7 Strategi Marketing Tahun Baru Imlek agar Penjualan Naik Drastis!

Anisa 04 Jan 2024 5 Menit 0

Sudahkah kamu memikirkan strategi marketing Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024 nanti? Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis musiman menjelang Imlek atau menjadi pengusaha pemula, coba baca artikel ini sampai selesai!

Tidak berbeda jauh dari hari raya lainnya, Imlek juga identik dengan berbagai ornamen, pernak-pernik, dan makanan khas yang bisa kamu jumpai di berbagai pusat perbelanjaan.

Nah, bagi para pengusaha yang menjual aneka kebutuhan Imlek sendiri, tentu harus siap bersaing dengan kompetitor lainnya. Benar bukan?

Kami berikan beberapa contoh strategi bisnis yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan saat mendekati Imlek.

Ide Promo dan Cara Meningkatkan Penjualan Jelang Imlek

Inilah strategi marketing Tahun Baru Imlek yang bisa kamu coba dengan biaya serendah mungkin:

1. Cari Target Pasar

Karena Imlek dirayakan oleh kelompok etnis Tionghoa, maka sudah bisa dipastikan jika pelanggan atau pembeli berasal dari kalangan mereka. Sisanya berasal dari kerabat yang ingin memberikan ucapan selamat pada mereka.

Jadi sebisa mungkin, carilah target pasar dari mereka yang merayakan Imlek. Bagaimana caranya? Kamu bisa bergabung di grup Facebook dengan kata kunci ‘Forum Jual Beli Souvenir’ atau ‘Pasar Souvenir Indonesia’, atau ‘Jual Beli Barang’, dan ‘Perayaan Tahun Baru Imlek’.

Bagaimana strategi marketing tahun baru imlek yang bagus
Inilah contoh promosi di grup-grup facebook

Selain grup jual beli, kamu juga bisa mendapatkan pelanggan dengan masuk ke grup daerah tempat kamu Tinggal. Misalnya kamu tinggal di Bekasi, maka cari saja grup di Facebook dengan kata kunci ‘Warga Kota Bekasi’ atau ‘Warga Tambun dan Sekitarnya’.

Jika kamu membuka grup tersebut satu per satu, maka akan menemukan banyak pula anggota yang berjualan dan menawarkan produk serta jasanya di sana.

Dengan bergabung ke sebuah grup di media sosial, kamu bisa mendapatkan pasar baru, mengukur antusiasme calon pelanggan, dan sebagainya.

ADVERTISEMENTS

2. Jual Produk yang Banyak Peminatnya

Faktanya, tidak semua produk yang berkaitan dengan Imlek laku keras atau diminati. Hal ini karena setiap keluarga memiliki tradisi mereka masing-masing saat Imlek.

Misalnya keluarga A saat Imlek cenderung menyediakan aneka kue kering, tetapi keluarga B lebih cenderung menyediakan kue basah (kue keranjang), dumpling, dan sebagainya. Jadi supaya produkmu laku keras dan laris manis, coba jual produk yang paling ramai peminat.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mengetahuinya dengan riset lewat marketplace dan lihat produk mana yang paling banyak dibeli oleh masyarakat selama imlek. Kamu bisa baca artikel kami tentang Cara Riset Produk Terlaris di Shopee.

Strategi marketing menjelang imlek
Dari screen shoot ini, angpao terlihat paling banyak dibeli dan diminati masyarakat menjelang imlek

Selain itu kamu juga bisa melakukan riset dengan membaca berita, membuat polling di media sosial, dan mulai lakukan promosi untuk tes pasar.

ADVERTISEMENTS

3. Pasang Iklan (Ads)

Awal Januari 2024 ini sudah banyak seller di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli memasang iklan agar produk bernuansa Imlek mereka naik ke pencarian.

Cara tersebut rupanya berhasil menarik minat para pembeli. Terbukti pernak-pernik Imlek yang berkaitan dengan tahun Naga Kayu sudah mulai diburu oleh pembeli.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, meski tidak di marketplace. Namun melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Berikut beberapa referensinya:

Karena kamu adalah pebisnis pemula dan belum memiliki personal branding yang kuat, cantumkan nomor dan alamat email yang bisa dihubungi oleh pembeli di setiap iklan yang kamu pasang agar mereka bisa melakukan tawar menawar atau membeli secara langsung.

Selain itu karena iklan dan postingan juga tidak bertahan lama, pencantuman nomor telepon & email diharapkan dapat mempermudah pelanggan untuk mengkonfirmasikan kebutuhannya secara langsung.

ADVERTISEMENTS

4. Buat Promo dengan Menarik

Memberikan promo juga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan produk kamu lho!
Promo ini bisa bermacam-macam, mulai dari promo diskon murah, promo tanggal muda, promo spesial Imlek, promo cashback, beli satu gratis satu, dan sebagainya.

Promo menjadi instrumen penting yang berperan dalam menaikkan penjualan suatu brand dan mengenalkan merek pada masyarakat secara luas.

Contoh: Satu Minggu mendekati Imlek, kamu merilis promo pembelian khusus dengan tagline “Imlek sudah dekat! Buruan dapatkan spesial backdrop ornamen Naga dengan harga khusus Rp20.000 (harga awal Rp50.000), Ayo gasgasgasgas!”

Gunakan kata-kata promosi yang menarik dan mampu menggugah keinginan pembeli untuk checkout produk tersebut.

ADVERTISEMENTS

5. Sertakan Cerita di Balik Tiap Pernak-Pernik Imlek

Setiap pernak-pernik, ornamen, makanan, dan apa pun yang berkaitan dengan Imlek memiliki nilai filosofi dan cerita menarik yang mengesankan untuk diulas.

Kamu bisa menggunakan sisi yang satu ini untuk memikat sekaligus mengedukasi pembeli; mengapa harus membeli produk tersebut serta keuntungan memilikinya.

Strategi marketing tahun baru imlek yang paling jitu
Penjualan kue keranjang jelang imlek sangat tinggi karena sarat akan makna filosofis mendalam bagi setiap keluarga yang merayakannya | foto dari: shopee. Co. Id/fandygie

Contoh:Bentuk kue keranjang punya filosofi yang mendalam, yakni dimaksudkan agar setiap keluarga yang merayakan Imlek bisa terus bersatu, adem ayem, selalu rukun, dan kompak. Makanya makanan ini wajib ada dalam setiap perayaan Imlek.

Kamu bisa menambahkan cerita berupa makna-makna filosofis dari setiap produk yang kamu jual ke pelanggan. Dengan begitu, mereka akan mempertimbangkannya untuk membeli.

6. Posting Jualan Setiap Hari

Dengan mengunggah atau posting jualan setiap hari di media sosial, para pengikut kamu akan mengetahui bahwa kamu benar-benar konsisten berjualan dan stok produk masih ada.

Berbeda dengan ketika kamu jarang mempromosikan dagangan, yang membuat mereka meragukan apa yang kamu jual dan mereka yang sebelumnya tidak melihat postingan kamu menjadi benar-benar tidak mengetahuinya.

Jadi, saran kami adalah tetaplah posting jualan setiap hari karena hal ini sangat penting untuk mencapai target closing atau memberitahu bahwa kamu menyediakan produk yang mereka cari.

Jika menemui kendala seperti bingung memilih caption dan hashtag yang tepat, kamu bisa gunakan ChatGPT untuk membuat caption di media sosial beserta hashtag yang relevan.

7. Buka Lapak di Tempat Umum Setiap Malam

Membuka lapak di tempat umum juga bisa meningkatkan penjualan produk-produk Imlek kamu. Misalnya seperti di dekat vihara, alun-alun kota, di pasar malam, di area yang padat dengan penjual makanan dan mainan, serta lainnya.

Jadi, sebagai penjual kamu tidak hanya mengandalkan penjualan dari online market, tetapi juga offline.

Panduan lengkap strategi pemasaran saat imlek
Selain berjualan online, para pedagang juga dapat menjualnya secara offline di beberapa tempat strategis | sumber foto: liputan6. Com

Mengapa demikian? Karena biasanya orang-orang yang beli secara offline bisa melihat produk secara langsung, mengetahui keaslian produk tersebut, dan bebas untuk memilih tanpa khawatir harus ditipu oleh penjual.

Nah, dari sekian strategi marketing Tahun Baru Imlek yang sebentar lagi akan datang, sudahkah kamu mulai merencanakannya?

FAQ

Apa saja produk Imlek yang paling laku keras di pasaran?

Produk atau pernak-pernik Imlek yang paling banyak dibeli setiap tahunnya adalah angpao naga, kue keranjang, hampers gift, koin emas, baju set Imlek keluarga, dan lain-lain.

Berapa omzet dari berjualan pernak-pernik, souvenir, atau ornamen Imlek?

Pendapatan dari penjualan barang-barang untuk menyambut Imlek tidak tetap dan bisa berbeda dari tahun ke tahun, tetapi umumnya satu toko bisa memperoleh omzet hingga Rp20 juta dalam satu bulan.

Sementara untuk pedagang kecil (UMKM) bisa mendapatkan omzet hingga Rp8 juta dalam satu bulan.

Kesimpulan

Walaupun banyak kompetitor atau pesaing di luar sana, tetapi jika kamu konsisten dan terus menerapkan strategi marketing Tahun Baru Imlek yang tepat, maka bisa mendongkrak penjualan.

Apalagi sekarang banyak strategi pemasaran UMKM yang terbukti berhasil dengan mengandalkan modal seadanya. Kuncinya adalah konsisten, terus berinovasi, mengikuti perkembangan di lini media sosial, dan lain-lain.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperolehmelalui riset yang dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *