Advertisement

Peluang Usaha Bisnis Jualan Minuman Kekinian Modal Kecil & Analisanya

Diterbitkan pada
08 April 2022
Waktu membaca
7 Menit

Bingung pilih bisnis apa yang menjanjikan untuk saat ini? Jangan khawatir, peluang usaha bisnis jualan minuman kekinian bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lalu berapa modal usaha minuman kekinian, apakah mahal? Memulai usaha minuman kekinian bisa dimulai dengan modal kecil, lho! Tapi, ada banyak hal yang harus dipikirkan supaya bisnis ini bisa berjalan sukses.

Misalnya, cara promosi, modal, kompetitor, dan strategi bisnis lainnya. Nah, buat kamu pemula yang masih bingung bagaimana langkah awal membuka usaha minuman kekinian, bisa simak panduan bisnis dan analisanya dibawah ini, ya.

Tapi, sebelum itu klik tombol “Bookmark” (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, yuk simak berikut ini, lets go!

Peluang Usaha Bisnis Jualan Minuman Kekinian yang Menjanjikan

Generasi milenial atau sering disebut dengan GenZ, menyukai hal-hal yang kekinian. Salah satunya di produk minuman yang terbaru.

Apalagi sekarang juga banyak franchise paket usaha minuman kekinian. Tentu kamu tinggal berjualan saja, tanpa memikirkan racikan dan strategi pemasaran. Karena sudah diatur oleh pihak franchisenya.

Ada beberapa alasan yang membuat peluang usaha bisnis jualan minuman kekinian ini sangat menjanjikan untuk saat ini, antara lain :

  • Pasar yang luas,
  • Modal yang diperlukan kecil,
  • Keuntungan besar dan menjanjikan,
  • Praktis dan mudah dijalankan.

Tertarik untuk mencoba bisnis ini? Nah, kami ada tips jualan minuman supaya bisa laris manis. Selain itu juga akan kami berikan rekomendasi minuman apa saja yang lagi booming sekarang dan cocok untuk jualan.

Penasaran kan? Yuk simak pembahasannya dibawah ini, check it out..

Rekomendasi Usaha Minuman Kekinian yang Laris & Menjanjikan

Saat ini kita sedang menjalani ibadah puasa, sebenarnya ini merupakan momentum yang tepat untuk memulai usaha. Rekomendasi dibawah ini bisa menjadi ide jualan minuman di bulan puasa. Untuk itu simak ide dibawah ini sampai selesai, ya!

Kalau kamu masih mahasiswa, bisa coba salah satu peluang usaha bisnis sampingan untuk menambah uang jajan, lho! Untuk menjalankannya tidak susah, kok. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan, walaupun modalnya kecil.

Langsung saja simak beberapa rekomendasi jual minuman kekinian yang laris dan lagi booming dengan modal kecil, sebagai berikut :

1. Minuman Boba

Siapa sih yang tidak tahu “Boba”? Minuman boba sangat populer di seluruh daerah. Sebenarnya boba ini merupakan topping yang ada di dalam minuman.

Bentuknya bulat kecil-kecil berwarna coklat dan rasa kenyal manis membuat minuman ini banyak penggemarnya. Kalangan yang menyukai minuman ini biasanya anak muda dan anak kecil.

Cocok banget kalau kamu buka usaha minuman boba ini di dekat sekolah, kampus, atau tempat ramai seperti alun-alun, tempat wisata, dan lainnya.

2. Minuman Thai Tea

Rekomendasi selanjutnya yaitu minuman thai tea. Minuman ini sudah beberapa tahun ini booming dan sampai sekarang masih populer.

Minuman ini bahan utamanya yaitu teh khas thailand kemudian dipadukan dengan susu kental manis dan creamer. Rasanya yang sangat khas dan creamy membuat minuman ini sangat segar.

Biasanya, minuman thai tea ini juga sering ditambahkan topping boba bagi para pembeli yang ingin tambah topping tambahan. Umumnya rasa thai tea ini ada dua macam saja yaitu green tea dan original.

Tapi, kini sudah banyak variasi rasa lainnya seperti coklat, taro, red velvet dan tiramisu. Keunggulan lain dari minuman ini sangat cocok diminum dengan es maupun air panas.

3. Es Alpukat Kocok

Ide usaha minuman yang lagi viral saat ini ada es alpukat kocok. Seperti namanya, minuman ini bahan utamanya yaitu buah alpukat.

Untuk membuka usaha ini, pastikan pilihlah alpukat yang matang dan segar, ya. Kemudian kocok dengan beberapa topping seperti coklat, milo, keju, oreo dan lainnya.

Target pasar minuman ini sangat luas, mulai dari kalangan remaja, dewasa, anak-anak, hingga orang tua. Jadi tak perlu khawatir tidak laris, ya!

4. Kopi

Semenjak pandemi COVID-19, minuman kopi mulai booming dan naik daun. Orang-orang menjadi hobi minum kopi untuk menemani mereka dalam bekerja secara daring.

Apalagi semenjak viralnya tutorial membuat kopi dalgona, dari itu nama kopi menjadi banyak yang ingin mencobanya. Tapi untuk memulai usaha kopi ini tidaklah mudah.

Untuk menciptakan cita rasa kopi yang sesuai dengan lidah masyarakat, perlu beberapa percobaan untuk membuatnya. Namun, jika berhasil profit yang akan kamu dapat sangat besar.

Tertarik untuk mencoba bisnis ini? Lihat tips dan langkah awal untuk membuka usaha minuman kekinian di part selanjutnya berikut ini. Lets go!

Tips & Langkah Awal Membuka Usaha Minuman Kekinian

Diatas, kamu sudah tahu beberapa rekomendasi minuman kekinian yang sangat prospek dan menjanjikan untuk dijual. Nah, untuk memulai usaha minuman ini ada beberapa strategi yang perlu disiapkan.

Supaya bisnis minuman kekinian kamu laris manis, kami punya tips rahasianya. Langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Rancang Bisnis dan Siapkan Modal

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat rancangan bisnis. Apakah kamu akan usaha minuman dengan membeli franchise atau membuat brand sendiri.

Jika memutuskan untuk membeli franchise minuman, maka tidak perlu merancang bisnis karena sudah diatur oleh perusahaan kemitraan minuman yang kamu beli.

Namun, jika membuat brand sendiri harus membuat rancangan dahulu supaya brand kamu mempunyai ciri khas dan mudah dikenal orang. Nah, beberapa rancangan bisnis yang perlu dilakukan antara lain :

  • Menentukan niche dan nama brand yang sederhana tapi menarik.
  • Membuat resep minuman yang sudah pas.
  • Membuat desain menu, banner, logo hingga kemasan cup.
  • Merancang menu apa saja yang akan dijual.
  • Rancang laporan keuangan.

Setelah merancang bisnis, kita juga perlu untuk menyiapkan modal yang cukup sesuai dengan rancangan bisnis yang sudah dibuat. Bahkan peluang bisnis minuman ini bisa dimulai dengan modal Rp 300 ribu, lho!

Nah, untuk rincian modal dan keuntungan yang didapatkan sudah kami berikan di bagian bawah, ya. Untuk itu simak tulisan ini sampai tuntas.

2. Bangun Tim yang Solid

Bagi kamu yang membuka usaha bersama teman atau saudara perlu membangun tim yang solid. Hal ini karena merupakan bagian penting untuk mencapai kesuksesan.

Kalau bisa visi dan misi antara kamu dan partner sudah satu tujuan. Karena jika tidak, bisa dipastikan bisnis tidak akan berjalan dengan lancar.

Selain itu, karyawan juga merupakan bagian dari tim. Pilihlah karyawan yang berkualitas dan mempunyai dedikasi tinggi dalam bekerja.

Karyawan yang ramah dan bertanggung jawab salah satu kunci brand minuman kamu akan mendapatkan testimoni yang positif dari pembeli.

3. Rancang Kemasan yang Menarik

Tips selanjutnya yaitu rancanglah kemasan cup yang menarik. Penampilan produk adalah kunci untuk menciptakan identitas.

Buatlah kemasan produk yang menarik sehingga terlihat enak dan membuat pembeli ingin memotretnya. Pembeli tersebut pasti akan memamerkan ke media sosial mereka. Hal ini, bisa menjadi salah satu strategi pemasaran tanpa effort yang lebih.

Selain itu, pikirkan juga ukuran cup untuk usaha minuman kamu. Supaya lengkap, kamu bisa menyediakan ukuran cup dari medium (M), large (L), dan Extra Large (XL).

Supaya lebih efektif dan efisien jangan gunakan penutup cup cembung, karena sangat mudah tumpah. Untuk itu, gunakan cup sealer untuk menutupnya dan tambahkan kantong plastik supaya mudah dibawah pembeli.

4. Promosikan di Media Sosial

Seperti yang kita tahu, media sosial merupakan alat yang efektif untuk promosi produk yang menarik. Melalui media sosial, kamu bisa menjangkau pembeli yang sangat luas.

Untuk bisnis minuman, media sosial yang cocok digunakan yaitu Instagram. Kamu harus membuat akun pribadi bisnis minuman tersebut di Instagram.

Selalu rajin upload foto menu, story, dan informasi mengenai produk kamu di Instagram akan memberikan dampak yang luar biasa. Semakin banyak yang follow, maka akan semakin banyak dikenal brand minuman yang kamu bangun.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media sosial TikTok untuk membuat konten kreatif berupa video mengenai produk minuman kamu. TikTok ini salah satu media sosial yang saat ini sangat trend dan banyak digunakan.

Maka dari itu, jangan sampai tidak memanfaatkan media sosial untuk promosi produk kamu, ya. Dijamin outlet minuman milikmu akan kebanjiran pembeli, deh..

5. Selalu Berinovasi & Mengikuti Tren

Tidak hanya mempromosikan produk saja, namun sebagai pelaku bisnis harus bisa berinovasi dan mengembangkan kreatifitas. Apalagi minuman kekinian yang ada saat tren perubahannya begitu cepat.

Supaya para pembeli tidak bosan, kamu bisa berinovasi melalui berbagai cara misalnya seperti :

  • Memberikan varian menu yang baru dan lebih bervariasi.
  • Memberikan varian topping yang lebih banyak jenisnya.
  • Mengeksplorasi konten yang sedang naik daun.

Kalau berhasil melalui tantangan yang ada dan mampu mengembangkan ide-ide terbaru, dijamin usaha yang kamu rintis akan semakin berkembang dan sukses. Bahkan bisa saja membuka cabang-cabang baru di berbagai daerah hingga kota.

6. Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis juga menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis. Nah, kami ada beberapa tips dan cara memilih lokasi yang bagus untuk wirausaha, antara lain :

  • Ramai dilewati orang dan kendaraan.
  • Pilih lokasi di pinggir jalan raya.
  • Mudah dilihat dan dijangkau orang.
  • Akses jalan yang mudah dan tersedia lahan parkir.
  • Lingkungan bersih dan jauh dari tempat pembuangan sampah.

Sudah paham kan memilih lokasi yang tepat untuk usaha? Lanjut ke tips terakhir dibawah ini, ya!

7. Sediakan Layanan Pesan Antar Online

Tips yang terakhir yaitu menyediakan layanan pesan antar secara online. Kamu bisa mendaftarkan bisnis minuman kamu ke layanan pesan antar makanan online seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food.

Faktanya layanan tersebut terbukti ampuh meningkatkan penjualan. Bisa jadi dikarenakan pandemi Covid-19 menjadikan kegiatan masyarakat berubah serba online. Baik belanja online hingga pesan makanan juga online.

Walaupun begitu, ini bisa menjadi peluang usaha bisnis online makanan maupun minuman di desa maupun perkotaan. Nah, untuk menarik pembeli lewat layanan ini, kamu  bisa memberikan diskon dan promo menarik untuk pembeli. Selamat mencoba~

Analisa Modal & Omset dari Bisnis Minuman Kekinian

Sudah siap terjun untuk usaha bisnis minuman? Sebelum itu siapkan modal dahulu, ya. Nah, kali ini kami berikan rincian modal dan berbagai keperluan yang diperlukan. Selain itu, sudah kami berikan keuntungannya juga.

Yuk, lihat informasi rincian modal dan omset yang didapat dari bisnis minuman kekinian berikut ini :

1. Modal Investasi

Analisa yang pertama yaitu modal investasi. Modal ini merupakan biaya awal yang diperlukan untuk membangun usaha. Sifat dari modal investasi ini jangka panjang, jadi hanya sekali saja dikeluarkan.

Berbeda dengan biaya operasional yang tiap bulan harus dibayar. Berikut ini rincian modal investasi dari peralatan yang dibutuhkan hingga harganya :

Peralatan

Harga  

GerobakRp 2.500.000
Kompor dan gasRp 300.000
PanciRp 300.000
SaringanRp 50.000
Mesin Cup SealerRp 700.000
MejaRp 100.000
KursiRp 100.000
TimbanganRp 30.000
EmberRp 50.000
Gelas UkurRp 50.000
SerbetRp 20.000
GalonRp 50.000
SendokRp 20.000
ToplesRp 150.000
Pembuka kaleng susuRp 25.000
Tempat sampahRp 20.000
Peralatan tambahan lainnyaRp 500.000

Total

Rp 4.965.000

2. Biaya Bahan Baku dan Operasional

Selanjutnya ada biaya bahan baku atau sering disebut dengan biaya operasional. Biaya ini akan terus dilakukan karena stok bahan baku tiap hari akan berkurang.

Untuk usaha minuman, berikut informasi mengenai bahan baku apa saja yang diperlukan sekaligus dengan harganya :

Bahan Baku

Harga  

Gula pasirRp 50.000
SusuRp 100.000
Powder minumanRp 500.000
Cup kemasanRp 100.000
Kantong PlastikRp 20.000
Sewa tempatRp 500.000
Biaya air dan listrikRp 50.000
Bayar karyawanRp 800.000
CreamerRp 50.000
TotalRp 2.170.000

3. Estimasi Omset dan Keuntungan Bersih

Dari total biaya pengeluaran modal investasi dan biaya operasional, kita akan mendapatkan pendapatan per bulan. Disini kita asumsikan harga per cup sama rata yaitu Rp 10.000, dan dalam sehari laku 100 cup.

Berikut omset yang akan kita terima per bulannya :

Pendapatan per bulan :

  • 100 x Rp 10.000 = Rp. 1.000.000
  • Rp 1.000.000 x 30 hari = Rp 30.000.000

Diatas masih merupakan laba kotor, untuk mendapatkan laba bersih perbulan yaitu dengan cara keuntungan per bulan dikurangi dengan modal awal dan biaya operasional. Berikut perhitungannya :

Keuntungan per bulan :

Rp. 30.000.000 – Rp 4.965.000 – Rp 2.170.000 = Rp 22.865.000

Jadi, total keuntungan per bulan yang akan kita dapat yaitu Rp 22 juta lebih. Gimana? Sangat menggiurkan bukan? Yuk, segera mulai bisnis minuman dengan mengikuti panduan diatas. Good luck!

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha bisnis jualan minuman kekinian. Apakah tertarik untuk terjun di bisnis ini? Jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan emas ini, ya!

Dengan melihat panduan bisnis diatas, dijamin akan sukses dan laris manis. Apakah sampai disini sudah paham? Jika masih ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar dibawah, ya.

Selain di blog pintarjualan, kami juga aktif di media sosial Instagram, lho! Yuk kepoin IG kami di @Pintarjualan.id, jangan lupa follow dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya.

Bagikan juga tulisan ini ke teman-teman kalian yang membutuhkan informasi diatas, ya. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Babaiii 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *