Advertisement

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
08 April 2021
Waktu membaca
4 Menit

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya.

Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, kami akan kasih tau caranya + beberapa poin berikut ini:

  • Informasi mengenai bisa / tidaknya akun Tokopedia dihapus,
  • Cara mengajukan tutup akun lewat bantuan Tokopedia Care,
  • Cara menutup akun toko saja (akun personal tetap dipakai),
  • Alternatif selain menghapus akun personal & toko.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apakah Akun Tokopedia Bisa Dihapus?

Jawabannya: sebagai pembeli ataupun penjual, kamu bisa menghapus akun Tokopedia dengan mengajukan penutupan akun secara permanen.

Dengan catatan, seluruh riwayat transaksi sudah selesai. Alias, tidak ada lagi barang yang dibeli, diproses, atau masuk keranjang. Semuanya harus bersih dari segala jenis transaksi di Tokopedia.

Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, barulah kamu dapat mengajukan penutupan akun. Semua data yang ada di Tokopedia mulai dari nama, nomor HP, email; akan terhapus dari sistem.

Namun, kamu perlu tahu, bahwa setelah menutup akun akan ada konsekuensi yang wajib diterima. Di antaranya:

  • Email dan nomor HP dari akun yang sudah ditutup tidak dapat dipakai kembali ataupun didaftarkan pada akun lain.
  • Saldo yang ada pada akun tersebut akan hangus beserta aset-aset lain seperti toko, produk, data alamat, transaksi, dll. Karenanya, sebaiknya tarik seluruh saldo sebelum menutup akun.

Nah, ketentuan-ketentuan di atas sudah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, ya. Pihak Tokopedia sudah memperingatkan dan pilihan diserahkan sepenuhnya kepada pengguna.

Sampai di sini sudah paham? Jika tetap ingin lanjut untuk menonaktifkan akun pengguna Tokopedia, baca tutorialnya di sesi berikut ini.

Baca juga:
[Panduan A-Z] Cara Jualan di Tokopedia dari Nol Hingga Banjir Orderan

Cara Hapus Akun Tokopedia Lewat HP & Laptop

Jika dilihat dari aplikasi maupun website, tidak ada menu untuk menghapus akun. Karena memang pihak Tokopedia tidak menyediakannya.

Tetapi, kamu dapat mengajukan penutupan akun melalui Tokopedia Care. Dengan cara mengisi formulir dan menyertakan beberapa lampiran yang diperlukan.

Apa saja berkasnya dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Siapkan Berkas Penutupan Akun

Berkas pertama yang perlu disiapkan ialah, Foto KTP. Dengan syarat, foto tersebut bukan berupa fotokopi maupun scan.

Maksudnya bagaimana? Ya, sesimpel ambil KTP yang sesuai dengan akun kamu, lalu foto secara horizontal (landscape).

Ketentuannya, foto tersebut haruslah memenuhi kriteria berikut:

  • Foto terambil dengan jelas dan tidak blur,
  • Harus menampilkan seluruh bagian informasi KTP,
  • Format foto bisa .jpg, .jpeg, atau .png,
  • Ukuran foto maksimum 10 MB.

Jika sudah, lanjutkan ke langkah kedua di bawah ini.

2. Rangkum Alasan Menghapus Akun

Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mengisi bagian detail masalah. Masalah ini sebenarnya bisa apa saja, tidak terbatas pada menghapus akun Tokopedia.

Tapi untuk kali ini, rangkum alasan-alasan kenapa kamu harus menutup akun. Sebagai contoh, mungkin alasannya bisa seperti ini:

Hi Admin Tokopedia Care,

Saya (nama kamu) bermaksud ingin menutup akun Tokopedia. Alasan kenapa harus ditutup, karena saya sudah ganti nomor HP karena nomor sebelumnya sudah terblokir. Jadi, saya tidak bisa menggunakan email lagi karena kebetulan tidak dapat terverifikasi.

Dan, saya juga sudah memiliki toko baru untuk dikelola menggunakan alamat email & no HP yang baru. Sebagai pertimbangan, sudah saya lampirkan foto KTP sesuai dengan syarat yang berlaku untuk pengajuan tutup akun.

Terima kasih,
(nama kamu).

Alasan di atas hanyalah contoh. Kamu mungkin punya alasan sendiri untuk disampaikan. Tulis dengan komplit, jelas, dan tidak bertele-tele.

Jika sudah ada gambaran alasannya apa, sekarang lanjut ke langkah ketiga untuk mengisi form di Tokopedia Care.

Lihat caranya di bawah ini.

3. Isi Formulir di Tokopedia Care

Untuk mengajukan bantuan lewat Tokopedia Care, kamu perlu mengaksesnya lewat browser. Bisa menggunakan perangkat HP (Mobile) atau Laptop (Desktop).

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka laman berikut: https://www.tokopedia.com/help/form
  2. Ada dua bagian yang perlu diisi:
    • Detail Masalah (berisi alasan),
    • Lampiran (foto KTP).
  3. Isikan kedua bagian ini sesuai dengan data-data yang sudah disiapkan tadi.
  4. Jika sudah, ketuk tombol Kirim.
Halaman Selanjutnya
Cukup mudah, bukan?...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *