Alami Kenaikan dan Mulai Langka, Inilah Daftar Lengkap Harga MinyaKita di e-Commerce!

Anisa 01 Feb 2023 2 Menit 0

MinyaKita atau yang dikenal dengan minyak program pemerintah saat ini mulai mengalami kenaikan, baik dari segi harga maupun permintaan.

Saking langkanya, sebagian besar penjual di berbagai marketplace berbondong-bondong menaikkannya hingga dua kali lipat dari harga normal. Perilaku tersebut diduga karena munculnya panic buying dari masyarakat, persis ketika kelangkaan masker terjadi saat pandemi Covid-19 mengintai warga Indonesia.

Untung saja dua e-Commmerce seperti Shopee dan Lazada akhirnya mengeluarkan kebijakan bahwa seller yang menjual MinyaKita di atas HET (Harga Eceran Tertinggi) akan diturunkan sepihak serta memberikan sanksi tegas supaya tidak terulang lagi peristiwa serupa.

Perlu diketahui bahwa Kementerian Perdagangan telah metapkan harga MinyaKita kemasan 1 liter per botolnya sebesar R14.000,00, sehingga masyarakat dilarang mengambil untung dengan nilai yang terlalu lebih besar karena dapat menganggu jalannya distribusi produk.

MinyaKita adalah produk minyak goreng sawit berkemasan kokoh yang diproduksi dari kelapa sawit dan diedarkan ke berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia, baik online maupun offline.

Perilisan produk ini merupakan bagian dari program lanjutan bernama Minyak Goreng Curah Rakyat (MCGR) yang digagas oleh Kementerian Perdagangan dan telah terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum & HAM. MinyaKita pun diproduksi langsung oleh PT Best Agro International dan PT Panca Nabati Prakarsa, sebuah perusahaan yang juga dikenal mahir dalam pengolahan serta pendistribusian minyak goreng di tanah air.

Walaupun namanya belum begitu mentereng seperti sejumlah brand papan atas, akan tetapi sejak 2022 yang lalu, tetapi siapa sangka jika MinyaKita menjadi andalan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah untuk digunakan sehari-hari.

Sayangnya memasuki 2023, harga MinyaKita di pasaran mulai melambung tinggi hingga menciptakan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Bahkan sekali pun penjual menaikkannya menjadi Rp16.000 hingga Rp17.000 per liter, status MinyaKita tetap diserbu oleh pembeli.

Salah seorang penjual di marketplace diketahui telah menjual hingga 400 item lebih produk MinyaKita dengan harga di atas HET. Kira-kira berapa harga MinyaKita di e-Commerce saat ini? Berikut hasil telusur Tim Pintar Jualan pada hari Rabu (1/2/2023) di berbagai aplikasi belanja online yang ada di Indonesia.

Shopee

Harga MinyaKita di Shopee 1 liter kemasan botol Rp14.000 dan per dus Rp162.900.

Tokopedia

Harga MinyaKita di Tokopedia 1 liter kemasan botol Rp13.750 dan per dus Rp161.000

Lazada

Harga MinyaKita di Lazada 1 liter kemasan botol Rp14.000 dan per dus kemasan 2 liter Rp206.000

Blibli

Harga MinyaKita di Lazada 1 liter kemasan botol Rp14.000 dan per dus kemasan 2 liter Rp188.900

Bukalapak

Harga MinyaKita di Lazada 1 liter kemasan botol Rp13.900

Pemerintah berencana akan menambah suplai Minyakita ke seluruh wilayah di dalam negeri, sehingga mampu memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Referensi:

  • MinyaKita Mulai Langka Dipasaran, Ini Penjelasan Mendag – https://repjabar.republika.co.id/berita/rpboov396/minyakita-mulai-langka-dipasaran-ini-penjelasan-mendag
  • mendag pastikan stok minyakita mulai banjiri pasar Februari – https://www.antaranews.com/berita/3372009/mendag-pastikan-stok-minyakita-mulai-banjiri-pasar-februari
  • Mau Beli MinyaKita? Ini Rincian Harganya di E-commerce – https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/1bVdZjaK-mau-beli-minyakita-ini-rincian-harganya-di-e-commerce
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *