Contoh Desain Menu Makanan Simple dan Menarik untuk Bisnis Kuliner

Hanif 07 Feb 2023 3 Menit 0

Contoh desain menu makanan yang sesuai dengan tema menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan ketika membuka usaha kuliner. Menu makanan yang menarik bisa membuat pelanggan senang dan terkesan dengan usaha kulinermu.

Untuk membuat daftar menu makanan yang informatif dan meningkatkan pengalaman pelanggan, gunakan beberapa contoh desain menu makanan di bawah.

Contoh desain ini bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Selain itu, ada juga template menu Word yang bisa diakses melalui link di bawah. Tidak ketinggalan, template CDR dan PSD juga bisa didownload secara gratis melalui Freepik dan Vecteezy.

1. Contoh Desain Menu Makanan Simple

Contoh desain menu - sederhana 2

Sumber: ambildesain. Blogspot. Com

 

https://docs.google.com/document/d/1Ve-GO_6hKDr4EBRV0pw8hX6LrL8P3XR2/edit?usp=share_link&ouid=106401295186606384106&rtpof=true&sd=true

Untuk mendapatkan template menu makanan word dengan tampilan yang mirip dengan gambar di atas, download melalui Google Docs.

Dari template menu makanan word tersebut, tinggal menambahkan nama warung atau restoran. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan gambar yang sebelumnya sudah dihapus backgroundnya dengan menggunakan Remove BG.

Desain menu makanan simple adalah jenis desain yang memfokuskan pada penggunaan font dan ruang yang sederhana untuk menyampaikan informasi makanan secara efektif. Desain ini biasanya menggunakan warna-warna yang sederhana dan memiliki layout yang bersih dan jelas. Tujuannya adalah untuk membuat menu terlihat rapi dan mudah dibaca, sehingga pelanggan dapat dengan mudah memahami pilihan makanannya.

Desain menu makanan yang biasanya digunakan untuk warung ini biasanya menggunakan font yang besar dan jelas sehingga mudah dibaca, dan menekankan informasi penting seperti nama makanan dan harga. Layout yang bersih dan jelas membantu menyampaikan informasi makanan secara efektif, tanpa membuat menu terlihat terlalu padat atau rumit.

2. Contoh Desain Menu Makanan Cafe

Contoh desain menu makanan - canva - green minimalist menu for restaurants

Sumber: canva

Contoh desain di atas didapatkan dari Canva. Untuk mendapatkannya, buka Canva dan ketikkan kata kunci “Green Minimalist Menu for Restaurant.” Meski sebenarnya untuk restoran, tapi ternyata cantik juga untuk cafe, ya.

Desain menu makanan cafe biasanya memiliki tampilan yang lebih elegan dan kreatif dibandingkan desain menu makanan sederhana. Desain ini sering menggunakan font yang unik dan memiliki elemen-elemen grafis yang menarik, seperti gambar-gambar makanan, ilustrasi, atau foto. Warna-warna cerah dan pengaturan layout yang kreatif juga sering digunakan dalam desain menu makanan cafe untuk membuatnya terlihat menarik dan memikat perhatian pelanggan.

Desain menu makanan cafe sering dipilih oleh restoran yang menawarkan makan malam yang lebih formal dan elegan, seperti cafe atau restoran bergaya gourmet. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman makan yang unik dan memikat bagi pelanggan, dengan menggabungkan elemen-elemen desain yang menarik

3. Contoh Desain Daftar Menu Makanan Restoran Cepat Saji

Contoh desain menu - makanan cepat saji

Sumber: freepik

Freepik biasa digunakan untuk mendownload template menu PSD. Jadi, kamu bisa mengeditnya dan menyesuaikan dengan menu yang dijual dengan menggunakan software Adobe Photoshop.

Untuk mendapatkan desain dengan gambar di atas, temukan dengan keyword “menu template for burger restaurant”.

Desain menu makanan cepat saji biasanya memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, dengan fokus pada informasi makanan yang jelas dan harga yang tercantum dengan jelas. Desain ini sering menggunakan warna-warna cerah dan font yang besar untuk membuat informasi mudah dibaca, dan juga memiliki ilustrasi atau gambar-gambar makanan untuk memikat perhatian pelanggan.

Gimana, cocok untuk waralaba restoran makanan cepat saji, kan?

4. Contoh Daftar Menu Restoran Keluarga

Contoh desain menu - restoran keluarga

Masih dari Freepik, gambar di atas bisa ditemukan dengan memasukkan kata kunci “colorful stained restaurant menu”.

Desain menu restoran keluarga biasanya menampilkan warna-warna yang cerah dan menyenangkan, dengan font yang besar dan mudah dibaca. Desain ini memiliki tampilan yang bersahabat dan menyenangkan, dengan gambar-gambar makanan yang menarik dan ilustrasi yang menunjukkan bahwa restoran ini cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Desain menu restoran keluarga juga biasanya menyertakan deskripsi makanan yang jelas dan informasi tambahan seperti harga dan bahan-bahan yang digunakan dalam setiap hidangan.

5. Contoh Desain Menu Warung Sederhana

Contoh desain menu cdr - vecteezy

Contoh desain menu makanan CDR di atas bisa didapatkan dari Vecteezy dan melakukan pencarian dengan kata kunci “Restaurant menu template in red design”. Dari website Vecteezy, download desain menu bisa dilakukan secara gratis.

Desain menu warung biasanya sederhana dan praktis, dengan tampilan yang jelas dan mudah dibaca. Desain ini biasanya terdiri dari font yang besar dan warna-warna yang kontras, seperti hitam dan putih, untuk memastikan bahwa pelanggan dapat membaca daftar menu dengan mudah.

Desain menu warung juga biasanya menyertakan gambar-gambar makanan yang menunjukkan tampilan aktual dari hidangan yang tersedia, sehingga pelanggan dapat memilih makanan berdasarkan penampilan dan deskripsi. Informasi tambahan seperti harga dan bahan-bahan yang digunakan juga sering ditampilkan, membantu pelanggan membuat keputusan.

Akhir Kata

Begitulah beberapa contoh desain menu makanan yang bisa jadi sumber inspirasi dan contoh desain yang bisa kamu gunakan ketika memulai bisnis kuliner.

Sesuaikan desain dengan tema bisnis kuliner yang kamu kembangkan. Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan kesan dan pengalaman terbaik ketika memilih menu makanan.

Semoga kamu bisa mendapatkan contoh menu makanan yang kamu inginkan. Sampai bertemu di artikel Pintarjualan berikutnya.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Berita, E-Commerce atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • Menu template for burger restaurant – https://www.freepik.com/premium-vector/menu-template-burger-restaurant_9270446.ht
  • Restaurant menu template in red design Free Vector – https://www.vecteezy.com/vector-art/830822-restaurant-menu-template-in-red-design
  • Desain daftar menu makanan .psd GRATIS – https://ambildesain.blogspot.com/2016/08/download-desain-daftar-menu-makanan-psd.html
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *