11 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja atau Resign yang Baik

Anisa 21 Mei 2022 4 Menit 0

Surat pengunduran diri kerja biasanya dibuat oleh seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri dari jabatannya di sebuah perusahaan.

Biasanya keputusan tersebut diambil melalui pertimbangan yang sangat panjang dan matang.

Walaupun mungkin tindakan tersebut disayangkan oleh banyak orang, namun tidak dengan mereka yang mengalaminya sendiri.

Sebab, setiap orang menyimpan alasan pribadi hingga akhirnya memutuskan resign.

Namun, sebagai karyawan yang masuk bekerja dengan cara baik-baik, maka keluar pun juga harus dengan cara serupa.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah surat resign sebagai tanda profesionalitas seorang karyawan pada perusahaan.

Mengapa Karyawan Resign?

Seseorang yang ingin meninggalkan jabatan atau posisinya bekerja bukanlah tanpa alasan.

Kamu pun pasti pernah mendengar banyak hal mengapa kondisi tersebut bisa terjadi di dunia kerja.

Namun, sederet latarbelakang ini bisa memicu seseorang mengundurkan diri dari perusahaannya.

  • Lingkungan yang dinilai toxic atau tidak sehat sehingga sering menyebabkan stress
  • Overwork atau terlalu banyak beban kerja yang harus dipikul sehingga membuat fisik mudah lelah dan kurang waktu dengan keluarga
  • Job desk yang tidak sesuai dengan perjanjian kontrak kerja di awal melamar pekerjaan
  • Adanya penundaan gaji atau THR selama bertahun-tahun lamanya tanpa kepastian
  • Masalah internal dengan atasan maupun rekan kerja
  • Merasa ingin mencoba pekerjaan baru di tempat yang lain
  • Standarisasi yang terlalu ketat sehingga karyawan tidak leluasa bekerja
  • Tidak ada tanda-tanda jenjang karir yang mendukung
  • Tidak mendapatkan pujian, hadiah, maupun fasilitas yang layak dari perusahaan
  • Atasan memaksakan kehendak pada karyawan tanpa memberikan alasan yang layak
  • Mempermalukan karyawan di depan umum tanpa mempertimbangkan perasaannya
  • Pressure yang sulit dikendalikan oleh karyawan
  • Perusahaan mulai menyerang karakter karyawannya secara personal
  • Karyawan merasa sudah tak sevisi dan semisi lagi dengan perusahaan
  • Sering merasa burnout
  • Gaji tidak sesuai kesepakatan awal
  • Sulit izin dan tidak ada jadwal libur
  • Ingin mencoba mendirikan usaha pribadi yang menguntungkan, dan lainnya.

Dengan alasan-alasan di atas, pastinya seorang karyawan tidak ada lagi motivasi untuk stay di tempatnya mencari rezeki, bukan?

Makanya mereka mencoba untuk memulai hidup yang baru di tempat dan situasi yang baru pula.

Nah, caranya adalah mengundurkan diri dan menulis surat resign yang baik dan benar.

Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya kenali terlebih dahulu cara membuat surat berhenti bekerja yang profesional.

Jenis atau Tipe Surat Pengunduran Diri

1. One Month Notice

Apa itu One Month Notice? Yakni jenis surat resign yang diberikan pada perusahaan oleh karyawan satu bulan sebelum ia memutuskan benar-benar berhenti bekerja.

Pemberitahuan tersebut biasanya sudah ada dalam kontrak kerja bahwa setiap karyawan yang hendak mengundurkan diri harus menyerahkan surat resign 1 bulan sebelum resmi keluar dari perusahaan.

Tujuan one month notice sendiri adalah untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan mencari pengganti karyawan lama dengan yang baru.

Sekaligus agar karyawan lama juga dapat mengajari calon karyawan baru yang hendak mengisi posisinya.

Selain itu, bagi si karyawan lama, one month notice juga berguna untuk mengajukan surat lamaran kerja ke perusahaan lain sambil menghabiskan masa kontrak.

Siapa tahu, lepas berhenti dari perusahaan lama langsung dapat penggantinya, ya kan?

2. Two Weeks Notice

Berbeda dengan One Month Notice yang menjadi standarisasi perusahaan di Indonesia, Two Weeks Notice hanya punya rentang waktu dua minggu.

Memang sih terkesan agak singkat dan mendadak, tetapi karyawan yang menggunakan jenis surat seperti ini karena memang dalam keadaan mendesak.

Bisa jadi karena ia memang sudah harus pergi dari perusahaan tersebut karena urusan keluarga, mental tak baik-baik saja, atau masalah lainnya.

Oleh karena itu, jika kamu juga ingin menyerahkan surat resign two weeks notice, pastikan membawa alasan yang sangat kuat.

Tujuannya adalah agar pengunduran dirimu cepat di-ACC atau disetujui oleh bagian HRD dan stafnya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Resign

Jika kamu memang ingin memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tempatmu bekerja, maka perhatikan dulu beberepa hal yang mungkin mempengaruhi kehidupanmu ke depannya.

  1. Kamu sudah benar-benar mempertimbangkan risiko setelah berhenti bekerja, yakni bergulat mencari pekerjaan baru.
  2. Ketika mendapatkan pekerjaan baru, tentu kamu harus memulainya kembali dari nol. Seperti misalnya mengikuti masa probation atau training, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan sebagainya.
  3. Setidaknya memiliki tabungan beberapa bulan ke depan agar kamu juga memiliki pegangan selama mencari pekerjaan.
    Sebut saja biaya transportasi untuk wawancara dan kos.
  4. Jangan membocorkan rahasia perusahaan lama pada perusahaan baru sebagai bentuk kredibiltasmu sebagai karyawan.
  5. Kembalikan fasilitas kantor seperti sedia kala (jika ada)
  6. Buatlah surat resign yang baik dengan isi dan format yang lengkap.
  7. Jangan kabur begitu saja meninggalkan perusahaan tanpa berpamitan.
    Sebab, kamu masuk dengan cara yang baik, maka ketika keluar juga harus dengan etika yang sama.
  8. Minta kembali ijazah yang ditahan (jika memang terjadi demikian)
  9. Cari tahu besaran gaji di tempat lain sebagai komparasi jika memang yakin ingin keluar
  10. Apabila kamu merasa ragu untuk keluar dari perusahaan, coba rundingkan terlebih dahulu dengan atasan mengenai permasalahan atau hal-hal yang membuatmu tidak memperpanjang kontrak.

Format dan Isi Surat Pengunduran Diri

Setelah mengetahui bermacam-macam poin di atas, kamu juga tidak boleh melewatkan bagian yang satu ini!

Kenapa? Karena sebelum menulis surat resign, berarti mesti tahu dulu dong format, isi, dan beberapa bagian lainnya!

  1. Tanggal dan nama tempatmu tinggal saat ini
  2. Nama pimpinan perusahaan atau Ketua HRD
  3. Alamat lengkap perusahaan
  4. Salam atau kalimat pembuka
  5. Faktor, alasan, atau penyebab kamu mengajukan resign
  6. Tulis dengan jelas kapan rencana kamu mengundurkan diri secara resmi (berupa tanggal, bulan, dan tahun)
  7. Ungkap permintaan maaf dan ucapkan rasa terima kasih karena kamu mendapatkan pengalaman dari tempatmu bekerja
  8. Kalimat penutup
  9. Salam penutup
  10. Tanda tangan

Pentingnya Surat Resign bagi Kedua Belah Pihak

Surat resign rupanya juga memberikan dampak yang positif bagi karyawan maupun perusahaan.

Bahkan banyak orang menyebut kalau dengan adanya surat seperti ini mampu membuat hubungan kedua belah pihak tetap terjalin harmonis dan baik.

Apakah betul begitu? Mari kita cek!

1. Manfaat Surat Pengunduran Diri bagi Karyawan

  • Menjaga kredibilitas dan profesionalisme karyawan
  • Status atau batas waktu bekerja menjadi jelas
  • Secara langsung mengimbau perusahaan agar secepatnya mencari pengganti agar performa tidak menurun

2. Fungsi Surat Pengunduran Diri bagi Perusahaan

  • Menjadi evaluasi perusahaan untuk mengukur turnover selama setengah atau satu tahun berlangsung
  • Mengambil value dari karyawan sebelumnya agar bisa mendapatkan pengganti yang lebih baik
  • Perusahaan bisa bersikap lebih baik lagi
  • Sebagai bentuk menjalankan SOP atau peraturan yang sudah ditetapkan

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar

Pada dasarnya penulisan surat resign tidak berbeda jauh dari cara menulis surat lamaran kerja, hanya saja berbeda tujuan.

Selain itu karyawan juga tak perlu melampirkan dokumen tambahan lainnya selama tidak ada permintaan khusus dari perusahaan atau pabrik tempat bekerja.

1. Pengunduran Diri dari PT

Surat pengunduran diri word

Via: slideshare. Net

2. Pengunduran Diri dari Organisasi

Contoh surat pengunduran diri word

Via: id. Scribd. Com

3. Pengunduran Diri yang Singkat

Surat pengunduran diri kerja pabrik

Via: pinterest. Id

4. Pengunduran Diri Jadi Mahasiswa

Surat pengunduran diri apoteker

Via: mamikos. Com

5. Pengunduran Diri Seketratis

Surat pengunduran diri apakah pakai materai

Via: gramedia. Com

6. Pengunduran Diri Guru Honorer

Surat pengunduran diri asn

Via: ruang-sipil. Com

7. Pengunduran Diri CASN atau CPNS

Surat pengunduran diri agen asuransi

Via: pinterest. Id

8. Pengunduran Diri Tulis Tangan

Surat pengunduran diri bpd

Via: topikrakyat. Com

9. Pengunduran Diri Polisi

Surat pengunduran diri anggota bpd

Via: lifepal. Co. Id

10. Format Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Alasan resign di surat pengunduran diri

Via: tokopedia. Com

11. Contoh Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Amplop untuk surat pengunduran diri

Via: walisongo. Co. Id

Penutup

Itulah pembahasan lengkap mengenai surat pengunduran diri dari kami.

Semoga bermanfaat dan membantumu dalam membuat keputusan resign.

Dukung terus kegiatan dan konten-konten kami melalui instagram @pintarjualan.id dan bagikan artikel kami dengan memencet tombol share di bawah ini.

Yuk, ajak teman-temanmu untuk membaca artikel menarik dari kami. Terima kasih ❤

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *