Project Management Tools Terbaik untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Anisa 28 Des 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Beberapa project management tools dapat digunakan untuk mencapai tujuan bisnis suatu perusahaan maupun individu lewat pengukuran serta pengelolaan yang sistematis.

Sebut saja mulai dari Trello hingga Monday.com. Keduanya merupakan alat manajemen proyek yang digunakan oleh sebagian besar individu (freelancer) hingga perusahaan.

Cara kerja software/platform/aplikasi/alat ini tidak jauh berbeda dengan social media management tools yang berfungsi untuk mengelola media sosial. Hanya saja alat manajemen proyek fokus pada seluruh pekerjaan berdasarkan target, baik waktu, pembiayaan, dan lain-lain.

Lantas apa saja alat project management terbaik yang direkomendasikan saat ini untuk mengelola proyek berbasis online?

ADVERTISEMENT

1. Apa itu Project Management Tool?

Project Management Tools (Alat manajemen proyek) adalah alat atau software yang dibuat dan diperuntukkan bagi individu, tim, maupun perusahaan untuk yang membantu merencanakan, melaksanakan, mengatur, mengelola, dan memantau proyek secara efisien.

Alat ini digunakan untuk memfasilitasi beragam aktivitas manajemen yang melibatkan komunikasi, kolaborasi, pengerjaan tim, dan sebagainya saat proyek dilaksanakan.

Berbeda dengan Social Media Analytics Tools yang fokus pada proyek media sosial, alat manajemen proyek mencakup seluruh goals perusahaan.

Ada pun fungsi Project Management Tools bagi perusahaan:

  • Mengatur dan mengelola tugas seperti menetapkan jadwal, progress pengerjaan proyek, dan memantau berbagai kendala
  • Kolaborasi antar tim dengan menyediakan fitur sharing, editing, saving, dan lain-lain agar kerja sama antar anggota tim berjalan dengan lancar
  • Mengalokasikan sumber daya perusahaan dengan tepat
  • Menganalisis dan melaporkan hasil pengerjaan proyek
  • Pelacakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama menjalankan proyek

Kalau kamu sedang menjalankan berbagai strategi bisnis lewat beragam proyek, coba gunakan project management tools yang kami rekomendasikan di bawah ini.

ADVERTISEMENT

2. Rekomendasi Project Management Tools untuk Memantau Progress Proyek

Berikut daftar project management tools yang direkomendasikan bagi para freelancer dan perusahaan berbagai skala:

ADVERTISEMENT

2.7. Basecamp

Open source project management tools

Basecamp adalah aplikasi atau platform manajemen proyek yang fokus membantu pengguna atau perusahaan kecil dan menengah seperti UMKM agar dapat berkembang setiap hari dengan menyatukan seluruh proyek dalam satu halaman.

Tujuannya agar seluruh pihak yang terlibat dalam proyek dapat melihat setiap progres, merevisi pekerjaan, dan mengomentarinya di halaman yang sama.

Platform ini sangat direkomendasikan karena pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti:

  • Dapat mengunggah atau membuat proyek yang tidak terbatas (limitless).
  • Notifikasi secara real time setiap ada anggota yang mengirimkan tugas/meminta revisi/chat, dll
  • Mengatur notifikasi agar pengguna tidak terganggu oleh notifikasi yang datang di luar jam kerja
  • Melakukan penjadwalan proyek sesuai pihak yang terlibat

Ingin perencanaan strategi pemasaran UMKM bisa selesai tepat waktu? Coba pantau pakai Basecamp ini.

ADVERTISEMENT

2.6. Asana

Ai project management tools

Asana adalah alat manajemen proyek asal Fransisco, Amerika yang menyediakan layanan bagi individu atau perusahaan untuk mengatur, melacak, dan melaporkan kinerja proyek yang sedang dijalankan dalam periode waktu tertentu.

Dengan Asana ini, berbagai divisi di dalam perusahaan dapat dimasukkan ke dalam satu timeline sekaligus atau satu halaman. Mulai dari divisi IT, marketing (pemasaran), bagian sales, dan seluruh pihak yang bertanggung jawab dalam proyek tersebut.

Kelebihan dari Asana adalah platform ini sudah didukung teknologi AI yang dapat membantu pekerjaan pengguna agar cepat selesai, memperbaiki atau merevisi atas permintaan klien, dan tentunya mencapai tujuan bisnis yang efektif dan efisien.

Contoh:Kamu ingin merencanakan proyek kerja mengenai suatu produk yang akan diluncurkan oleh perusahaan beberapa bulan ke depan. Nah, kamu bisa meminta AI Asana untuk menuliskan ide-ide yang inspiratif agar produk tersebut bisa selaras dengan visi & misi perusahaan.

Fitur AI ini bekerja layaknya ChatGPT dalam merespon perintah atau pertanyaan pengguna. Jadi makin canggih banget kan?

ADVERTISEMENT

2.5. Teamwork.com

Project management tools adalah

Pernah dengar nama Teamwork.com? Project Management Tools satu ini memiliki visi dan misi yang ditujukan pada pengguna agar dapat mengelola proyek dengan mudah, menyenangkan, sederhana, dan pengguna dapat mengoptimalkan sumber daya yang sudah dikeluarkan. Terutama pembiayaan yang sudah digunakan.

Seperti software lain, kamu bisa melacak kinerja, progres setiap proyek, dan perubahan yang dilakukan oleh anggota/tim lain lewat Teamwork.com.

Yang membuat Teamwork ini menarik dan berbeda dari software lainnya adalah tersedianya fitur resource management yang dapat dipakai untuk mengukur serta mengelola sumber daya yang sudah dikeluarkan pengguna atau perusahaan.

Tujuannya agar pengguna dapat menyelesaikan proyek dari klien sesuai dengan jadwal dan budget yang dihabiskan.

Teamwork juga dapat dimanfaatkan untuk memperkirakan waktu selesainya pekerjaan dan pendapatan yang akan diperoleh pengguna. Keren banget kan?

ADVERTISEMENT

2.4. Jira

Project management tools and software

Jira adalah software pengelola proyek yang menggunakan konsep simple dan melengkapinya dengan beragam fitur agar pengguna bisa mempertimbangkan atau pun memperkirakan sendiri kebutuhannya, baik untuk individu maupun berkelompok (tim) dalam suatu perusahaan.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *