17+ Situs Jual Foto Online Terbaik bagi Pemula & Fotografer Pro

Anisa Juniardi 05 Okt 2022 6 Menit 0

Banyak usaha sampingan yang menghasilkan uang saku tambahan sekaligus mengasah skill. Salah satunya dengan menjual hasil jepretan di situs jual foto online terbaik di internet.

Seraya menyalurkan hobi, tidak ada salahnya mendapatkan untung dari kegemaran yang dilakoni setiap hari.

Fotografi sendiri merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus bernilai seni tinggi.

Tak heran jika banyak fotografer, baik profesional maupun pemula menjual karyanya melalui sederet platform di bawah ini!

Menjual foto hasil tangkapan kamera bisa menjadi ide bisnis online minim modal yang akan sangat sayang dilewatkan begitu saja.

Berikut platform yang paling banyak dikunjungi dan terbukti membayar para fotografer pemula maupun profesional!

1. Shutterstock

Situs menjual foto untuk fotografer pemula

Shutterstock merupakan platform yang paling sering dipakai oleh fotografer pemula maupun pro asal Indonesia.

Platform ini bukan hanya menerima hasil jepretan kamera DSLR, mirroles, dan sejenisnya tetapi juga kamera smartpone berspek tinggi.

Foto hasil tangkapan kamera dapat dijual dengan harga mulai dari 2 USD – 5 USD. Sementara bagi fotografer profesional dapat menentukan range harga sesuai kualitas dan usaha yang dikerahkan.

Dari segi bayaran memang tidak setinggi di beberapa platform lain, tetapi Shutterstock cukup worthy untuk memulai dunia fotografi!

Fyi, setiap foto yang hendak dijual lewat Shutterstock Contributor harus melewati review sistem selama kurang lebih 24 jam guna menentukan kelayakan dan kriterianya.

Jika foto ternyata lolos peninjauan, maka siap tayang di Shutterstock. Begitu pula sebaliknya.

2. Getty Images

Getty Images adalah platform jual beli foto yang didominasi oleh fotografer profesional.

Hampir sebagian besar kualitas foto yang dijual melalui Getty Image menampilkan resolusi dan kualitas tinggi karena mayoritas pembelinya berasal dari berbagai brand bahkan perusahaan tertentu.

Sampai detik ini, seluruh foto berlisensi yang tampil di platform ini dihargai cukup tinggi. Mulai dari US$175 – US$499 atau setara Rp2.600.000,00 sampai Rp7.500.000,00 per foto.

Selain fokus pada gambar, member Getty Images dapat menjual video sinematik atau short video untuk kepentingan konten ilustrasi.

3. iStock Photo

Tahukah kamu kalau iStock Photo merupakan anak perusahaan yang berada di bawah nauangan Getty Images? Ya, perbedaan keduanya terlihat pada jenis foto yang diperjualbelikan.

Getty Images berisi foto-foto ekslusif nan mahal, sementara iStock Photo menampung hasil gambar yang bersifat bebas a.k.a noneksklusif.

Beberapa member mengatakan, jika fotografer ingin menjalankan bisnis sampingan lewat iStock Photo dan menghasilkan US$200 atau Rp3.000.000,00 per bulan, paling tidak harus mampu menjual kurang lebih 500 foto.

4. 500px

500px pro

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya yakni menjual dan mengunggah foto ke 500px.

Situs sekaligus aplikasi jual foto ini tidak hanya menguntungkan dari segi materi, tetapi juga branding.

Bahkan fotografer amatir dapat mem-posting foto hasil tangkapan kamera HP di 500px dan berkenalan dengan berbagai pemotret profesional dari berbagai belahan dunia.

Sayangnya agar bisa menjadi member pro di 500px, setiap anggota diharuskan membayar Rp37.000,00 per bulan dan Rp450.000,00 per tahun.

Sedangkan foto member pro yang laku akan diberikan royalti sampai 100% dan member biasa mendapat 60% dari total penjualan.

5. 123RF

123RF adalah anak perusahaan Immagine Group yang berdiri sejak April 2005 dan telah menjual jutaan foto dari para kontributor dari puluhan negara.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com