapak yang bisa dilakukan via HP maupun laptop.

Bila kamu masih juga belum bisa menghapus akun di ecommerce satu ini, cobalah untuk menghubungi Bukalapak lewat email resminya.

Semoga artikal dari Pintarjualan kali ini membantu ya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *