Jelang Bulan Ramadhan, Yuk Intip Insight Google Untuk Usaha & Jualan

Arum 21 Mar 2023 3 Menit 0

Bulan Ramadhan di tahun 2023 tinggal sebentar lagi. Bagi para pelaku usaha, banyak yang memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan. Dengan bantuan InsightGoogle kita bisa memutuskan jualan apa yang cocok dilakukan jelang Ramadhan 2023.

Di luar ritual ibadah, Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) dan bulan Ramadhan di Indonesia selalu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Ada indikator kinerja penjualan produk eceran secara berkala, dalam fenomena ini telah diterbitkan oleh Bank Indonesia. Berikut Ilustrasinya.

Kinerja penjualan eceran meningkat-min

Lalu apa insight apa yang cocok dan bisnis menguntungkan jelang Ramadhan dan Idul Fitri di tahun 2023?

Pertanyaan ini pasti sering muncul untuk kita yang ingin berjualan saat Ramadhan tiba. Tapi tidak hanya jualan aneka produk untuk sahur atau buka puasa saja, namun produk barang dan layanan jasa banyak yang menguntungkan.

Bagi yang belum ada inspirasi usaha untuk jualan atau mengeksekusi ide jualan saat bulan suci Ramadhan dan Lebaran di 2023, Google pada tahun lalu sempat membagikan insight paling cocok sebagai inspirasi dan persiapan untuk memulai.

Perubahan Perilaku Konsumen dan Para Pelaku Usaha

Tahun 2022, Indonesia mencatat tambahan 21 juta pengguna baru dengan layanan digital, dari total 60 juta pengguna baru sejak pandemi 2020. Berdasarkan demografi, 72% bukan berasal dari area perkotaan.

Jadi, bisa disimpulkan pasar barang dan jasa sekarang mempunyai peluang yang luas jika dipasarkan secara online, dan tidak harus mengandalkan pasar di perkotaan.

Berdasarkan riset Google dengan Temasek dan Bain Company menyebutkan 96% konsumen menggunakan layanan digital, dan 99% dari mereka terus menggunakan layanan digital.

Pengguna digital sebelum pandemi menggunakan layanan digital 3,6 kali lebih banyak selama pandemi.

Konsumen digital

Tahun 2025, pasar digital diprediksi bisa menembus $146 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 2.100 triliun. Pada 2022, pasar digital Indonesia diperkirakan mencapai angka $77 miliar dollar AS, atau setara Rp 1,179 triliun. Dari nilai tersebut, 59 miliar disumbang dari e-commerce.

Berdasarkan riset Google, 28% pelaku usaha mengaku bahwa platform digital yang membantu mereka bisa bertahan sejauh ini.

Perlu diketahui, 98% pelaku usaha melalui platform digital sudah mempunyai pembayaran secara digital, 59% menyediakan pilihan cicilan digital, dan 69% merencanakan meningkatkan penggunaan digital atau internet marketing untuk mendorong performa usaha dalam 5 tahun kedepan.

Inilah Insight Google, Waktu Yang Tepat Untuk Promosi Produk

Berdasarkan riset Google dan lainnya, menunjukkan bahwa suksesnya usaha menuju momen Ramadhan dan Lebaran dimulai sejak 1 bulan sebelum dimulainya bulan puasa.

Tapi, beda produk atau jasa yang akan dipromosikan, tentu akan bergeser juga masanya. Pada tren Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, muncul data tren pencariannya dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tren produk kebutuhan selama bulan puasa, seperti jualan makanan di bulan puasa untuk buka puasa dan sahur, berdasarkan riset Google menunjukan konsumen akan meningkat empat minggu sebelum Ramadhan dimulai hingga pertengahan pekan terakhir Ramadhan.
  2. Produk atau bisnis kue kering dan makanan maupun minuman ringan untuk hampers atau parcel, data menunjukan peningkatan pencarian konsumen pada pertengahan pekan terakhir sebelum Ramadhan tiba. Bahkan, sampai pekan pertama setelah Idul Fitri, pencarian produk ini masih cenderung tinggi.
  3. Produk dan bisnis fesyen, pakaian, makeup, aksesoris, perawatan rambut, dan perlengkapan rumah, riset dari Google menunjukkan produk ini intensif dicari konsumen pada pertengahan pekan pertama Ramadhan hingga pertengahan pekan akhir Ramadhan.
  4. Kemudian untuk produk hadiah seperti voucher game, telepon genggam, pencarian produk ini masih menunjukkan intens mulai pertengahan pekan ketiga Ramadhan hingga lebih dari 2 pekan setelah lebaran.
  5. Selain itu, untuk produk telekomunikasi seperti pulsa, kuota internet, voucher data, menurut tren pencarian Google meningkat sejak sebulan sebelum Ramadhan hingga pekan pertama setelah Lebaran.

Riset tambahan dari Google, ada beberapa catatan penting sebagai berikut :

  • Pencarian produk konsumer, meningkat tajam yaitu 214% di wilayah nonperkotaan melalui e-commerce pada kuartal pertama tahun 2021.
  • Data bulan Ramadhan 2022, Riset Google dan lainnya menyebutkan 52%pelanggan digital di wilayah nonperkotaan membatalkan pesanan dan beralih ke perusahaan lain jika tidak ada layanan delivery.
  • Data bulan Ramadhan 2022, layanan transportasi online dan delivery di area nonperkotaan meningkat pada hari kerja, sementara di wilayah perkotaan naik pada akhir pekan, jika dibandingkan data dari luar bulan Ramadhan.

Dapat disimpulkan, dari riset Google di atas maka konsumen digital Indonesia lebih meneliti produk dan layanan untuk mendapatkan keyakinan dalam mengambil keputusan belanja yang tepat.

Sebesar 80% konsumen menyebutkan bahwa mereka membutuhkan informasi yang terpercaya untuk kemudian melakukan klik “beli”, sedangkan 94% perlu mencari sebanyak mungkin informasi untuk membuat keputusan membeli.

Pencarian produk melalui mesin pencari, saat ini merupakan pilihan logis untuk konsumen. Jadi, hal ini merupakan tantangan bagi pengusaha yang akan berjualan.

Sebab, mereka harus menempatkan produk jualannya menjadi yang terdepan di hadapan mata konsumen secara digital.

Nah, itulah beberapa insight Google jelang bulan Ramadhan yang bisa dijadikan inspirasi atau ide dalam memulai usaha dan jualan. Dari riset di atas menunjukan apakah usaha yang akan kamu rintis nantinya siap untuk berkompetisi dalam dunia digital? Tidak hanya itu, siapkah usaha Anda mengkombinasikan keduanya? Yaitu berjualan secara online dan offline.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar Ide Bisnis dan peluang. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Ramadhan Sebentar Lagi, Cek Insight Google buat Usaha dan Jualan – https://money.kompas.com/read/2022/03/07/154224826/ramadhan-sebentar-lagi-cek-insight-google-buat-usaha-dan-jualan?page=all
  • Ini Nilai Ekonomi Digital Indonesia Tahun 2022 menurut Google – https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/27/ini-nilai-ekonomi-digital-indonesia-tahun-2022-menurut-google
Bagikan ke:
Arum
Ditulis oleh

Arum

Tetap semangat dan menjadi orang lebih baik setiap harinya. Yuk bisa yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *