Bedanya Pengiriman Sameday & Instant Courier (Beserta Contoh Kurirnya)

beda pengiriman sameday dan instant courier

Pengiriman sameday dan instant courier kini sudah berkembang cukup pesat. Seiring dengan tingginya UMKM yang mulai membuka usaha dengan target pasar lokal (dalam kota).

Namun ternyata, kedua pengiriman tadi cukup berbeda. Ada baiknya kamu pahami dulu perbedaannya apa, supaya tidak salah paham nantinya. Karena itulah kami sudah merangkum beberapa poin penting, seputar:

  • Apa itu pengiriman sameday dan instant?
  • Perbedaan mendasar di antara kedua layanan tersebut,
  • Ekspedisi mana saja yang menyediakan layanan tersebut.

Sebelum masuk ke topik bahasan, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: mengenal layanan sameday dan instant.

 

Apa itu Pengiriman Sameday?

Pengiriman sameday adalah layanan kirim barang dengan estimasi waktu sampai di hari yang sama. Biasanya dibatasi maksimal 6 jam pengantaran, tergantung ekspedisi yang menyediakan layanan.

Pengiriman ini biasanya cukup banyak tersedia di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak; sebagai opsi pengiriman di hari yang sama agar tidak perlu menunggu keesokan harinya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat order layanan sameday di marketplace. Di antaranya:

  • Checkout barang sebaiknya dilakukan sebelum jam 3 sore, karena mengantisipasi keterlambatan pick up.
  • Pick up pengiriman same day hanya sampai jam 4 sore, lebih dari itu, dikirim keesokan harinya.
  • Apabila checkout dilakukan pada hari libur (dan toko juga libur), maka pengiriman akan ditunda sampai toko tersebut buka.

Sehingga, kalau kamu ingin beli barang, perhatikan dulu apakah toko tersebut menyediakan layanan pengiriman same day + apakah melayani di hari libur.

Apa itu Pengiriman Instant?

Pengiriman instant adalah layanan kirim barang dengan estimasi waktu sampai lebih cepat dibanding sameday. Biasanya cukup 2-3 jam pengantaran, tergantung pada jarak tempuh dan ekspedisi yang digunakan.

Hampir mirip dengan pengiriman same day, instant courier juga menawarkan estimasi waktu sampai di hari yang sama. Namun, pengiriman instan jauh lebih cepat.

Karena lebih cepat, ada kekurangan yang perlu ditanggung pelanggan. Yaitu, harga ongkos kirim yang dikenakan juga jauh lebih mahal dibandingkan layanan same day.

Selain kedua hal tersebut, syarat dan ketentuan layanan instant courier relatif sama. Perbedaan lain terletak pada volume dan berat maksimum yang ditanggung, biasanya instant courier relatif lebih besar.

Bedanya Pengiriman Sameday & Instant Courier

Perbedaan yang mendasar pada tipe layanan same day & instant, menurut kami, sebenarnya hanya terletak pada 2 hal:

  • Durasi waktu pengantaran (instant lebih cepat daripada same day),
  • Harga ongkos kirim (instant lebih mahal daripada same day).

Lalu, jika dirinci lebih lanjut, perbedaan pengiriman sameday dan instant courier dapat kamu cermati pada tabel berikut ini:

Same Day Instant Courier
Estimasi waktu sampai maksimal 6 jam. Estimasi waktu sampai maksimal 2-3 jam.
Jarak tempuh lokasi asal & tujuan maksimal 40 km. Jarak tempuh lokasi asal & tujuan maksimal 40 km.
Batas waktu order layanan pukul 4 sore. Jika lebih dari jam tersebut, pengantaran dilakukan keesokan harinya. Batas waktu order layanan pukul 4 sore. Jika lebih dari jam tersebut, pengantaran dilakukan keesokan harinya.
Dimensi barang maksimum relatif lebih kecil, sekitar 40 cm x 40 cm x 17 cm. Dimensi barang maksimum relatif lebih besar, sekitar 70 cm x 50 cm x 50 cm.
Berat barang maksimum relatih lebih kecil, sekitar 5 kg. Berat barang maksimum relatif lebih besar, sekitar 20 kg.
Harga tarif ongkos kirim same day mulai dari Rp15.000. Harga tarif ongkos kirim instant mulai dari Rp25.000.

Tampak dari tabel di atas, perbedaan yang paling kentara terletak pada durasi pengiriman dan harga ongkir. Dan memang, ongkos kirim pengiriman instan jauh lebih mahal.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

  • Pengiriman instan lebih diprioritaskan sehingga lebih cepat,
  • Pengiriman instan dapat menggunakan armada mobil dan motor,
  • Volume barang yang dikirim bisa jauh lebih besar dibandingkan same day.

Karena itulah, kamu wajib paham bahwa akan ada selisih harga cukup lumayan antara pengiriman instan dan same day. Hampir 2x lipatnya, bahkan.

Jadi, sekarang tergantung kamu.. apabila memang ingin cepat sampai, bisa gunakan instant courier. Tapi kalau masih bisa menunggu sampai 6-8 jam, ya silakan pakai pengiriman same day agar lebih hemat.

Baca juga:
Berapa Lama Proses Pengiriman SiCepat Ekspres? (+ Tips Jika Terlambat)

Ekspedisi Layanan Sameday & Instant Courier

Ekspedisi yang menyediakan layanan pengantaran di hari yang sama (same day & instant) kini sudah mulai beragam. Terutama untuk tipe same day yang cukup banyak pilihan.

Apa sajakah itu? Berikut tabel penyedia layanannya:

Same Day Instant Courier
  • SiCepat SIUNTUNG
  • AnterAja Same Day
  • Pos Q9 Sameday
  • TIKI SDS
  • GoSend
  • Grab Express
  • Paxel
  • Rex 0 (Zero)
  • GoSend
  • Grab Express

Apabila kamu tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang penyedia layanan pengiriman 1 hari sampai, kami sudah membuatkan rangkuman di postingan yang berbeda.

Kamu dapat membacanya di sini: 8 Jasa Kurir Sehari Sampai untuk Kirim Barang dan Makanan [Cepat dan Hemat].

Lanjut yaa..

Dari tabel di atas, dapat kita pahami sama-sama, bahwa sejauh ini hanya Gojek dan Grab yang menyediakan layanan pengiriman instan selama 2-3 jam setelah pick up.

Penyebaran lokasi layanan pun belum merata. Sebagian besar toko online yang mengaktifkan pengiriman instan juga berasal dari Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia.

Namun bukan berarti, wilayah-wilayah lain tidak ada fitur ini. Semuanya ada, tergantung toko mana yang mengaktifkan layanan pengiriman di hari yang sama.

Oh iya..

Selain penyedia layanan pihak ketiga, ada pula marketplace yang menyediakan layanan pengiriman instannya sendiri. Beberapa di antaranya adalah:

  • Shopee Express,
  • Lazada Express,
  • Blibli Express.

Jika kamu sering belanja online, ketiga marketplace di atas juga menawarkan pelayanan kirim instan. Termasuk cara pembayaran COD (bayar di tempat) untuk keamanan dalam berbelanja.

Baca juga:
Daftar Fitur & Layanan SiCepat Ekspres (SIUNTUNG, BEST, GOKIL, HALU, COD)

Rangkuman

  • Pengiriman same day dan instant sama-sama menawarkan estimasi waktu sampai di hari itu juga. Bedanya, instant lebih cepat (2-3 jam) dibanding same day (6-8 jam).
  • Perbedaan paling mencolok ialah: (1) Harga ongkos kirim, (2) Estimasi waktu pengantaran. Pengiriman instan biasanya lebih mahal dibandingkan same day.
  • Pengiriman same day sudah dapat dipesan di beberapa ekspedisi: SiCepat, TIKI, POS Indonesia, AnterAja, Paxel, REX, Grab Express, dan GoSend.
  • Sedangkan, pengiriman instan baru tersedia di layanan Grab Express dan GoSend. Selebihnya, kamu dapat menikmati layanan instant courier di beberapa marketplace: Shopee Express, Lazada Express, Blibli Express.

Bagaimana, sampai di sini sudah kebayang perbedaan antara keduanya, ya?

Secara umum bisa disimpulkan jika pengiriman sameday dan instant courier sama-sama tiba hari itu juga. Hanya saja, estimasi hitungan jam & harganya yang paling membedakan.

Jika kamu suka dengan konten seperti ini, Follow IG kami di @PintarJualan.id untuk mendapatkan tips trik pintar jualan online. Di sana akan ada diskusi-diskusi menarik untuk diikuti.

Akhir kata, terima kasih yaa! 🤗

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021